Simbol nasional Belarus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Setelah kemerdekaan Belarus dari Uni Soviet, negara tersebut membangkitkan kembali simbol nasional yang digunakan sebelum era Soviet. Simbol ini termasuk bendera garis merah dan putih dan lambang yang terdiri dari ksatria yang sedang menunggang kuda. Simbol nasional ini digantikan oleh simbol era Soviet yang disengketakan tahun 1995. Kedua simbol tersebut, bersamaan dengan lagu kebangsaannya, merupakan simbol nasional Belarus yang telah didefinisikan secara konstitusional.

Hukum[sunting | sunting sumber]

Dalam Konstitusi Belarus tahun 1994, Pasal 19 mencantumkan simbol resmi negara tersebut. Pasal 19 tersebut berbunyi:

Setiap simbol nasional ditentukan lebih lanjut oleh masing-masing undang-undang. Penggunaan simbol nasional tercakup dalam hukum yang relevan dari setiap simbol.

Bendera kebangsaan[sunting | sunting sumber]

Bendera kebangsaan

Bendera nasional telah digunakan sejak 7 Juni 1995, satu dari dua simbol yang diadopsi dalam referendum 1995. Unsur utama bendera adalah dua warna yaitu merah dan hijau, yang kemudian dihiasi dengan pola ornamen pada posisi kerekan bendera. Bendera saat ini adalah modifikasi dari bendera tahun 1951 yang digunakan sementara negara republik Uni Soviet. Dalam versi Soviet, sebuah palu dan sabit ditempatkan di dekat sudut kerekan atas dan warna ornamennya terbalik. Beberapa bendera yang digunakan oleh pejabat pemerintah dan agensi didasarkan pada bendera nasional.

Meskipun diganti, bekas bendera Belarus digunakan oleh mereka yang menentang Presiden Belarus saat ini, yaitu Alexander Lukashenko. Bendera terdahulu yang berlatar belakang putih dengan garis horizontal merah di tengahnya. Ini digunakan oleh Republik Nasional Belarusia dan segera setelah kemerdekaannya dari Uni Soviet pada tahun 1991.

Lambang nasional[sunting | sunting sumber]

Lambang nasional

Simbol nasional lainnya yang dipilih dalam referendum 1995 adalah lambang nasional. Elemen lambang termasuk pita warna bendera nasional, peta Belarus, gandum dan bintang merah. Pada dasar pita, lambang ini menyebutkan nama resmi negara tersebut dalam bahasa Belarusia. Lambang ini merupakan acuan yang digunakan oleh RSS Byelorusia, yang dirancang oleh Ivan Dubasov pada tahun 1950. Dalam versi Soviet, sebuah palu dan arit menggantikan peta Belarus dan pitanya berwarna merah. Di pita kiri dan kanan, moto Soviet Para pekerja seluruh dunia, bersatulah! muncul dalam bahasa Belarus dan Rusia.

Lambang nasional yang digunakan pada saat BNR dana pasckemerdekaan Soviet disebut Pahonia (pengejaran). Di dasar perisai merah, seorang ksatria kulit lapis baja dipasang di atas kuda perak, dengan pedang yang ditarik dan ditumpuk ke kiri. Pada perisai ksatria, salib Patriarkal emas ditampilkan. Sebuah varian dari Pahonia digunakan sebagai lambang dari Lituania.

Lagu kebangsaan[sunting | sunting sumber]

Satu-satunya simbol yang tidak berubah selama kemerdekaan adalah lagu kebangsaan. Diadopsi pada era Soviet, "My Belarusy" digunakan sementara hingga tahun 2002. Satu-satunya perubahan yang terjadi adalah kejatuhan lirik era Soviet dan memilih hanya dengan menggunakan musik, yang disusun oleh Nyestar Sakalowski. Pada tanggal 2 Juli 2002, Presiden Lukashenko mengeluarkan sebuah dekrit yang mengadopsi lirik baru untuk lagu kebangsaan tersebut, yang ditulis oleh Uladzimir Karyzny. Klimkovich juga menulis lirik lagu kebangsaan RSS Byelorusia. Tidak hanya lirik yang dipilih, panduan protokol yang terkait dengan lagu kebangsaan dirilis oleh Lukashenko. Alasan yang diberikan untuk menjaga musik Sakalowski adalah untuk mempertahankan tradisi bersejarah negara ini. Sementara rujukan atas Lenin, Partai Komunis Uni Soviet dan gagasan persaudaraan Soviet dibatalkan, di mana gagasan umum tentang "persahabatan masyarakat" masih tetap ada. Menurut Pemerintah Belarusia, setelah lagu kebangsaan diadopsi, proses yang panjang untuk mengadopsi tiga simbol nasional Belarus telah selesai.

Simbol bersejarah[sunting | sunting sumber]

Simbol tidak resmi[sunting | sunting sumber]

Selain bendera nasional, lagu kebangsaan dan lambang, Belarus memiliki beberapa simbol tidak resmi. Salib Saint Euphrosyne, yaitu sebuah relik abad ke-12 yang hilang selama Perang Dunia Kedua dianggap sebagai simbol spiritual Belarus. Bison Eropa, yang biasa disebut bison eropa, dipandang sebagai simbol Belarus dan Hutan Białowieża. Hal ini juga ditampilkan pada simbol-simbol Provinsi Brest. Maskot lain yang terkenal dari Belarus adalah bangau dan bunga cornflower.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Webportal of the President of the Republic of Belarus Section One of the Constitution. Published 1994, amended in 1996. Retrieved June 7, 2007.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]