Snaptu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari


Snaptu adalah sebuah aplikasi web khusus telepon genggam yang menggabungkan berbagai jenis jaringan sosial, berita terbaru, olahraga, informasi cuaca, hingga informasi mengenai perfilman Hollywood dalam satu halaman. Aplikasi ini menampilkan lambang-lambang yang dapat dipilih dan langsung menyambungkan ke link layanan web tersebut.

Menariknya GUI (Graphical User Interface) pada Snaptu dibuat menyerupai iPhone. Tidak diperlukan OS (Operating System) yang besar untuk dapat mengunduh layanan ini kedalam telepon genggam, karena layanan ini hanya membutuhkan ruang memori sebesar 250kb. Selain itu Snaptu memungkinan pengguna mengetahui informasi terbaru dengan sambungan Internet cepat dan tanpa menghabiskan banyak baterai.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Ide pembuatan aplikasi Snaptu pertama kali dicetuskan oleh Ran Makavy pada bulan Agustus 2007 yang terinspirasi dari munculnya berbagai macam jaringan sosial dan maraknya penggunaan internet. Kedua alasan tersebut memicu Ran Makavy untuk menciptakan sebuah aplikasi web yang menggabungkan beberapa jaringan sosial dalam satu aplikasi dan dapat diakses menggunakan telepon genggam manapun. Selain itu Makavy juga ingin agar layanan yang dibuatnya memuat beberapa informasi-informasi terkini mengenai cuaca, berita politik-ekonomi-sosial, hingga informasi mengenai olahraga.

Kemudian Ran Makavy mengajak rekannya, Simon Davies, untuk bekerja sama merealisasikan ide tersebut. Awalnya Simon Davies sempat meragukan ajakan rekannya, namun betapa terkejutnya Davies, ketika bulan Desember Makavy sudah mulai merancang bagan-bagan untuk Snaptu. Mereka tidak hanya bekerja berdua. Untuk mengatur rancangan dan konsep-konsep mengenai Snaptu, mereka dibantu oleh Lior Tal, Barak Naveh, dan Micha Berdicheysky.

Setelah melalui proses yang panjang, Snaptu diluncurkan pada tanggal 12 Oktober 2008. Secara resmi Snaptu dibuat oleh perusahaan Moblica dan menggunakan Java ME sebagai platforms.

Layanan[sunting | sunting sumber]

Layanan yang terdapat dalam Snaptu sangatlah beragam. Dalam satu halaman Snaptu dapat memuat kurang lebih 13 jenis layanan. Snaptu memungkinkan pengguna untuk menambah atau mengurangi berbagai layanan yang tersedia agar sesuai dengan kebutuhan dan pengguna dapat memperbarui versi Snaptu secara langsung dari halaman menu.

Layanan-layanan dalam Snaptu langsung dapat digunakan tanpa perlu membuat ID Snaptu. Snaptu mempunyai satuan acara mengenai aplikasi-aplikasi yang dimiliki, sehingga pengguna terus terjaga kebaruan aplikasinya. Beberapa layanan tersebut dapat dikategorikan menjadi:

Berita dan olahraga[sunting | sunting sumber]

Layanan ini membantu pengguna untuk mengetahui info mengenai laporan secara aktual dan tepercaya yang dikemas dengan baik agar khalayak merasa tertarik untuk mengetahui isi berita tersebut. Berita tidak hanya membahas seputar politik, ekonomi, dan sosial, namun juga membahas mengenai olahraga. Layanan-layanan dalam Snaptu yang memuat semua itu adalah News & blog, The Guardian news, Cricinfo, Live Football Score, Score 24 live, ESPN, NBA, dan The Sport Campus. Khusus layanan Routers Reader hanya akan memberikan informasi mengenai berita terkini, bisnis, dan olahraga yang terjadi di Inggris, Amerika, dan India.

Jaringan sosial[sunting | sunting sumber]

Snaptu terhubung dengan beberapa jaringan sosial yang sangat tidak asing bagi pengguna layanan web seperti Facebook, Twitter, Youtube, Myspace, Multiply, Flickr, Picasa, Photobucket, hingga Friendster. Namun untuk aplikasi Facebook, fitur yang disediakan oleh Snaptu kurang lengkap karena hanya dapat memperbarui status dan atau membaca kotak masuk.

Mail[sunting | sunting sumber]

Mail adalah sarana untuk mengirim pesan melalui Internet. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan dan atau gambar kapan saja dan dimana saja kepada siapa saja ketika sedang tidak bisa melakukannya dengan PC (Personal Computer). Layanan ini baru dapat diakses dengan menggunakan ID Yahoo dan Google.

Cuaca[sunting | sunting sumber]

Snaptu menyediakan aplikasi AccuWheather yang menggunakan ilmu dan teknologi untuk memperkirakan keadaan atmosfer bumi di masa ini dan masa datang di suatu tempat tertentu. Sehingga dapat digunakan untuk melihat Prakiraan cuaca di seluruh dunia.

