Siwe-Palar-Khuppak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Siwe-Palar-Khuppak merupakan penguasa Elam yang berasal dari Sukkalmah dari sekitar 1778 hingga 1745 SM[1]

Pada sekitar 1767 SM, Siwe-Palar-Khuppak berkoalisi dengan Zimri-Lim dari Mari dan Hammurabi dari Babilon. Dia memimpin koalisi ini melawan Eshnunna, menaklukkannya dan memberlakukan pemerintahan langsung dari sukkalnya Kudu-zulush di Shush.[2] Koalisi ini berbalik melawan dia ketika dia berusaha untuk memperluas kekuasaannya ke Babilon. Hammurabi, bersekutu dengan Zimri-Lim, mengusir pasukan Elam dari Eshnunna[2] Salah satu jenderalnya adalah Kunnam dari Elam yang muncul dalam banyak surat yang ditemukan di Mari.

Dalam batu peringatan tanah liat, Siwe-Palar-Khuppak menyebut dirinya sebagai "Gubernur Elam" dan "Pembesar Kekaisaran". Diperkirakan bahwa batu peringatan itu dibuat setelah kekalahan Siwe-Palar-Khuppak oleh koalisi Hammurabi, dan bahwa gelar "Pembesar Kekaisaran" mengacu pada penaklukan yang dilakukan ke barat di Iran modern untuk mengimbangi kekalahannya.[1] Hipotesis ini didukung oleh fakta bahwa dokumen abad kedua belas mencantumkan Siwe-Palar-Khuppak sebagai salah satu tokoh besar Elam.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Edwards, I.E.S.; Gadd, C.J.; Hammond, N.G.L.; Sollberger, E. (1973). The Cambridge Ancient HistoryPerlu mendaftar (gratis) (edisi ke-3rd). Cambridge: University of Cambridge. hlm. 263–265. ISBN 0521082307. 
  2. ^ a b Van de Mieroop, Marc (2005). King Hammurabi of Babylon. Malden, Ma: Blackwell Publishing. hlm. 16–30. ISBN 1-4051-2660-4.