Situ Kemang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Situ Kemang, di Desa Kemang, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor
Suasana Situ Kemang pada siang hari

Situ Kemang adalah situ (danau kecil) yang terletak di Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Letaknya tidak jauh dari jalan raya Parung-Bogor, dekat dengan Pusat Pendidikan dan Latihan Pegawai Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Berdasarkan data dari Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane, luas Situ Kemang sekitar 29.44 Ha.[1]

Akses menuju situ ini cukup mudah karena terletak di jalur jalan Desa Kemang menuju Kecamatan Kemang melalui jalan alternatif yang melewati Pusdiklat Kemenhub RI. Situ ini dimanfaatkan masyarakat selain untuk budidaya perikanan air tawar juga sebagai tempat rekreasi pemancingan dan bersantai.

Bagi masyarakat yang ingin mengunjungi situ ini, transportasinya cukup mudah, karena letaknya hanya sekitar dua ratus meter dari pinggir jalan raya antarprovinsi Parung-Bogor.[2] Jalan raya ini dilalui angkutan umum kota maupun angkutan antarprovinsi. Kalau dari Jakarta, masyarakat dapat menggunakan moda transportasi kereta api komuter dan turun di stasiun Bojonggede. Dari stasiun Bojonggede dilanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum menuju tempat ini.

Situ Kemang ini merupakan salah satu dari tiga situ yang ada di Kecamatan Kemang selain Situ Cilala, dan Situ Salabenda.[3] Oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor, sekeliling situ ini akan terus dikembangkan menjadi objek wisata yang dapat membantu perkembangan ekonomi masyarakat sekitarnya.[4]

Daftar Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Data Situ Kemang". sda.pu.go.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-08-26. Diakses tanggal 2020-08-30. 
  2. ^ "Cara ke Situ Kemang di Bogor menggunakan Bis | Moovit". moovitapp.com (dalam bahasa in). Diakses tanggal 2020-08-30. 
  3. ^ redaksiM1. "Manfaatkan Situ Salabenda". RADAR BOGOR | Berita Bogor Terpercaya. Diakses tanggal 2020-08-30. 
  4. ^ Metro, Admin. "Situ Kemang bakal Disulap Jadi Objek Wisata". Metropolitan.id (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-05-23. Diakses tanggal 2020-08-30.