Sipayung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Marga Sipayung adalah anak (sub) marga dari Situngkir. Konon Sipayung berasal dari keturunan Guru Taun dari Silalahi Nabolak. Guru Taun memiliki banyak keturunan dan beberapa istri namun semua keturunannya memakai marga Sipayung. Keturunannya kemudian menyebar ke Karo, Simalungun dan Samosir. Bersama keturunan Situngkir, Sipayung ada di Lumban Sipayung Parbaba dan sekitar Pangururan, Samosir. Keturunan Sipayung juga kemudian menyebar ke Tanah Karo dan Simalungun. Di Tanah Karo mereka di sebut Sembiring Sinupayung. Marga Sipayung memiliki saudara seayah-seibu, yaitu marga Sipangkar.

Pada Suku Batak Simalungun, kehadiran marga Sipayung dapat diterima setelah marga Sipayung mengikat "padan" atau sumpah dengan marga Sinaga. Tidak heran kemudian , kalau di Simalungun, marga Sipayung seringkali disamakan denga marga Sinaga. Akibat padan ini, kekerabatan antara Sinaga dan Sipayung di Simalungun sangat begitu dekat. Di Simalungun Kahean, dahulu seringkali didapati penamaan Sipayung Sinaga , yang menyatakan sebenarnya bahwa marga mereka adalah Sipayung.

Menurut cerita, keberadaan Sipayung di Simalungun berasal dari daerah Soping dan menyebar ke kerajaan Purba, Silimakuuta dan Dolog Silou. Dari Kerajaan Dolog Silou (sekitar Dolog Marawa/Marubun )yang kemudian barulah kemudian menyebar ke daerah Simalungun hilir lainnya. Pada zaman kolonial Belanda, Kerajaan Dolog Silou terbagi dalam distrik Dolog Silou dan Silou Kahean. Meski di Kabupaten Bogor Jawa Barat terdapat kesamaan nama, yaitu Desa Sipayung atau Cipayung di DKI Jakarta, namaun kondisi ini tidak memiliki korelasi apapun.