Sleeping Beauty (waralaba)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sleping Beauty
Logo film
Diciptakan olehDisney
Karya asliSleeping Beauty (1959)
Maleficent (2014)
Film dan televisi
Film
Seri televisi
Acara televisi spesial
Pertunjukkan teater
MusikalSleeping Beauty: The Musical
Permainan
Permainan video
Audio
Lagu tema

Sleeping Beauty adalah salah satu waralaba Disney. Film originalnya pada tahun 1959. Kemudian karakter karakter dari sleeping beauty juga ada di House of Mouse (terutama Maleficent).

Cast & Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter Film utama
Sleeping Beauty
(1959)
Maleficent
(2014)
Maleficent: Mistress of Evil
(2015)
Aurora (disney) Mary Costa,Helene Stanley[1] Elle Fanning, vivienne Jolie Pittcil,Janet McTeer[2][3][4] Elle Fanning
Maleficent Eleanor Audley[1] Angelina Jolie [3][4],Ella Purnell , Isobelle Molloy Angelina Jolie
Pangeran Phillips Bill Shirley,Ed Kemmer[1] Brenton Thwaites Harris Dickinson
3 peri baik Verna Felton
Barbara Jo Allen
Barbara Luddy[1]
Imelda Staunton
Juno Temple
Lesley Manville
King Stefan Taylor Holmes[1] Sharlto Copley,Toby Regbo dan Michael H[5] N/A
Raja Henry/Hubert Bill Thompson[1] Kenneth Cranham N/A
Diaval/Diablo N/A Sam Riley
Ratu Ingrith N/A N/A Michelle Pfeiffer
Conall N/A N/A Chiwetel Ejiofor
King John N/A Namanya disebut oleh Philip ketika memperkenalkan diri pada 3 peri Robert Lindsay
Borra N/A N/A Ed Skrein

Cerita[sunting | sunting sumber]

Sleeping Beauty[sunting | sunting sumber]

Putri Aurora yang memiliki paras cantik dilahirkan di kerajaan Ayahnya dan diiringi kebahagiaan dari seluruh kerajaan. Banyak peri-peri yang memberinya hadiah dengan sihir. Akan tetapi, Maleficent datang tanpa diundang dan dia merasa tersinggung karena dia tak diundang. Akhirnya ia memberi kutukan kepada Putri Aurora. Dalam kutukannya, Aurora akan tertidur permanen saat menusukkan jarinya ke jarum pemintal pada ulang tahunnya yang ke-16, saat matahari terbenam. Kemudian Maleficent pun pergi meninggalkan kerjaan sang Raja dan Ratu. Para rakyat pun gelisah. Kemudian peri terakhir yang belum memberi hadiah, ia meringankan kutukan Maleficent. Dalam mantra peri itu, Aurora tidak akan mati saat tertusuk jarum namun dia akan tertidur panjang sampai ada pangeran tampan yang gagah berani menciumnya dan menghilangkan kutukan tersebut.

Selang beberapa tahun akhirnya Putri Aurora menginjak usia 16 tahun. Lalu Maleficent muncul di kamar Aurora dan berubah menjadi cahaya yang menuntunnya menuju jarum pintal. Rasa ingin tahunya memuncak dan dengan sigap, Aurora masuk kedalam dan melihat sebuah jarum pintal. Kemudian, Aurora menusukkan jarinya ke jarum, dan Aurora tergeletak dilantai seperti orang mati. Aurora tertidur, bahkan warga Istana tertidur sampai seorang pangeran tampan gagah berani mencium sang Putri.

Akhirnya, ada seorang Pangeran dan kudanya yang berani memasuki Istana. Pangeran itu bernama Phillip. Ia sudah kenal dengan Aurora sebelumnya. Sebelum menuju istana, ia dicegat oleh Maleficent yang berubah menjadi naga. Dengan bantuan peri yang baik, Phillip menghunuskan pedangnya kepada Maleficent dan ia pun tiada. Setelah susah payah, akhirnya Phillip berhasil masuk ke dalam istana, dia melihat para pelayan, prajurit, Bahkan Raja dan Ratu tertidur pulas. Pangeran Phillip mencari sang Putri dan menemukan gadis cantik sedang tidur. Phillip kemudian mencium bibir Aurora dan kutukan itu lenyap. Sang Putri dan keluarga kerajaan hidup kembali. Sang Putri dan Pangeran menikah dan hidup bahagia selamanya.

