Situs Sirit Gopar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Situs Sirit Gopar adalah Situs yang terletak di lereng Gunung Pulosari di Kampung Gombrang, Desa Cikoneng, Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Peninggalan di situs ini adalah menhir berbentuk phallus. Masyarakat menyebut menhir tersebut sebagai "Sirit Gopar" yang berarti alat kelamin pria.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tinggalan tradisi megalitik di Nusantara antara lain, seperti kubur batu, menhir, dolmen, lumpang batu, batu bergores, batu dakon, teras berundak, arca megalitik, arca menhir, dan lain-lain. Temuan dari tradisi megalitik ada yang bentuknya "tidak umum" yang dikenal dengan istilah phallus, seperti Sirit Gopar, yang menyerupai anatomi alat kelamin laki-laki. Penggambaran alat kelamin tersebut semacam simbol kesuburan dan penciptaan baru. Simol kesuburan tersebut merupakan bentuk interaksi antara dunia bawah dan dunia atas, atau keseimbangan antara makrokosmos dan mikrokosmos. Phallus Sirit Gopar telah memberikan pesan tentang pentingnya mempertahankan kesuburan.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Database Cagar Budaya di Banten. Banten: BPCB Banten.  Parameter |display-authors=Tim BPCB Banten tidak valid (bantuan)