Sofia Jane

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Datin
Sofia Jane
LahirSofia Jane binti Hisham
14 Februari 1972 (umur 52)
London, United Kingdom
Pekerjaan
Tahun aktif1989–sekarang
Suami/istri
Dato' Meor Azman Mohamed
(m. 1995)
Anak4
Orang tua
  • Hisham Pilus (bapak)
  • Noreen Abdullah (ibu)

Datin Sofia Jane binti Hisham (lahir 14 Februari 1972) adalah seorang aktris Malaysia dan mantan model.[1] Aktor campuran Inggris dan Melayu ini dikenal lewat film-film populernya antara lain Harry Boy (1992), Kekasih Awal dan Akhir (1993), Perempuan, Isteri dan... (1993) dan Sayang Salmah (1995). Dia adalah penerima penghargaan Artis Terpopuler melalui penyelenggaraan upacara Penghargaan Bintang Populer Berita Harian pada tahun 1993.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Kehidupan Awal[sunting | sunting sumber]

Sofia Jane lahir pada 14 Februari 1972 di London, Inggris. Ia merupakan anak sulung dari 3 bersaudara dari pasangan Noreen Abdullah berkebangsaan Inggris dan Hisham Pilus keturunan Melayu. Sewaktu kecil Sofia tidak terekspos dengan dunia seni tetapi tertarik dengan beberapa aktris terkenal seperti Maria Menado yang menjadi idolanya [2]. Sofia mulai sebagai aktris periklanan pada usia 16 tahun di bawah agensi yang dikelola oleh Tiara Jacquelina untuk mendapatkan uang saku di akhir tahun 80-an [3]. Di antara iklan paling awal yang sukses adalah sampo merek America No 1 pada tahun 1989 [4]. Setelah Sofia bekerja sebagai aktris ekstra untuk bersenang-senang, potensi dan bakat akting Sofia mulai diperhatikan oleh aktris dan produser drama saat itu, Mariani Ismail yang juga ibu dari teman remajanya Melissa Saila [5]. Setelah itu, Sofia memulai debutnya sebagai Azizah dalam film Mira Edora yang disutradarai oleh Zulkifli M. Osman [6]. Di saat yang sama, nama Sofia juga mendadak populer karena iklan bedak talk merek Follow Me banyak menarik perhatian [7].

Puncak Karir[sunting | sunting sumber]

Sofia mendapat pujian kritis dalam film Interlud [8][9] dan kemudian mendapatkan peran utama sebagai Haryati dalam film Harry Boy pada 1991 [10]. Film Harry Boy mempopulerkan nama Sofia bersama aktris muda lainnya saat itu, terutama setelah kontroversi adegan bikini yang ia perankan di film tersebut [11]. Namanya melejit di tahun 1993 lewat dua film laris tahun itu, Kekasih Awal Dan Akhir bersama Jamal Abdillah, sekali lagi dibawah arahan Zulkifli dan Perempuan, Isteri & .....? bersama Nasir Bilal Khan di bawah arahan U-Wei Hj Saari . Film ini menimbulkan kontroversi karena alur ceritanya tentang seorang istri yang judes dan melibatkan beberapa adegan sensitif seperti pembuatan karakter 'nasi kangkang' Zaleha [12][13]. Meski begitu, film ini berhasil mengubah lanskap penceritaan film Malaysia [14] dengan pendekatan topik yang lebih tabu namun tetap berpijak pada nilai-nilai ketimuran [15]. Sofia berhasil mendapatkan nominasi Aktris Wanita Terbaik di Festival Film Malaysia [16]. Kepopuleran Sofia tak hanya di layar perak, wajahnya juga menjadi sorotan di TV lewat drama-drama dengan penonton terbanyak seperti Gado-gado [17] , Tiga Pendek [18] dan Dunia Rees & Ina[19]. Sofia dinobatkan sebagai Aktris Film Wanita Populer dan Artis Paling Populer di Penghargaan Bintang Populer Berita Harian 1993.

