Sintuk, Sintuk Toboh Gadang, Padang Pariaman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Sintuk
Nagari
Negara  Indonesia
Provinsi Sumatera Barat
Kabupaten Padang Pariaman
Kecamatan Sintuk Toboh Gadang
Kodepos 25582
Luas 9,68 km²
Jumlah penduduk 8.224 jiwa (2010)
Kepadatan 850 jiwa/km²

Sintuk (bahasa Minangkabau: Sintuak) adalah sebuah nagari yang berada di wilayah Kecamatan Sintuk Toboh Gadang, Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat, Indonesia.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Wilayah Kec. Sintuk berbentuk dataran rendah dan ada pula yang berbukit. Nagari Sintuk mencakup wilayah seluas 1.247 hektare (9,68 km², di mana wilayahnya telah dimanfaatkan untuk lahan sawah (34,12%), ladang (22,34%), perkebunan (27,16%), perumahan (4,37%), jalan umum (1,39%), dan lain-lain (10,62%).

Perbatasan[sunting | sunting sumber]

Utara Kecamatan VI Lingkung
Selatan Kecamatan Lubuk Alung
Barat Nagari Toboh Gadang
Timur Kecamatan Lubuk Alung

Pembagian administratif[sunting | sunting sumber]

Nagari Sintuk terbagi atas 9 korong, yakni:

  1. Balai Usang
  2. Batang Tapakis
  3. Palembayan
  4. Rimbo Karanggo
  5. Simpang Ampek
  6. Simpang Tigo
  7. Tanjuang Pisang
  8. Tembok
  9. Toboh Baru

Demografi[sunting | sunting sumber]

Sesuai dengan hasil pendataan pada tahun 2013, penduduk Nagari Sintuk berjumlah 9.028 jiwa, di mana laki-laki berjumlah 4.663 jiwa dan perempuan 4365 jiwa. Di Sintuk terdapat 2.114 kepala keluarga.

Warga Sintuk sebagian besar bergerak di sektor pertanian, peternakan, dan perikanan. Selain itu, ada pula yang bekerja di sektor industri rumah tangga, seperti kerupuk ubi dan batu bata. Penduduk Sintuk sendiri beragam profesinya, seperti pedagang, tukang kayu dan tukang batu. Tidak ketinggalan yang bergerak di bidang jasa, karyawan swasta, PNS, TNI, Polri dan anggota dewan.

Suku[sunting | sunting sumber]

Terdapat 6 suku (klan) yang menghuni Nagari Sintuk, yaitu:

  1. Guci
  2. Jambak
  3. Koto
  4. Panyalai
  5. Sikumbang
  6. Tanjung

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Produk unggulan di Nagari Sintuk terdiri dari hasil pertanian berupa padi, palawija, ayam broiler, perkebunan kelapa, dan kakao. Di samping itu ada pula industri kecil seperti batu bata. Terakhir aneka industri rumah tangga dan produk olahan pertanian dalam bentuk kerupuk ubi, tempurung kelapa, dan sapu lidi.

Prasarana[sunting | sunting sumber]

Nagari Sintuk memiliki pasar yang cukup memberikan peran dalam menunjang perekonomian dalam kehidupan masyarakat. Hampir 100² wilayahnya dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor roda empat. 75% dari panjang jalan yang ada telah beraspal. Seluruh korong telah dialiri lampu listrik. Termasuk fasilitas air bersih juga sudah tersedia dan telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Di bidang pendidikan, terdapat 8 sekolah dasar, 1 sekolah menengah pertama, dan 1 madrasah aliyah negeri. Untuk fasilitas olahraga, terdapat sebuah lapangan sepak bola dan beberapa lapangan bulu tangkis dan sepak takraw.

Prasarana kesehatan yang ada di Sintuk adalah puskesmas di Korong Simpang Tigo serta puskesmas pembantu di Korong Simpang Ampek dan Tanjung Pisang.