Maleficent[sunting | sunting sumber]

Kisah Sleeping Beauty berdasarkan sudut pandang Maleficent, penyihir ikonik yang mengutuk Aurora. Dikisahkan Maleficent adalah seorang Dark Fey bersayap yang tinggal di Moors, sebuah tempat ajaib yang dihuni makhluk-makhluk magis. Suatu hari, ia bertemu dengan manusia bernama Stefan. Mereka menjalin pertemanan hingga di usia ke-16, Maleficent mendapatkan ciuman cinta sejati dari Stefan.

Waktu berlalu hingga Maleficent tumbuh dewasa dan menjadi penjaga Moors. Seorang raja dari kerajaan seberang datang mencoba untuk menaklukan Moors, tapi dikalahkan oleh Maleficent dan beberapa mahkluk Moors. Kesal, Raja akhirnya membuat sayembara bahwa siapapun yang bisa membunuh Maleficent, maka ia akan menjadi raja selanjutnya dan menikahi putri semata wayangnya. Stefan yang mendengar itu tertarik dengan sayembara dan menemui Maleficent di Moors.

Stefan memberikan sebuah minuman kepada Maleficent hingga ia tertidur, lalu ia mengambil pisau dan mencoba membunuhnya. Karena tak tega, ia lalu hanya memotong sayap Maleficent lalu pergi.

Maleficent terbangun pada pagi hari dengan didapatnya sayapnya sudah tidak ada. Ia menyadari semua ini perbuatan Stefan dan ia merasa sangat kecewa. Akibat sayapnya yang sudah dipotong, ia agak sedikit lemah dan sulit untuk berdiri. Ia mengubah sebuah ranting menjadi tongkat dengan sihirnya untuk membantunya berdiri dan berjalan.

Di perjalanan, ia melihat seorang pemburu tengah mencoba menangkap seekor gagak. Maleficent menyelamatkan gagak itu dengan mengubahnya menjadi rupa manusia. Gagak yang bernama Diaval itu lalu berterima kasih dan bersedia mengabdi kepada Maleficent. Maleficent lalu memerintahkannya untuk menjadi sayapnya (mata-mata dan antek-antek Maleficent).

Diaval lalu pergi ke istana melihat peristiwa apa yang terjadi . Disana, ia melihat Stefan sedang dinobatkan jadi raja dan menikah dengan Putri dari Raja sebelumnya. Diaval lalu melapor kepada Maleficent. Murka dan kecewa, Maleficent lalu berubah menjadi jahat dan membuat Moors menjadi suram. Mahkluk Moors takut dan tunduk kepadanya.

Tak lama berselang, Stefan dikaruniai seorang anak gadis. Ia lalu merayakan hal itu dengan mengundang semua warga ke istana. 3 peri baik juga ikut untuk memberikan hadiah magis kepada putri Stefan yang diberi nama Aurora. Disaat peri ke-3 ingin memberikan hadiah, Angin kencang pun muncul menandakan kehadiran Maleficent.

Maleficent pun datang dengan rambutnya yang dibungkus dan baju serba hitam. Semua yang ada di istana takut dan panik terlebih Stefan. Maleficent mengungkapkan ia sedikit kecewa karena tidak mendapatkan undangan, lalu dibalas stefan dengan mengatakan bahwa dia tidak diinginkan kehadirannya disini. Lalu muncul situasi canggung hingga istri Stefan menanyakan, "Apa kau tidak tersinggung??" dan Maleficent menjawab kalau ia tidak apa-apa, dan untuk membuktikannya ia juga ingin memberikan hadiah pada Aurora.