Setelah populer sebagai aktris, Sofia sempat bersiap menjadi penyanyi rekaman pada 1993 [20]. Sofia juga berkolaborasi dengan Kumpulan Spring sebagai muse lagu-lagu grup termasuk membintangi beberapa video musik mereka dari tahun 1993-1995[21]. Sementara itu, Wakil Ketua Finas Dato Dr Wan Hashim Wan Teh pernah melontarkan pernyataan yang membuat Sofia Jane patah hati karena keberaniannya memerankan karakter hot [22]. Pada 13 September 1994, Sofia mengambil tindakan hukum terhadap tabloid Buletin Utama, karena memfitnah dirinya sebagai penjambret suami [23]. Setelah mempelajari tari Melayu dan pencak silat, Sofia Jane terjun ke panggung teater dengan membintangi teater Malam Ini Penyu Menangis pada 1994 [24]. Sofia membintangi film Seniman dibawah arahan Erma Fatima [25] tetapi di tengah syuting Sofia mundur sebagai pemeran utama dengan alasan masalah kesehatan [26]. Setelah itu judul film diubah menjadi Jimi Asmara dan Sofia tampil sebagai bintang tamu. Sofia juga tampil sebagai Hamidah, seorang penari yang menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga dalam film Sayang Salmah yang disutradarai oleh Mahadi J Murat pada 1995 [27]. Sofia juga tampil di film box-office lain yang juga merupakan adaptasi dari novel berjudul Cinta Kita memainkan peran seorang gadis yang patah hati dan mengubah kepribadiannya di mana dia mendapat nominasi kedua dalam kategori Aktris Wanita Terbaik Malaysia Festifal Film. Akting Sofia mendapat banyak pujian, terutama melalui adegan di mana karakternya memotong rambutnya sangat pendek [28]. Akting Sofia pun menuai banyak pujian lewat telefilm Penghujung Rindu yang sarat adegan haru [29]. Melalui telefilm ini, Sofia mendapat nominasi dalam kategori Aktris Terbaik (Drama) dari Anugerah Skrin [30].

Selama beberapa tahun, Sofia dikelilingi berbagai kontroversi dan kisah pribadi [31]. Sofia mulai mengungkapkan keinginannya untuk rehat dari dunia seni dan meninggalkan Kuala Lumpur [32]. Luka di hati Sofia sedikit terobati ketika ia memenangkan gugatan terhadap tabloid Buletin Utama [33][34] dan menerima tuntutan ganti rugi sebesar RM400.000 [35]. Usai menyelesaikan syuting Suratan Kasih (sekali lagi berpasangan dengan Jamal) dengan berperan sebagai penyanyi [36], Sofia mulai memperlambat aktivitas berkeseniannya. Saat itu bakat menyanyi Sofia diperhatikan dan ditawari untuk merekam album[37]. Sayangnya, Sofia mengumumkan pengunduran dirinya dari industri film pada pertengahan 1995 [38] dan kemudian mengumumkan pertunangan [39][40] dan pernikahan berikutnya dengan pengusaha, Meor Zain Azman Mohammed Taib pada 9 September 1995 di Bukit Damansara, Kuala Lumpur [41]. Penampilan terakhir Sofia sebelum 'pensiun' adalah pementasan teatrikal monolog One By One yang diproduksi oleh Dramalab [42] dengan membawakan segmen “Why Did He Sleep With Me If I’m So Fat?” dan “Penganggur Terhormat”, karya Dina Zaman, disutradarai oleh Normah Nordin [43]. Di layar TV, juga ditampilkan drama Konflik[44] dan Bintang yang dibintangi Sofia turut ditayangkan [45]. Setelah sempat tertunda karena kontroversi yang melibatkan Jamal [46], film Suratan Kasih akhirnya ditayangkan pada tahun 1996 dan berhasil meraih koleksi box-office sekaligus film perpisahan Sofia yang mengumumkan akan pindah ke Jakarta, Indonesia bersama suaminya. Penarikan Sofia mendapat reaksi keras dari sesama artis [47] dan penggemar[48].

