Zimri-Lim

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Zimri-Lim merupakan seorang raja Mari dari sekitar tahun 1775 sampai 1761 SM.

Zimri-Lim adalah putra[1] atau cucu[2] Iakhdunlim, namun terpaksa melarikan diri ke Yamhad ketika ayahandanya dibunuh oleh pelayannya sendiri selama kudeta. Kota tersebut diduduki oleh Shamshi-Adad I, raja Assur, yang menempatkan putranya sendiri Yasmah-Adad ke atas takhta. Tak lama setelah kematian Shamshi-Adad I, Zimri-Lim kembali dari pengasingan dan berhasil mengusir Yasmah-Adad dari kekuasaan dengan bantuan Yarimlim, raja Yamhad.

Zimri-Lim memerintah Mari selama sekitar tiga belas tahun, dan berkampanye dengan ekstensif untuk membangun kekautaany di daerah-daerah tetangga di sepanjang sungai Efrat dan lembah sungai Kebar. Ia mengulurkan istananya di dalam kota, yang mungkin terbesar saat itu, dan tentu saja membuat iri raja-raja lainnya.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ SASSON, J. M. (1998). "The king and I. A Mari king in changing perceptions " Journal of American Oriental Society 118(4): 453-470.
  2. ^ CHARPIN, D. (1992) "Les legendes de sceaux de Mari: Nouvelles Données" in: YOUNG, G.(ed.) Mari in restrospect, Eisenbrauns, pp.59-76