Soldier (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian


Soldier
SutradaraPaul W. S. Anderson
ProduserJerry Weintraub
PenulisDavid Peoples
PemeranKurt Russell
Jason Scott Lee
Connie Nielsen
Michael Chiklis
and Gary Busey
MusikJoel McNeely
SinematografiDavid Tattersall
PenyuntingMartin Hunter
Perusahaan
produksi
DistributorWarner Bros.
Tanggal rilis
23 Oktober 1998 (Amerika Serikat)
Durasi
99 menit
NegaraBritania Raya
Amerika Serikat
BahasaInggris
AnggaranAS$60 juta

Soldier adalah film laga dan fiksi ilmiah Amerika Serikat yang dirilis tahun 1998. Film ini disutradarai Paul W. S. Anderson dan dibintangi Kurt Russell yang bermain sebagai Sersan Todd, seorang prajurit yang dilatih sejak lahir. Pemeran yang juga membintangi film ini adalah Gary Busey, Jason Scott Lee, Jason Isaacs, Connie Nielsen, Sean Pertwee dan Michael Chiklis.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Ringkasan[sunting | sunting sumber]

Dalam waktu dekat, sebagai bagian dari perekrutan militer baru dan program pelatihan ("Proyek Adam"), sekelompok bayi yang dipilih saat lahir untuk dibesarkan sebagai tentara. Menjalani pelatihan mental dan fisik yang ekstrem, mereka menjadi sosiopat virtual, dengan tidak mengerti apa pun kecuali rutin militer dan perang. Sebuah prioritas pengkondisian adalah bahwa para prajurit ini dilarang untuk berbicara kecuali berbicara, dan mereka alamat siapa mereka berbicara dengan, bahkan wanita, sebagai "Sir".

Pada usia 38, Todd (Kurt Russell) adalah seorang veteran yang keras dari banyak pertempuran, namun dia dan unit yang akan diganti. Kolonel Mekum (Jason Isaacs) memperkenalkan grup baru prajurit rekayasa genetik, yang dirancang dengan atribut fisik yang superior dan kurangnya emosi lengkap (kecuali agresi).

Catatan produksi[sunting | sunting sumber]

Naskah film ini sudah ditulis 15 tahun sebelum film ini diproduksi.[1] Kurt Russell mematahkan pergelangan kakinya selama minggu pertama syuting, sehingga seluruh produksi harus dijadwalkan ulang. Film dibuat dengan urutan syuting yang pertama saat Russell berbaring, diikuti dengan adegan Russell saat duduk, adegan Russell berdiri tetapi tidak bergerak, dan seterusnya.[1]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Film Soldier adalah film yang gagal. Syuting dengan anggaran sebesar AS$75 juta, film ini hanya menerima sebesar AS$15 juta di seluruh dunia.[2] Film ini dicela, sebagian karena dialog tak bersemangat Kurt Russell yang hanya berbicara 79 kata selama 99 menit dalam film, 11 di antaranya adalah "Sir".[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Source: DVD director's commentary.
  2. ^ IMDB
  3. ^ getback.com: Biggest Film Flops and Fiascoes

Pranala luar[sunting | sunting sumber]