Six Feet Under (lagu Billie Eilish)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"Six Feet Under"
Singel oleh Billie Eilish
Arti judulEnam Kaki Dibawah
Dirilis23 Juni 2016 (2016-06-23)
FormatUnduhan digital
Durasi3:09
LabelInterscope Records
PenciptaFinneas O'Connell
ProduserFinneas O'Connell
Kronologi singel Billie Eilish
"Ocean Eyes"
(2015)
"Six Feet Under"
(2016)
"Bellyache"
(2017)

"Six Feet Under" adalah sebuah lagu oleh penyanyi Amerika Billie Eilish, yang dipublikasikan di SoundCloud pada 23 Juni 2016, sebagai singel keduanya disana, sebelum diberi label oleh Darkroom/Interscope Records. Ditulis dan diproduksi oleh Finneas O'Connell, lagu ini dirilis sebagai singel disemua layanan streaming pada 17 November 2016.[1]

Perilisan dan latar belakang[sunting | sunting sumber]

"Six Feet Under" adalah singel kedua Eilish yang dirilis diplatform distribusi suara online SoundCloud dan kemudian dilabeli Interscope Records.

Dalam sebuah wawancara, Eilish menjelaskan:"Saya masih muda dan saya sudah melalui hal-hal, dan saya yakin saya belum pernah melalui hal-hal sebanyak seseorang yang lebih tua dari saya. Tapi, Anda tahu, semua orang melewati itu, dan saya pikir banyak orang-orang tidak benar-benar memiliki cara untuk mengeluarkan perasaan mereka. Apa yang hebat dari menjadi seorang seniman adalah bahwa saya bisa mengambil semua kemarahan dan semua kerinduan dan keputusasaan, dan saya bisa menuliskannya dan menyanyikannya. Saudaraku mengalami hal hal yang sama dengan yang saya, meskipun kami berbeda empat tahun, kami masih memiliki pola pikir yang sama, saya merasa seperti banyak lagu saat ini – liriknya sangat membosankan, bercerita tentang hal yang sama. Anda dapat mengatakannya dengan cara yang berbeda yang akan membuatnya lebih menarik dan lebih dalam, lebih bermakna. Jadi saya selalu mencoba menulis dengan cara yang belum pernah saya dengar sebelumnya. "

Lirik dan arti[sunting | sunting sumber]

Eilish bernyanyi tentang tidak sepenuhnya pulih dari putus cinta. Dia sangat merindukan mantan pacarnya, tetapi tahu bahwa mereka tidak baik untuknya. Namun, sebagian dari pikirannya ingin tahu apakah hubungan itu entah bagaimana dapat dihidupkan kembali dengan keajaiban.[2]

Video Musik[sunting | sunting sumber]

Video musik buatan sendiri untuk lagu ini dirilis pada 30 Juni 2016. Video musik ini disutradarai oleh Eilish sendiri. Video menunjukkan klip bola asap di depan pagar. Video itu diedit oleh ibunya, Maggie Baird.

Kinerja komersial[sunting | sunting sumber]

Lagu ini diberi sertifikat Gold di Meksiko, Australia, Amerika Serikat dan Platinum di Kanada.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Menang 4 Kategori Utama Grammy, Ini Profil Billie Eilish yang Berbakat". matain.id. 27 Januari 2020. Diakses tanggal 6 Juni 2020. 
  2. ^ Maharani, Cyntia (22 Juli 2019). "Makna Dibalik Lagu Billie Eilish ~ Six Feet Under: Mencintai meski disakiti". INTERPRETASI LIRIK. Diakses tanggal 6 Juni 2020.