Kemunculan Semula[sunting | sunting sumber]

Sejak tahun 1996, Sofia memusatkan perhatian pada keluarganya di Jakarta dan sering kembali ke Kuala Lumpur serta menghadiri acara hiburan sebagai tamu. Pada tahun 2001, Sofia mengisyaratkan bahwa dia akan pindah kembali ke Malaysia ketika dia menerima tawaran untuk berakting di teater Relative Speaking di bawah produksi West End yang disutradarai oleh Richard Gardner [49][50][51]. Sofia juga telah sepakat untuk membintangi film musikal berjudul Hati Biru yang mengharuskan Sofia menyanyi dan berkolaborasi dengan Azri Iskandar [52] dan The Chini , yang diadaptasi dari cerita Naga Tasik Cini [53]. Namun, kedua proyek film itu dibatalkan meski Sofia sudah kembali tinggal di Malaysia [54]. Sofia muncul di teater Visits pada tahun 2003 [55]. Setelah itu, Sofia kembali tampil di layar perak lewat peran Tun Teja dalam film Puteri Gunung Ledang (2004) arahan sutradara Saw Teong Hin.[56]. Sofia menerima tawaran film yang menggabungkan aktor Malaysia dan Indonesia setelah dibujuk oleh sahabatnya Tiara [57]. Setelah aktif kembali, Sofia menjadi sangat selektif dalam menerima tawaran. Dia muncul dalam telefilm yang disutradarai oleh Azman Yahya berjudul Sebuah Ijtihad [58] memainkan peran sebagai tahanan wanita [59]. Lewat karakter tersebut, Sofia meraih penghargaan Aktris Terbaik (Drama) di Anugerah Skrin 2007.[60].

Sofia ditunjuk menjadi juru bicara produk kecantikan Clarins [61] dan makanan kesehatan Juvanex [62] . Pada tahun 2008, Sofia tampil dalam film box-office Susuk bersama Ida Nerina di bawah arahan Amir Muhammad dan Naiem Ghalili [63]. Pada tahun 2010, Sofia kembali ke panggung teater bersama Natrah yang disutradarai oleh Erma [64] dan kemudian berkolaborasi lagi dengan Erma untuk telefilm Karma Salina bermitra dengan Sharifah Amani. Sharifah Amani. Pada 2012, Erma harus mengubah naskah produksi teater Tun Siti Hasmah ketika Sofia dan kemudian Erra Fazira mundur dari peran utama [65]. Konflik berakhir saat aktris Siti Shahrizah muncul menggantikannya [66]. Sofia mulai menduduki kursi sutradara saat ia terlibat dalam proyek film pendek antologi Ikal Mayang (2013) dengan menyutradarai film pendek berjudul 1-800-Baby [67][68]. Sofia juga tampil sebagai juri reguler reality show Gadis M2 di Astro Ria [69]. Sofia juga untuk pertama kalinya mengikuti pementasan makyong di teater Anak Raja Gondang arahan Rosnan Rahman berpasangan dengan Sabri Yunus dan Vanidah Imran di Istana Budaya [70]. Setelah terlibat dalam pementasan Teater Kompilasi Namron (2013) yang disutradarai oleh Nam Ron, Sofia berhasil menyabet penghargaan Aktris Terbaik (Teater) di BOH Cameronian Art Awards ke-11 [71]. Usai Festival Film Malaysia ke-28, Sofia mengkritisi artikel yang ditulis reporter kawakan Utusan Malaysia, Mustafa AR, menyusul paragraf terakhir artikel yang mempersoalkan pencalonan mendiang Kalpana Sundraju.[72]. Sofia membintangi film yang disutradarai U-Wei berjudul Gunung Emas Almayer (dan dipasarkan di Malaysia dengan judul Hanyut) dengan peran utama sebagai Mem [73]. Film ini berjalan jauh sebelum dirilis karena keterbatasan anggaran dan akhirnya mendapatkan penonton di beberapa negara pada tahun 2018[74]. Meski mendapat banyak pujian, nama Sofia dicoret dari daftar finalis Aktris Terbaik FFM ke-29 [75]. Sejak tahun 2014, aktor sekaligus produser Bront Palarae mengumumkan proyek film Serangan Subuh atau Dawn Raid yang ditulisnya berdasarkan kisah pembelian saham Sime Darby dan Guthrie pada tahun 1982, yang ditawari peran Rafidah Aziz namun film ini tidak dapat dimulai karena kekurangan dana [76]. Pada tahun 2019, Sofia tampil melalui film Bu , Kasih Suci [77] dan menyelesaikan proyek film Orang Itu yang disutradarai oleh Ida Nerina dan Low Ngai Yuen memerankan tokoh gelandangan bernama Mawar [78]. Film tersebut akhirnya ditayangkan pada tahun 2021 melalui aplikasi streaming Netflix setelah ditunda akibat merebaknya wabah COVID-19 [79][80]. Pada tahun 2021, Sofia tampil di serial drama I-Tanggang: Mother of All Lies sebagai Dr. Nini di bawah arahan Rashidi Ishak, Wan Alaudin dan Wan Hasliza [81]. Sofia juga muncul di iklan liburan merek Whimsgirl [82].

