Sixtiers (Generasi 60-an)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sixtiers (Rusia : Шестидесятники, diromanisasi : Shestidesyatniki, Ukraina : Шістдесятники, diromanisasi : Shistdesiatnyky ; "orang-orang tahun 60-an") adalah perwakilan dari generasi baru Inteligensia Soviet, yang memasuki kehidupan budaya dan politik Uni Soviet pada akhir 1950-an dan 1960-an, setelah Pencairan Khrushchev.[1] Sebagian besar dari mereka lahir antara tahun 1925 dan 1945, dan pandangan dunia mereka dibentuk oleh penindasan dan pembersihan Stalin selama bertahun-tahun, yang memengaruhi banyak keluarga dekat Sixtiers, dan Perang Dunia II, di mana banyak dari mereka secara sukarela berperang.

Sixtiers dibedakan oleh pandangan liberal dan anti-totaliter mereka, dan romantisme, yang menemukan ekspresi yang jelas dalam musik dan seni visual. Meskipun sebagian besar Sixtier percaya pada cita-cita Komunis, mereka menjadi sangat kecewa dengan rezim Stalin dan penindasannya terhadap kebebasan sipil dasar.

Sixtiers secara kasar dapat dibagi menjadi dua kelompok: "fisikawan" (mereka yang terlibat dalam sains) dan "penulis lirik" (mereka yang terlibat dalam seni, seperti penulis, profesional teater dan film, dll. ). Di antara beberapa atribut dan hiburan umum Sixtiers adalah musik Bard (penyanyi-penulis lagu), puisi, kekecewaan dalam politik, dan kecintaan pada perjalanan berkemah ke daerah terpencil di Uni Soviet.

Setelah dimulainya kebijakan Perestroika dan Glasnost (pada akhir 1980-an – awal 1990-an), istilah "Sixtiers" juga digunakan untuk menunjukkan perwakilan dari generasi baru elit komunis yang pandangan politiknya dibentuk pada akhir 1950-an - awal 1960-an. . Ini termasuk politisi M. Gorbachev, O. Yakovlev, filsuf A. Zinoviev, M. Mamardashvili, Y. Levada, ilmuwan politik A. Bovin, F. Burlatsky, editor media massa V. Korotych, E. Yakovlev, S. Zalygin dan banyak lagi yang lain.

Beberapa kesejajaran dapat ditarik antara Sixtiers dan Gerakan Kiri Baru dan gerakan hippie di Barat, tetapi kemiripan yang lebih dekat dapat ditemukan dengan Beat Generation yang lebih berorientasi intelektual.[2]

Sixtiers Ukraina[sunting | sunting sumber]

Gerakan Sixtiers Ukraina didominasi oleh gagasan nasional.[3] Banyak Sixtiers Ukraina mempertahankan bahasa dan budaya nasional,[4] dan kebebasan kreativitas artistik.

Anggota gerakan yang paling terkenal adalah penulis Ivan Drach, Valeriy Shevchuk, Mykola Vingranovsky, V. Drozd, Hryhir Tiutiunnyk, Borys Oliynyk, V. Donchyk, Vasyl Symonenko, Mykola Kholodny, Lina Kostenko, Yevhen Hutsalo ; seniman lukis Alla Horska, Viktor Zaretsky, Boris Chichibabin ; seniman tekstil dan lukisan Lyubov Panchenko ; kritikus sastra Ivan Dziuba, Yevhen Sverstyuk ; sutradara Les Tanyuk ; sutradara film Sergei Parajanov, Yuri Ilyenko ; kritikus seni Roman Korogodsky, Y. Smyrny; dan penerjemah Hryhoriy Kochur, Mykola Lukash dan Mykhailyna Kotsiubynska.

Sixtiers menentang dogmatisme resmi, menyatakan kebebasan berekspresi kreatif, pluralisme budaya, dan prioritas nilai-nilai universal di atas nilai-nilai kelas. Mereka sebagian besar dipengaruhi oleh budaya humanistik Barat, tradisi Renaisans yang Dieksekusi, dan budaya Ukraina pada akhir XIX - awal abad XX.

Kegiatan budaya Sixtiers termasuk pembacaan sastra informal dan pameran seni, berjaga untuk mengenang seniman yang tertekan, dan pertunjukan teater. Anggota gerakan juga menyusun petisi untuk membela budaya Ukraina. Klub Pemuda Kreatif "Kontemporer" (didirikan tahun 1959-60) di Kyiv dan klub "Tetesan Salju" (didirikan tahun 1962) di Lviv menjadi pusat budaya nasional alternatif. Sixtiers memulihkan tradisi kaum intelektual pra-revolusioner klasik, yang menginginkan kemerdekaan spiritual, keterasingan politik, cita-cita masyarakat sipil, dan pelayanan kepada rakyat.

Karena Sixtiers yang berpikiran bebas gagal mempertahankan batas ideologis dan estetika resmi, aktivitas budaya mereka menyebabkan ketidakpuasan pihak berwenang. Akhir tahun 1962 menandai dimulainya tekanan besar-besaran terhadap kaum intelektual nonkonformis. Sixtiers tidak diizinkan untuk diterbitkan, dan dituduh "formalisme", "kelambanan", dan "nasionalisme borjuis". Sebagai tanggapan, gagasan Sixtiers mulai menyebar di samizdat.

Menghadapi perlawanan sengit dari aparat partai, beberapa Sixtiers berkompromi dengan pihak berwenang, sementara yang lain berkembang menjadi pembangkang politik, anggota gerakan hak asasi manusia, dan oposisi terbuka terhadap rezim.[5]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Bacaan lanjut[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Удовенко, Олександр. "The Ukrainian Sixtiers Dissident Movement Museum". Музей історії міста Києва (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-03-22. Diakses tanggal 2022-05-02. 
  2. ^ Удовенко, Олександр. "The Ukrainian Sixtiers Dissident Movement Museum". Музей історії міста Києва (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-03-22. Diakses tanggal 2022-05-02. 
  3. ^ Siundukov, Ihor (1 March 2005). "The "Sixtiers." Looking into The Past and Future. Mykhailo Kotsiubynsky, Pavlo Tychyna, Vasyl Stus, and Borys Antonenko-Davydovych in the life of Mykhailyna Kotsiubynska". День (Day). 
  4. ^ Tromly, Benjamin (2009). "An Unlikely National Revival: Soviet Higher Learning and the Ukrainian "Sixtiers," 1953-65". The Russian Review. 68 (4): 607–622. doi:10.1111/j.1467-9434.2009.00541.x. ISSN 0036-0341. JSTOR 20621111. 
  5. ^ Yekelchyk, Serhy (20 November 2018). "The early 1960s as a cultural space: a microhistory of Ukraine's generation of cultural rebels". Nationalities Papers (dalam bahasa Inggris). 43 (1): 45–62. doi:10.1080/00905992.2014.954103. ISSN 0090-5992.