Maleficent pun memberikan hadiah bahwa Aurora akan tumbuh menjadi wanita cantik dan anggun, dan akan disayangi oleh siapapun yang melihatnya. Lalu tak lama berselang ia melihat sebuah jarum pintal. Ia akhirnya mengutuk Aurora bahwa di ulang tahun ke-16 nya ia akan menusukkan jarinya ke jarum pintal dan tertidur seperti mati. Stefan pun di depan semua orang memohon agar kutukannya dihilangkan. Tetapi, Maleficent tidak membatalkan kutukan, tapi meringankannya. Ia berkata bahwa kutukan bisa dipatahkan dengan ciuman cinta sejati dan tidak ada kekuatan di dunia yang bisa membatalkan kutukan itu.

Aurora lalu dirawat oleh 3 peri baik dan dibawa ke hutan. Seluruh jarum pintal di kerajaan dibakar oleh Stefan. Maleficent membangun tanaman berduri pembatas antara Moors dan dunia manusia. Maleficent terus memantau perkembangan Aurora bersama Diaval. Hingga akhirnya Aurora berusia 15 tahun dan tumbuh anggun sesuai hadiah yang Maleficent berikan ketika perayaan kelahirannya.

Aurora pun melihat tanaman yang dibangun Maleficent dan penasaran apa yang ada di balik tanaman itu. Maleficent lalu memantrai Aurora dan membuka tanaman itu sedikit membawa Aurora ke dalam Moors. Aurora tersadar dari mantra dan terkagum melihat Moors. Ia lalu menemui Maleficent dan meyakini kalau Maleficent adalah Ibu Peri-nya yang selalu menjaganya sejak kecil. Sejak itu ia pun sering bermain di Moors bersama mahkluk-makhluk yang ada disana.

Maleficent pun menyadari kalau ia melakukan kesalahan besar dengan mengutuk Aurora yang tak bersalah sama sekali dengan apa yang ia alami. Ia pun mencoba membatalkan kutukan itu tapi tidak bisa. Aurora yang penasaran kenapa Maleficent menjadi satu-satunya peri yang tak bersayap di Moors menanyakannya langsung. Maleficent menjawab bahwa dulu ia punya sayap dan diambil darinya.

Disamping itu, Aurora bertemu dengan Phillip, seorang pangeran tampan. Diaval mengatakan kalau mungkin Phillip adalah pematah kutukan itu. Tetapi, Maleficent berkata kalau ciuman cinta sejati itu tidak ada, itulah sebabnya mengapa ia mengatakan bahwa cinta sejati itu adalah pematah kutukannya, karena cinta sejati itu tidak ada. Diaval pun sedikit kesal dan pergi.

Lalu, Aurora pun mengutarakan keinginannya kepada Maleficent bahwa ia ingin nanti setelah dewasa ia tinggal di Moors selamanya. Maleficent pun berkata bahwa ia tak perlu menunggu waktu dewasa, ia bisa tinggal di Moors sekarang. Aurora sangat senang dan ia berkata ingin meminta izin kepada bibi-bibinya (3 peri baik, yang juga berasal dari Moors).

Aurora pun lalu mengutarakan keinginannya kepada Bibi-Bibinya. Peri-peri itu terkejut dan menjelaskan kepada Aurora mengenai kebenaran tentang dirinya. Aurora pun kecewa dan menemui Maleficent. Ia pun mengatakan kalau Maleficent adalah yang terjahat di dunia ini. Maleficent pun sedih dan memerintahkan Diaval untuk mencari Phillip. Aurora lalu diam-diam kembali ke istana dengan berkuda.

Di istana, ia langsung memeluk Stefan, ayahnya. Tetapi, Stefan justru memerintahkan untuk mengurung Aurora. Sebentar lagi matahari akan terbenam menjelang ulang tahun Aurora yang ke-16. Maleficent pun menemukan Phillip dan memantrainya. Maleficent membawa Philip ke kerajaan dengan bantuan Diaval. Ia pun pergi sekencang mungkin. Kutukan mulai bekerja, mantra mulai muncul. Aurora terhipnotis dan masuk ke dalam ruangan yang ada jarum pintalnya. Ia pun menusukkan jarinya dan tertidur.

Stefan pun melihat putrinya dan kesal. Ia meluapkan kekesalannya kepada 3 peri baik. Sementara Maleficent, menyelinap masuk ke kerajaan untuk membawa Philip ke hadapan Aurora. Setelah berbagai tantangan, ia pun berhasil dan Philip pun terbangun dari mantra.