Layanan masyarakat[sunting | sunting sumber]

Sofia aktif dalam isu feminisme dan hak-hak perempuan pekerja seni sejak tahun 1990-an [38][83]. Sofia pernah ditunjuk sebagai Ketua Biro Aktor di bawah Pengurus Asosiasi Artis 2014/2016, namun panitia ini dirombak setelah beberapa kontroversi yang melibatkan kepengurusan asosiasi [84]. Tak lama setelah itu, Sofia mengumumkan kesiapannya untuk mencalonkan diri sebagai Presiden Artis pada Rapat Umum Tahunan ke-14 setelah lebih dari setahun kepengurusan asosiasi lumpuh tanpa ada kegiatan atau pertemuan.[85].

Sofia juga pernah mengajak para penulis skenario generasi muda untuk lebih kreatif dalam menulis [86]. Sejak tahun 2003, Sofia telah terlibat dalam kegiatan amal dengan Caring Arts Foundation yang ia dirikan bersama Erma Fatima untuk menggalang dana guna membantu anak-anak dan perempuan yang membutuhkan [87]. Berbagai program amal termasuk makan malam diselenggarakan untuk mengumpulkan dana [88].

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Sofia Jane menikah dengan Meor Zain Azman Mohamad Taib pada 9 September 1995 hanya dengan perkenalan singkat, dan dikaruniai empat orang anak—Arissa, Imran, Khadijah dan Soraya [89] . Sofia memiliki putri tiri, Katyana dari pernikahan suaminya sebelumnya [90]. Pada tahun 2000, Imran meninggal pada usia 1 tahun karena gagal jantung[91]. Pada 28 Februari 2013, Sofia membagikan foto pernikahannya yang belum pernah dirilis ke media[92].

Pada tahun 2010, Meor Zain Azman dianugerahi gelar Darjah Indera Mahkota Pahang (DIMP) dari negeri Pahang Darul Makmur yang menyandang gelar Dato' sekaligus menjadikan Sofia gelar Datin [93]. Sofia mendapat menantu ketika putri sulungnya Arissa menikah dengan pria Jerman bernama Maximilian Lotz pada 28 September 2019 [94].

Dampak & Budaya Pop[sunting | sunting sumber]

Nama Sofia Jane diabadikan pada sebuah air terjun di jeram Kubang Gajah yang terletak di Kemensah, Hulu Klang, Selangor (pinggiran Kuala Lumpur)[95]. Air Terjun Sofia Jane mendapatkan namanya karena Sofia mempopulerkan lokasi tersebut setelah berakting dalam adegan romantis dalam film Cinta Kita di lokasi tersebut pada tahun 1995.[96]. Selain itu namanya juga diabadikan dalam lagu ciptaan Shamril Salleh yaitu "Sofea Jane" yang dinyanyikan oleh Black Hanifah pada tahun 2010 [97]. Lalu lagu tersebut juga melaju ke babak final Anugerah Juara Lagu ke-25.[98]. Tokoh yang menginspirasinya dengan nama Sofia Jane ini pernah diperankan oleh Nadiya Nisaa dalam film Terbaik dari Langit (2014) yang disutradarai oleh Nik Amir Mustapha [99] dan Nadiya mendapatkan penghargaan Aktris Pendukung Terbaik di Festival Film Malaysia ke-27 [100].