Film[sunting | sunting sumber]

Layanan ini dimaksudkan untuk membantu pengguna mengetahui ringkasan film-film Hollywood terbaru beserta info mengenai aliran, pemain, ratting, pekerja lapangan, sutradara, produser melalui My Movie. Informasi mengenai jadwal acara televisi juga dapat pengguna dapatkan melalui UK TV Guide.

Permainan[sunting | sunting sumber]

Selain berita, info cuaca, dan mail, Snaptu juga menyediakan aplikasi mainan yaitu Sudoku.

Perjalanan[sunting | sunting sumber]

Layanan Journey Planner, Fancyapint?, dan Seatwave menginformasikan jadwal kedatangan dan keberangkatan kereta bawah tanah di Inggris, bar-bar terkemuka yang terdapat di Inggris serta penjualan tiket konser di sekitar wilayah Eropa.

Umum[sunting | sunting sumber]

Selayaknya layanan Internet, Snaptu juga menyediakan layanan ensiklopedia seperti Wikipedia, layanan kamus seperti Dictionary, layanan jual beli melalui Ebay, dan layanan kalender seperti Google Calendar. Untuk menjalankan layanan Google Calendar, pengguna harus terlebih dahulu memiliki ID Google.

Informasi-informasi seperti jadwal Film, acara televisi, tiket konser dan perjalanan tidak relevan untuk digunakan di Indonesia. Beberapa alasan tersebut membuat rata-rata pengguna Snaptu di Indonesia hanya memanfaatkan layanan jaringan sosial.

Media snaptu[sunting | sunting sumber]

Salah satu terobosan terbaru garapan Java ini, dirancang khusus untuk digunakan melalui telepon genggam. Tujuan diciptakan Snaptu untuk memberikan kemudahan bagi pengguna telepon genggam yang sudah dapat menjalankan layanan Java dan mengaktifkan GPRS (General Packet Radio Service) untuk mengakses layanan web ketika tidak bisa melakukannya dengan komputer.

Snaptu dapat bekerja pada ratusan model telepon genggam. Mulai dari Nokia, Samsung, Motorola, Sony Ericsson, LG Mobile, hingga RIM Blackberry. Untuk memperoleh aplikasi ini, hanya perlu mengunduh aplikasi tersebut ke dalam telepon genggam secara cuma-cuma.

Sarana mengunduh snaptu[sunting | sunting sumber]

Meski Snaptu merupakan aplikasi web telepon genggam namun Snaptu dapat diperoleh dengan tiga cara, yaitu:

Pesan singkat[sunting | sunting sumber]

Mengunduh melalui pesan singkat atau SMS (short message service) merupakan salah satu metode unik yang dapat dilakukan oleh pengguna. Langkah awal yang pengguna lakukan adalah mengirim pesan singkat kepada Snaptu. Snaptu akan mengirim pesan singkat balasan berisi link untuk memulai proses unduh. Untuk membuka link tersebut, klik bagian atas atau menggunakan pilihan menu dan pilih gunakan rincian. Proses seperti itu tergantung pada model telepon genggam pengguna, tidak menutup kemungkinan pengguna harus menggeser tombol ke bawah untuk menyorot link dan pilih 'Pilih', 'Ke' atau 'Open'. Setelah pengguna melakukan langkah-langkah tersebut, telepon genggam akan membuka koneksi Internet dan memulai unduh.

Komputer[sunting | sunting sumber]

Walaupun aplikasi Snaptu hanya dapat digunakan pada telepon genggam, namun untuk mendapatkan aplikasi ini dapat melalui komputer. Komputer adalah seperangkat elektronik yang terdiri dari peranti keras dan peranti lunak. Metode mengunduh Snaptu melalui komputer hampir serupa dengan metode pesan singkat. Hanya saja untuk memperoleh link mengunduh Snaptu, pengguna harus mendatangi jaringan asli Snaptu melalu komputer untuk memberikan alamat E-mail pada kolom unduh. Snaptu akan mengirim link mengunduh ke E-mail pengguna. Dengan menggunakan telepon genggam, buka E-mail yang berisi link unduh Snaptu. Setelah memperoleh link tersebut, lakukan langkah mengunduh yang sama dengan metode pesan singkat.

Jaringan browser[sunting | sunting sumber]

Jaringan browser merupakan metode yang paling umum digunakan untuk melakukan unduh segala macam aplikasi baik aplikasi komputer maupun aplikasi telepon genggam. Metode ini merupakan metode yang paling mudah karena pengguna hanya perlu navigasi menuju situs asli Snaptu atau pergi ke halaman Getjar Snaptu dan klik pilihan unduh. Tidak lama telepon genggam akan secara otomatis melantik aplikasi tersebut. Adanya ketidaksesuaian antara pengaturan WAP (Wireless Application Protocol) dengan koneksi Internet akan menyebabkan terjadi kegagalan dalam unduh.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Krug, Gary (2005). Communication Technology and Cultural Change, london: Sage Publication.
  • Mirabito, M.A.M., & Morgenstern, B.L (2004). New Communication Technology: Application, Policy, and Impact, Fifth Edition, UK: Focal Press.
  • Sawyer, Stacey C. & Williams, Brian K. (2001). Using Information Technology, New York: McGraw-Hill Company.