3 peri baik langsung membawanya menuju Aurora. Phillip pun berkata bahwa ia pernah bertemu dengan Aurora. Phillip lalu mencium Aurora, tapi Aurora tak terbangun. 3 peri lalu membawanya keluar sementara Maleficent merasa kecewa dan bersalah. Ia lalu datang menuju Aurora dan mengucapkan maaf sebesar-besarnya atas perbuatan yang ia sesali. Sebelum meninggalkan Aurora, Maleficent mencium kening Aurora dan ajaibnya Aurora terbangun. Diaval yang melihat kejadian itu berkata bahwa inilah ciuman cinta sejati (cinta sejati seorang ibu).

Aurora pun lalu ingin ke Moors. Dipandu oleh Maleficent, mereka berjalan ke luar istana, tapi Maleficent malah terjebak dalam perangkap yang dibuat Stefan dan diserang oleh prajurit istana. Maleficent lalu menyuruh Aurora bersembunyi dan mengubah Diaval menjadi naga untuk menolongnya.

Aurora pun bersembunyi di kamar Stefan dan melihat sebuah sayap besar. Ia pun menyadari kalau itu sayap Maleficent. Aurora lalu mencoba mengeluarkan sayap itu dan berhasil. Sayap itu lalu terbang menuju Maleficent dan Maleficent mendapatkan kembali sayapnya. Maleficent pun kembali kuat dan berhasil mengalahkan Stefan.

Maleficent lalu meruntuhkan tanaman pembatas antara Moors dan dunia manusia. Moors juga kembali ajaib dan indah seperti sebelumnya. Maleficent pun menobatkan Aurora sebagai Ratu Moors dan mereka hidup bahagia di Moors bersama.

Maleficent II : Mistress of Evil[sunting | sunting sumber]

Lima tahun sejak kematian Raja Stefan, Aurora telah memerintah sebagai Ratu Moors, dengan Maleficent sebagai penjaga dan pelindung Moors. Terlepas dari pengabdiannya, kerajaan tetangga bernama Ulstead, rumah bagi Pangeran Phillip, menganggap Maleficent sebagai penjahat, sementara ayah Phillip Raja John menginginkan perdamaian. Ibu Phillip, Ratu Ingrith; diam-diam telah mempersiapkan senjata perang. Di ruang tersembunyi kastil, para pekerja membuat senjata, bahan kimia, dan peledak dari besi, yang mematikan bagi bangsa peri. Diaval, gagak kepercayaan Maleficent, mendengar pembicaraan mereka dan mengetahui bahwa Phillip melamar Aurora dan Aurora menerima lamarannya. Diaval langsung terbang dan memberi tahu Maleficent. Maleficent sangat marah dan terbang, membuat beberapa peri kecil terlempar karena kepakan sayapnya. Maleficent menyarankan agar Aurora menolak pernikahan, karena Maleficent percaya bahwa cinta hanya akan berambang kehancuran. Tetapi, Aurora yang tidak setuju bersumpah untuk membuktikan bahwa dia salah.

Orang tua Phillip mengadakan makan malam yang akrab. Setelah mengundang Aurora, Maleficent, dan Diaval. Maleficent terus memendam kemarahannya dalam dirinya saat Ingrith mengejeknya sepanjang malam dengan mengulangi cerita tidak benar, yang membuat manusia percaya bahwa dia jahat. Contohnya, kisah kutukan tidur Maleficent pada Aurora hanyalah setengah dari kebenaran, karena tidak ada yang pernah diberitahu seluruhnya, dan kebenaran tentang Aurora yang dicintainya dan mengorbankan dirinya untuk mengangkat kutukan. Ingrith menyinggung kematian Stefan sebagai pembunuhan, dan secara terbuka mengklaim Maleficent membunuh dua manusia pemburu peri yang terakhir terlihat di dekat Moors. Maleficent menanggapi dengan sangat dingin bahwa manusia telah menculik peri, dan mengisyaratkan bahwa dia percaya perintah untuk melakukannya berasal dari Raja atau Ratu.