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Keterangan
1990 Mira Edora Azizah Film pertama
1991 Interlud Haslina
Harry Boy Haryati
1992 Nadia Sofea
1993 Kekasih Awal Dan Akhir Marlia
Perempuan, Isteri & .....? Zaleha
1995 Cinta Kita Latifa @ Dino
Sayang Salmah Hamidah
Jimi Asmara Penari Kabaret Karakter Undangan
1996 Suratan Kasih Natasha
2004 Puteri Gunung Ledang Tun Teja
2008 Apa Kata Hati? Ku Mira
Susuk Mona
2013 Ikal Mayang Sutradara film pendek 1-800-Baby
2016 Hanyut Mem
2018 Orang Itu[101] Mawar Pemutaran eksklusif di Netflix
2019 Bu, Kasih Suci
2023 Maryam Pagi Ke Malam

FTV[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Saluran TV
1991 Psiko TV3
1992 Tiga Pendek TV1
Yazan
Identiti Diana TV3
1994 Dunia Rees & Ina Ina
1995 Penghujung Rindu
1996 Darling Sayang
2006 Sebuah Ijtihad Ida
2010 Karma Salina Aina
2012 Jane Jamilah Jamilah
2014 Nostalgila Puan Marina Astro First Eksklusif
2015 Ikan Singgang Cicah Budu Siti Hawa TV1

Serial televisi[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Saluran TV Keterangan
1992 Balada Anak Jalanan
1993 Demam Malam TV1 di samping Abdullah Chik, Uji Rashid
1995 Konflik
1996 Bintang
2013 Asmara Luna Fara TV3
2021 i-Tanggang Dr. Nini Harlina Astro Citra
2022 One Cent Thief Ibu Zara Astro Ria
2023 Nenek Bongkok Tiga Samira Viu

Drama Komedi/Sitkom[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Saluran TV Keterangan
1993-1994 Gado-gado

Teater[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Sutradara Lokasi Kopling Bersama
1995 Malam Ini Penyu Menangis Nordin Hassan Matic, Kuala Lumpur Uji Rashid, Sabri Yunus
One By One - “Why Did He Sleep With Me If I’m So Fat?” , “Penganggur Terhormat” Normah Noordin Actor's Studio, Bangsar
2001 Relatively Speaking Richard Gardner (Westend Theatre) Panggung Bandaraya
2003 Visits Jit Murad / Ida Nerina Actor's Studio, Bangsar Vanidah Imran, Liza Othman
2009 Natrah Erma Fatima Istana Budaya, Kuala Lumpur Maya Karin, Remy Ishak
2010 Natrah 2 Erma Fatima Istana Budaya, Kuala Lumpur Umie Aida, Susan Lankester
2013 Teater Kompilasi Namron Nam Ron Damansara Performing Art Centre Sharifah Amani
2013 Makyong Ke­saktian Anak Raja Gondang Rosnan Rahman Istana Budaya, Kuala Lumpur Vanidah Imran, Rosnan Rahman, Issey Fazlisyam, Sabri Yunus

Penghargaan dan Nominasi[sunting | sunting sumber]

Festival Film Malaysia
Tahun Karya yang Dinominasikan Kategori Hasil
1994 (FFM 9) Perempuan, Isteri & ...' Aktris Terbaik Nominasi
1995 (FFM10) Cinta Kita Nominasi
Anugerah Bintang Popular Berita Harian (ABPBH)
Tahun Kategori Hasil
1993 Bintang Paling Popular Menang
Aktor Film Wanita Populer Menang
Aktor TV Wanita Populer Nominasi
1994 Menang
1995 Aktor Film Wanita Populer Nominasi
1996 Nominasi
2012 Anugerah Seri Perak Nominasi
Anugerah Skrin TV3
Tahun Karya yang Dinominasikan Kategori Hasil
1996 Penghujung Rindu Aktris Terbaik (Drama) Nominasi
1997 Suratan Kasih Aktris Terbaik (Film) Nominasi
2007 Sebuah Ijtihad Aktris Terbaik (Drama) Menang
2017 Hanyut Aktris Terbaik (Film) Nominasi
Anugerah Majlis Pengkritik Filem Kuala Lumpur
Tahun Karya yang Dinominasikan Kategori Hasil
2017 Hanyut Artis pendukung terbaik Nominasi
Anugerah Seni BOH Cameronian
Tahun Karya yang Dinominasikan Kategori Hasil
2014 Teater Kompilasi Namron Aktris Terbaik (Teater) Menang

