Sodo, Paliyan, Gunungkidul

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sodo
Negara Indonesia
ProvinsiDaerah Istimewa Yogyakarta
KabupatenGunungkidul
KecamatanPaliyan
Kode Kemendagri34.03.05.2001 Edit the value on Wikidata

Sodo adalah sebuah desa di Kecamatan Paliyan, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa Sodo memiliki wilayah seluas 180 ha, 125 ha tanah pekarangan dan 55 ha tanah pertanian. Sodo juga dilalui jalur utama Wonosari – Paliyan.

Perekonomian[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan karakteristik sumber daya alamnya (SDA), wilayah Desa Sodo dapat dikatagorikan dalam empat kelompok, yaitu:

  1. Kawasan industri rumah tangga, yang meliputi semua padukuhan di wilayah Desa Sodo yaitu Padukuhan Jamburejo, Tambakrejo, Sidorejo, Selorejo dan Pelemgede. Secara keseluruhan kawasan Desa Sodo adalah desa kerajinan dan industri kecil yang terdiri dari kerajinan bambu, parut, perak, tembaga, ban bekas dan industri kecil berupa industri tahu, rambak, dan kerupuk. Hal ini potensi untuk berkembangnya ekonomi kerakyatan.
  2. Kawasan budidaya pertanian dan perikanan, yang meliputi Padukuhan Pelemgede dan Jamburejo. Kawasan pertanian di Padukuhan Pelemgede dapat dikembangkan dengan sumur ladang, sedang kawasan Padukuhan Jamburejo dan Tambakrejo dilalui aliran sumgai dapat dikembangkan perikanan keramba.
  3. Kawasan pusat perekonomian yaitu terdapat di Padukuhan Jamburejo dan Sidorejo. Kawasan ini merupakan pusat perekonomian dimana terdapat kios-kios, pertokoan, dan pasar yang cukup aktif dengan aktivitas ekonomi dan bisnis.
  4. Kawasan wisata sejarah yaitu terdapat di Padukuhan Sidorejo. Karena kawasan ini terdapat Makam Ki Ageng Giring yang dapat dikembangkan sebagai wisata sejarah.

Desa Sodo merupakan salah desa di Kabupaten Gunungkidul yang wilayah pertaniannya relatif sempit, hal ini berakibat penduduk Desa Sodo berusaha mengembangkan usaha di sektor kerajinan dan industri kecil.