Situ Jampang Pulo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Suasana Pagi di Situ Jampang Pulo

Situ Jampang Pulo adalah situ (danau kecil) yang terletak di Desa Jampang, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Situ Jampang Pulo kini disulap menjadi tempat pembudidayaan ikan hias. Berbagai kalangan dari pelajar, pemerintah, dan organisasi berdatangan mempelajari teknik pengembangan budi daya ikan hias di Desa Jampang. Situ kebanggaan masyarakat Desa Jampang mengalami ancaman pendangkalan akibat sedimentasi.[1] Menurut data Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung dan Cisadane, Dirjen Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, luas Situ Jampang Pulo atau Situ Danau Pulau Indah sekitar 1,5 Ha.

Selain Situ Jampang Pulo, di Kecamatan Kemang dijumpai pula Situ Kemang, Situ Salabenda, dan Situ Cilala. Untuk menuju ke Situ Jampang Pulo cukup mudah. Letaknya tidak terlampau jauh (sekitar 400 meter) dari jalan raya antarprovinsi Parung-Bogor tepatnya di belakang Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa, Desa Jampang, Kemang, Kabupaten Bogor.

Budidaya ikan hias di Situ Jampang Pulo ini cukup berpotensi jika terus dikembangkan pemerintah bersama masyarakat. Hasilnya sejak lama sudah dinikmati masyarakat sekitar, dan dikirim ke Jakarta dan daerah luar Pulau Jawa.[2]

Situ Jampang Pulo, Kec. Kemang, Kabupaten Bogor
Situ Jampang Pulo (Danau Pulau Indah)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ radbogmin2. "Situ Jampang Pulo Dangkal". RADAR BOGOR | Berita Bogor Terpercaya. Diakses tanggal 2020-09-20. 
  2. ^ Klikterus (2019-06-15). "Ikan Hias Parung Panen Ratusan Ton » Klik Terus". Klik Terus. Diakses tanggal 2020-09-20.