Penghargaan Lain[sunting | sunting sumber]

  • Daftar Tahunan 20 Wanita Paling GLAM - 2004 oleh Majalah GLAM

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mohd Al Qayum Azizi (24 Oktober 2011). "Sofia Jane Menanti 'Kehidupan Baru'". mSTAR Online. Diakses tanggal 22 Januari 2014. 
  2. ^ https://www.mstar.com.my/spotlight/hiburan/2011/10/24/sofia-jane-menanti-kehidupan-baru
  3. ^ https://www.klik.com.my/item/story/3598954/starry-starry-fiesta
  4. ^ https://www.facebook.com/photo/?fbid=2816873955242013&set=gm.3580991885340317
  5. ^ https://www.youtube.com/watch?v=DYhx1J6CGPc
  6. ^ https://www.nona.my/genap-32-tahun-fenomena-filem-mira-edora-datin-sofea-jane-imbau-penglibatannya/
  7. ^ https://www.klik.com.my/item/story/1045417/sofia-s-horrifying-moments
  8. ^ https://twitter.com/FilemKita/status/434995713487806465
  9. ^ https://www.klik.com.my/item/story/622446/charity-film-for-chess
  10. ^ https://www.klik.com.my/item/story/627649/film-producer-with-a-difference
  11. ^ https://www.klik.com.my/item/story/4288840/kecoh-aksi-bikini-sofea-jane
  12. ^ https://www.klik.com.my/item/story/891491/in-praise-of-kemban-and-kangkang-
  13. ^ https://www.klik.com.my/item/story/911616/scorching-look-at-sexual-hypocrisy
  14. ^ https://www.klik.com.my/item/story/852634/a-new-awakening-in-malay-cinema-
  15. ^ https://www.klik.com.my/item/story/905283/question-of-choice-left-unexplored
  16. ^ https://www.klik.com.my/item/story/855011/u-wei-s-first-big-screen-effort-wins-five-awards
  17. ^ https://www.klik.com.my/item/story/991548/gado-gado-returns-with-more-wacky-spoofs
  18. ^ https://www.klik.com.my/item/story/624098/story-about-three-midgets
  19. ^ https://www.klik.com.my/item/story/698148/harith-iskandar-s-dunia-rees-was-a-gem-of-a-drama
  20. ^ https://www.klik.com.my/item/story/633559/actress-turns-singing-star
  21. ^ https://www.klik.com.my/item/story/369901/hafizah-ganti-sofia-jane
  22. ^ https://www.klik.com.my/item/story/4421778/ular-meyusur-akar-takkan-hilang-bisanya
  23. ^ https://www.klik.com.my/item/story/210460/sofia-saman-akhbar-tabloid
  24. ^ https://www.klik.com.my/item/story/856738/weaving-three-tales-into-one
  25. ^ https://www.klik.com.my/item/story/2442573/sofea-jane-gembira-bersama-erma-fatima
  26. ^ https://www.klik.com.my/item/story/200017/sofia-jane-tidak-jadi-bintangi-filem-erma
  27. ^ https://www.klik.com.my/item/story/337854/sofia-janda-sensasi-dalam-filem-joget
  28. ^ https://www.youtube.com/watch?v=UBavq6qNZ1w
  29. ^ https://www.klik.com.my/item/story/1263180/sofia-s-fine-acting-in-a-teary-drama
  30. ^ https://www.klik.com.my/item/story/3007817/bakat-naszriah-makin-cemerlang
  31. ^ https://www.klik.com.my/item/story/2445582/sofia-1995
  32. ^ https://www.klik.com.my/item/story/196892/sofia-sudah-bosan-tinggal-di-kl
  33. ^ https://www.klik.com.my/item/story/370838/sofia-berjaya-tuntut-ganti-rugi
  34. ^ https://www.klik.com.my/item/story/3728195/sofia-to-stay-on-for-court-decision