Ingrith memancing kemarahan Maleficent dengan menyuruhnya melepaskan ikatan keibuannya dengan Aurora dan mengklaim bahwa pernikahan tersebut akan menjadikan Ingrith sebagai ibu kandungnya, yang mana Maleficent bereaksi melepaskan semburan energi magis. John tiba-tiba pingsan, dan Ingrith menuduh Maleficent mengutuknya, Phillip mendesak ibunya untuk mencoba membangunkan John dengan ciuman. Ingrith keberatan, dan usahanya yang gagal karena dia tidak mencintai suaminya, terutama karena pandangan mereka yang berbeda tentang perdamaian dan perang.

Maleficent dengan kesal atas tuduhan Ingrith pun mengajak Aurora untuk pulang, namun Aurora percaya pada Ingrith dan menyalahkan Maleficent. Maleficent merasa kecewa karena ia sudah dikhianati oleh Stefan dan Aurora. Saat Maleficent melarikan diri dari kastil, tangan kanan Ingrith, Gerda, menembak Maleficent dengan peluru besi. Terluka, Maleficent jatuh ke laut, lalu ia diselamatkan oleh makhluk bersayap besar dan bertanduk yang misterius. Dia terbangun di sebuah gua tempat peri seperti dirinya bersembunyi. Di antara mereka adalah Conall, pemimpin kedamaian mereka yang menyelamatkan Maleficent, dan Borra, peri suka perang yang mendukung konflik terbuka dengan manusia, yang membunuh para pemburu di dekat Moors. Maleficent adalah salah satu makhluk terakhir yang dikenal sebagai Dark Fey, peri kuat yang dipaksa bersembunyi dan hampir punah karena penindasan manusia. Dia juga merupakan keturunan terakhir dari Phoenix, leluhur Dark Fey kuno yang sangat kuat. Dia harus melewati tahapan tertentu untuk memendam potensi penuhnya. Ketika dia membesarkan manusia, dia menyelesaikan tahap awal. Conall bersikeras pada Maleficent untuk memaafkan Aurora, agar mendapatkan tahap phoenix terakhirnya, tetapi Maleficient tidak setuju. Karena sihir Maleficent begitu dahsyat, Conall dan Borra yakin dirinya berperan penting dalam mengakhiri konflik dengan manusia, baik dengan cara damai maupun perang.

Sementara itu, penghuni magis dari bangsa Moor diundang ke pernikahan kerajaan, tetapi Aurora menjadi kecewa dengan menjadi seorang wanita bangsawan Ulstead. Kemudian, beberapa manusia memasuki bangsa Moor untuk mengumpulkan bunga untuk digunakan sebagai senjata melawan Dark Fey. Merasakan hal tersebut, Maleficent dan p ara Dark Fey pergi ke Moors untuk melindungi bunga, tetapi mereka disergap, dan Conall terbunuh, mendorong Borra untuk menyatakan perang terhadap manusia. Aurora menemukan bahwa Ingrith mengutuk John menggunakan poros kutukan lama Maleficent, karena dia membenci semua peri bangsa Moor. Dia menghadapi Ingrith, yang mengungkapkan bahwa dia sangat membenci kemakmuran bangsa Moors selama kerajaannya menderita, dan juga menyalahkan mereka atas kematian saudara laki-lakinya; dia berencana untuk membasmi semua peri dan makhluk hutan menggunakan senjata besi serta bubuk merah mematikan yang dikembangkan oleh Lickspittle, peri yang tidak bersayap. Ketika orang-orang Moors tiba, mereka terjebak di dalam kapel kastil.

