Siklus anovulasi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Siklus anovulasi adalah siklus menstruasi yang ditandai dengan tidak adanya ovulasi dan fase luteal. Anovulasi terjadi ketika siklus menstruasi wanita tidak mengalami ovulasi dan fase luteal seperti wanita normal pada umumnya, biasanya durasinya mungkin juga bervariasi dari siklus menstruasi biasa.[1]

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Gangguan ovulasi menyumbang sekitar 30% infertilitas dan sering muncul dengan menstruasi yang tidak teratur (oligomenorea) atau tidak adanya menstruasi (amenorea).[2]

Penyebab[sunting | sunting sumber]

Masalah Tiroid[sunting | sunting sumber]

Ketika seorang wanita mengalami kesulitan untuk hamil, evaluasi fungsi tiroidnya yang optimal harus selalu diperhatikan. Masalah tiroid muncul dalam dua bentuk; hipotiroidisme (fungsi tiroid rendah) dan hipertiroidisme (fungsi tiroid berlebihan).

  • Hipotirodisme, adalah faktor umum yang jarang terdeteksi dalam siklus menstruasi dan masalah kesuburan. karena adanya ketidakseimbangan hormon tiroid di dalam ovarium.
  • Hipertiroidisme, adalah suatu kondisi di mana produksi hormon tiroid dalam jumlah berlebihan menyebabkan stimulasi berlebihan pada tubuh yang dapat menyebabkan gejala seperti kecemasan, detak jantung cepat, pengeroposan tulang, dan kesulitan hamil.

Penatalaksanaan[sunting | sunting sumber]

Jika pasien menginginkan kesuburan, kontrasepsi tidak lagi sejalan dengan tujuan pengobatannya, maka pilihan pengobatan medisnya mencakup terapi progestin saja dan kontrasepsi hormonal kombinasi. Terapi progestin tersedia dalam beberapa bentuk, termasuk alat kontrasepsi dalam rahim (IUD), injeksi intramuskular, dan pil hormonal oral khusus progestin. Progestin non-kontrasepsi dapat diresepkan secara siklik (7 hingga 10 hari setiap bulan) untuk menginduksi perdarahan putus obat secara teratur.

[3]

[4]Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pratiwi, Amanda (11-04-2022). "Kupas Tuntas Anovulasi, Ketika Sel Telur Wanita Tak Lepas". hellosehat. Diakses tanggal 17-03-2024. 
  2. ^ Fairley, Taylor, Diana, Alison (2003-09-06). "ABC subfertilitas: Anovulasi - PMC". National Institutes of Health (NIH). Diakses tanggal 2024-03-17. 
  3. ^ Jones, Katrina; Sung, Sharon (2024). Anovulatory Bleeding. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing. PMID 31747180. 
  4. ^ Harper, Ruthie. "Medical Causes of Irregular or Anovulatory Cycles". Ruthie Paper, MD. Diakses tanggal 2024-03-17.