  35. ^ https://www.klik.com.my/item/story/2453617/sofia-tegas-demi-maruah
  36. ^ https://www.klik.com.my/item/story/1272596/reel-love-the-second-time-round
  37. ^ https://www.klik.com.my/item/story/641436/songs-for-sofia
  38. ^ a b https://www.klik.com.my/item/story/2454092/sofia-berhenti-berlakon-filem
  39. ^ https://www.klik.com.my/item/story/575502/sofia-berjinak-dengan-saham
  40. ^ https://www.klik.com.my/item/story/2453905/sofia-jane-tinggalkan-dunia-glamour
  41. ^ https://www.klik.com.my/item/story/367092/sofia-jane-selamat-diijabkabulkan
  42. ^ https://www.klik.com.my/item/story/4201456/dramalab-s-theatrical-experiment
  43. ^ https://www.klik.com.my/item/story/1261779/sofia-jane-swings-it-on-stage
  44. ^ https://www.klik.com.my/item/story/1247277/two-new-series-join-the-tv3-line-up
  45. ^ https://www.klik.com.my/item/story/643226/sofia-jane-in-new-drama-slot
  46. ^ https://www.klik.com.my/item/story/3019293/jamal-turun-padang
  47. ^ https://www.klik.com.my/item/story/2453795/teman-artis-mahu-sofia-terus-berlakon
  48. ^ https://www.klik.com.my/item/story/2453720/peminat-mula-rindui-kehadiran-sofia-jane
  49. ^ https://www.klik.com.my/item/story/1932204/it-s-all-relative-
  50. ^ https://www.klik.com.my/item/story/2046133/sofia-puas-beraksi-di-pentas
  51. ^ https://www.klik.com.my/item/story/2437463/sofia-kembali-hangatkan-dunia-teater
  52. ^ https://www.klik.com.my/item/story/2022661/sofia-jane-bintangi-hati-biru
  53. ^ https://www.klik.com.my/item/story/2057752/rm5-juta-untuk-terbitkan-the-chini
  54. ^ https://www.klik.com.my/item/story/4627983/apa-khabar-the-chini-
  55. ^ https://www.klik.com.my/item/story/2333832/tiga-wanita-hebat-dalam-visits
  56. ^ https://www.klik.com.my/item/story/2334250/sofia-puja-semangat-tun-teja
  57. ^ https://www.klik.com.my/item/story/2440668/tiara-serah-jiwa-raga-untuk-puteri-gunung-ledang
  58. ^ https://www.klik.com.my/item/story/2216650/sebuah-ijtihad-papar-konflik-banduan
  59. ^ https://www.klik.com.my/item/story/425506/dulu-nasi-kangkang-sekarang-pula-banduan
  60. ^ https://www.klik.com.my/item/story/2275181/tiada-kejutan-kontroversi
  61. ^ https://www.klik.com.my/item/story/2245678/produk-baru-clarins-pikat-sofia
  62. ^ https://www.klik.com.my/item/story/4320710/juvanex-nyah-toksin-tujuh-hari
  63. ^ https://www.klik.com.my/item/story/4330306/hasutan-dukun
  64. ^ https://www.klik.com.my/item/story/4714894/natrah-s-story-on-stage
  65. ^ https://www.klik.com.my/item/story/5462878/erma-rombak-skrip
  66. ^ https://www.klik.com.my/item/story/5487901/demi-tun-hasmah
  67. ^ https://www.mstar.com.my/spotlight/hiburan/2013/10/23/6-filem-projek-ikal-mayang-boleh-ditonton-di-astro-first
  68. ^ https://www.klik.com.my/item/story/5737007/sofia-pastikan-mesej-tak-lari-
  69. ^ https://www.klik.com.my/item/story/6051271/gadis-muka-2-bukan-sekadar-cantik-tapi-
  70. ^ http://ngadapseni.blogspot.com/2013/11/sofia-jane-dan-vanidah-main-makyung.html