Atas perintah Ingrith, Gerda melepaskan bubuk merah mematikan dengan memainkan organ piano. Peri Flittle tanpa pamrih mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan semua orang sebagai upaya terakhir dengan menyumbat saluran organ piano, membuatnya tidak dapat dimainkan, Flittle mati dan berubah menjadi tanaman, sementara teman-temannya, Knotgrass dan Thistlewit menyerang Gerda, menyebabkan Gerda jatuh dari atas dan meninggal. Para Dark Fey melancarkan serangan ke Ulstead tetapi tentara istana mulai membantai mereka sampai Maleficent, menyalurkan kekuatan Phoenix-nya, bergabung dalam pertempuran. Dia hampir membunuh Ingrith tetapi Aurora meminta kemanusiaan Maleficent untuk menyelamatkannya, dan menyatakan bahwa Maleficent adalah ibu satu-satunya. Dengan kelengahan Maleficent, Ingrith menembakkan panahnya. Maleficent menyelamatkan Aurora karena rasa sayang Maleficent pada Aurora lebih besar dari pada rasa bencinya. Maleficent terkena panah, mati, dan larut menjadi abu. Aurora menangis, menyesal, dan marah pada Ratu Ingrith karena telah menipunya. Tapi setelah air mata Aurora jatuh ke abu, Maleficent yang dihidupkan kembali mencapai tahap phoenix-nya, Maleficent bangkit dari kematian karena air mata kesedihan dan penyesalan Aurora.

Panik, Ingrith mendorong Aurora dari menara untuk membunuhnya, mendorong Maleficent untuk menyelamatkannya. Phillip menempa perdamaian antara peri dan manusia dan membuat tentara Ulstead mundur. Maleficent kembali ke bentuk peri dan akhirnya memberi restu pada Aurora dan Phillip, menyadari bahwa mereka saling memiliki. Lickspittle memutuskan untuk berhenti mengikuti perintah Ingrith dan memberi Maleficent spindel yang digunakan untuk mengutuk John; yang digunakan Maleficent pada sebelumnya, untuk mengutuk Aurora. Maleficent menghancurkan poros dan kutukannya, membangunkan John dari tidurnya. Saat dia melarikan diri, Ingrith dihentikan dan ditangkap oleh Borra dan para Dark Fey lainnya. Sebagai hukuman atas kejahatannya, dia diubah menjadi kambing bertanduk oleh Maleficent sampai dia bisa menerima kedamaian di antara dua bangsa itu, yang tidak lain adalah bangsa Peri dan bangsa Manusia.

Setelah Aurora dan Philip menikah, Maleficent kembali ke Kerajaan Moors bersama para Dark Fey lainnya, mengajari peri-peri muda untuk terbang. Dia berjanji akan kembali untuk pembaptisan Aurora dan calon anak Philip.

Musik[sunting | sunting sumber]

Seluruh musik diciptakan oleh James Newton Howard (Tracks 1–22).

Maleficent (Original Motion Picture Soundtrack)
No.JudulPenciptaPerformer(s)Durasi
1."Maleficent Suite"  6:38
2."Welcome to the Moors"  1:05
3."Maleficent Flies"  4:39
4."Battle of the Moors"  4:58
5."Three Peasant Women"  1:04
6."Go Away"  2:26
7."Aurora and the Fawn"  2:28
8."The Christening"  5:30
9."Prince Philip"  2:29
10."The Spindle's Power"  4:35
11."You Could Live Here Now"  2:26
12."Path of Destruction"  1:47
13."Aurora in Faerieland"  4:41
14."The Wall Defends Itself"  1:06
15."The Curse Won't Reverse"  1:21
16."Are You Maleficent?"  2:10
17."The Army Dances"  1:28
18."Phillip's Kiss"  2:20
19."The Iron Gauntlet"  1:35
20."True Love's Kiss"  2:33
21."Maleficent Is Captured"  7:42
22."The Queen of Faerieland"  3:25
23."Once Upon a Dream"Jack Lawrence, Sammy FainLana Del Rey3:20
Durasi total:45:57

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f Situs resmi
  2. ^ Sneider, Jeff (October 17, 2013). "'Kick-Ass 2' Actress to Play Younger Version of Angelina Jolie in 'Maleficent'". The Wrap. Diakses tanggal May 31, 2014. 
  3. ^ a b "Ella Purnell replaces India Eisley in Maleficent". MSN Entertainment. October 18, 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-05-31. Diakses tanggal May 31, 2014. 
  4. ^ a b Charalambous, Sophia (November 8, 2012). "Chelmsford schoolgirl stars in Disney movie with Angelina Jolie". Essex Chronicle. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-03-24. Diakses tanggal May 31, 2014. 
  5. ^ "Maleficent (2014) (IMDB)".