Lompat ke isi

Sikatan narsis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sikatan narsis
Ficedula narcissina Edit nilai pada Wikidata

Male in Osaka, Japan
Female
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN103769227 Edit nilai pada Wikidata
Taksonomi
DivisiManiraptoriformes
KelasAves
OrdoEupasseres
SuperfamiliMuscicapoidea
FamiliMuscicapidae
GenusFicedula
SpesiesFicedula narcissina Edit nilai pada Wikidata
Temminck, 1836
Tipe taksonomiFicedula Edit nilai pada Wikidata
Distribusi

Breeding ranges of species within the complex. The wintering zone indicated is for F. zanthopygia alone.

Sikatan narsis ( Ficedula narcissina ) adalah burung pengicau dalam keluarga penangkap lalat Dunia Lama . Ia berasal dari Palearctic Timur, dari Sakhalin ke utara, melalui Jepun melintasi Korea, daratan China, dan Taiwan, musim sejuk di Asia Tenggara, termasuk Filipina, Vietnam dan Kalimantan . Ia bermigrasi tinggi, dan ditemukan sebagai gelandangan dari Australia di selatan hingga Alaska di utara [1] .

Sikatan narsis jantan sangat khas dalam bulu berkembang biak penuh, memiliki mahkota dan mantel hitam, tenggorokan oranye terang dengan dada dan bagian bawah lebih pucat, alis oranye-kuning, sayap hitam dengan bercak sayap putih, pantat oranye-kuning, dan a ekor hitam. Jantan yang tidak kawin memiliki tingkat warna kuning yang bervariasi. Betinanya benar-benar berbeda, dengan warna umumnya coklat kekuning-kuningan, dengan sayap berwarna berkarat, dan mata dua warna.

Spesies ini terutama memakan serangga, dan hidup di hutan gugur. Jantan yang sedang berkembang biak bernyanyi dengan siulan merdu yang berulang-ulang. [2]

Terdapat beberapa subspesies, sebagian besar ditentukan oleh variasi bulu dan wilayah jelajah, setidaknya dua di antaranya telah dipisahkan sebagai spesies terpisah. F.n. narcissina, ras nominasi, ditemukan dari Sakhalin selatan hingga Filipina.

Sikatan narsis tiba di Asia Tenggara pada awal Mei untuk memulai perilaku kawin. Jantan tiba sebelum betina untuk menyiapkan sarang yang akan membantu dalam pemilihan pasangan sekaligus tempat berlindung. Karena familiar dengan ritual tersebut, jantan yang lebih tua biasanya tiba di daerah tersebut lebih cepat dibandingkan jantan yang lebih muda.

Nama burung tersebut mengacu pada warna kuning pada banyak varietas bunga narsisis .

Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ BirdLife International (2017). "Ficedula narcissina". 2017: e.T103769227A111166648. doi:10.2305/IUCN.UK.2017-1.RLTS.T103769227A111166648.en. 
  2. ^ "Species Updates – IOC World Bird List" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-05-27.