  71. ^ https://www.klik.com.my/item/story/5765309/sofia-aqasha-terharu-diiktiraf
  72. ^ https://www.astroawani.com/berita-hiburan/pelakon-penerbit-kutuk-artikel-ffm26-semakin-mengarut-44952
  73. ^ https://www.klik.com.my/item/story/4750695/bajet-hanyut-cecah-rm16j
  74. ^ https://www.klik.com.my/item/story/6032800/u-wei-tukar-tajuk
  75. ^ https://www.hmetro.com.my/rap/2017/09/266144/peluang-cerah-setiap-pelakon
  76. ^ https://www.klik.com.my/item/story/6372504/kutipan-masih-terlalu-kecil
  77. ^ https://www.astroawani.com/berita-hiburan/bu-kasih-suci-tiga-cerita-dalam-sebuah-filem-201676
  78. ^ https://www.thestar.com.my/lifestyle/movies/2018/10/17/orang-itu-sofia-jane-review
  79. ^ https://www.budiey.com/filem-orang-itu/
  80. ^ https://www.youtube.com/watch?v=we62DzoNgRQ
  81. ^ https://gempak.com/berita-terkini/itanggang-ditayangkan-pada-waktu-yang-tepat-sofia-jane-53568
  82. ^ https://malaysiapost.com.my/2021/05/12/sofea-jane-muncul-iklan-raya-ubati-rindu-peminat/
  83. ^ https://www.kosmo.com.my/2021/09/08/industri-perlu-dijaga-mereka-yang-benar-benar-ambil-kisah-sofia-jane/
  84. ^ https://www.bharian.com.my/taxonomy/term/8/2015/01/26927/enam-ajk-seniman-sepakat-pertahan-tindakan-vanidah
  85. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-10-05. Diakses tanggal 2023-03-14. 
  86. ^ https://www.malaysiakini.com/hiburan/569069
  87. ^ https://www.klik.com.my/item/story/2330589/hamil-tidak-halang-kerja-sofia
  88. ^ https://www.klik.com.my/item/story/4118148/rm150-000-for-cancer-council
  89. ^ "Sofia Jane Kongsikan Gambar Resepsi Perkahwinan 1995". Rotikaya. 28 Februari 2013. Diakses tanggal 22 Januari 2014. 
  90. ^ https://beautifulnara.com/5-gambar-majlis-perkahwinan-sofia-jane-dan-meor-zain-azman/
  91. ^ https://www.klik.com.my/item/story/1982520/sofia-tabah-hadapi-ujian
  92. ^ "Nostalgia : Datin Sofia Jane Kongsi Gambar Kahwin 18 Tahun Lepas". Oh Bulan!. 28 Februari 2013. Diakses tanggal 22 Januari 2014. 
  93. ^ https://beautifulnara.com/sofea-jane-kini-bergelar-datin-masih-maintain-cun-macam-dulu/
  94. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-10-04. Diakses tanggal 2023-03-14. 
  95. ^ https://www.buletinfm.audio/tarikan-air-terjun-sofea-jane/
  96. ^ https://www.hmetro.com.my/santai/2021/02/673423/tarikan-air-terjun-sofea-jane?
  97. ^ http://myartismalaysia.blogspot.com/2010/12/tak-sangka-sofea-jane-meletup.html
  98. ^ https://www.budiey.com/black-mentor-pasang-anganan-drama-king-sofea-jane-menang-ajl25/
  99. ^ https://www.bharian.com.my/taxonomy/term/8/2014/09/8846/nadiya-nisaa-pegang-watak-sofia-jane
  100. ^ https://twitter.com/filemkita/status/640174284963344385?lang=en
  101. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-10-18. Diakses tanggal 2023-03-14. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Pelakon Filem Wanita Popular ABPBH Templat:Pelakon TV Wanita Popular ABPBH Templat:Bintang Paling Popular ABPBH