Sigit Djokosoetono

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sigit Djokosoetono
Lahir15 April 1971 (umur 53)
Jakarta
Warga negaraIndonesia
PekerjaanPengusaha, Direktur Utama PT Blue Bird Tbk[1]
Orang tuaChandra Soeharto Djokosoetono (ayah)

Sigit Djokosoetono (1971-) adalah pengusaha berkebangsaan Indonesia.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Ia lahir di Jakarta pada tahun 1971. Sigit merupakan anak dari Chandra Soeharto Djokosoetono dan cucu dari Mutiara Siti Fatimah Djokosoetono, keduanya merupakan pendiri perusahaan taksi terbesar di Indonesia, PT Blue Bird Tbk.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Sigit Djokosoetono memperoleh gelar pendidikan pertama di Universitas Trisakti sebagai Sarjana Teknik mesin pada tahun 1993. Sigit meneruskan jenjang pendidikannya untuk memperoleh Ilmu Administrasi Bisnis di Simon School of Business Universitas Rochester New York, United States hingga ia memperoleh gelar Master of Business Administration (MBA) pada tahun 1997. Lebih lanjut, Sigit melanjutkan pendidikan di Harvard Business School pada tahun 2016 hingga 2018.

Karir[sunting | sunting sumber]

Sebagai perusahaan yang menempatkan kepuasan pengguna sebagai kunci pelayanan, Sigit memulai karir sebagai Senior Operational Manager PT Bluebird Tbk pada tahun 1997. Dia ditempatkan di Central Operation Department, inti dari bisnis Bluebird yang mengelola semua pemesanan, sistem reservasi, operasi penjualan dan juga layanan penanganan pelanggan. Beliau juga memegang berbagai posisi Direktur dan Komisaris di perusahaan sejenis lainnya dalam perusahaan.

Sebagai bentuk sumbangsih pada perkembangan sektor transportasi di Indonesia, Sigit pernah mengemban tugas sebagai Kepala Departemen Penelitian dan Pengembangan di Organisasi Angkutan Darat(Organda) DKI Jakarta pada tahun 2004 hingga 2009.

Pada tahun 2012 Sigit ditunjuk sebagai Direktur Perusahaan. Dia bertanggung jawab untuk operasi non-taksi, armada rental,dan bus. Berkat pengalamannya selama 9 tahun menjadi Direktur Perusahaan dan bukti nyata komitmen dalam pengembangan layanan lewat penerapan teknologi, Sigit resmi ditunjuk sebagai Direktur Utama Perusahaan berdasarkan keputusan pemegang saham melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan pada Agustus 2021.

Sepanjang karirnya, Sigit telah terlibat dan menjalankan inisiatif strategi perusahaan. Visi yang ia bawa dalam perusahaan adalah membawa pengengembangan dalam penerapan teknologi tanpa mengurangi sentuhan manusia di dalamnya, termasuk pengembangan aplikasi pemesanan My BlueBird, sistem reservasi dan layanan pelanggan.[2] Serta pembayaran non-tunai untuk meningkatkan kenyamanan perjalanan pelanggan secara keseluruhan.[3]

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Sigit dikenal sebagai pecinta sepeda berjenis All Mountain Enduro dan scuba diver. Sigit tergabung dalam Yeti Tribe Indonesia pada tahun 2018 dan ditunjuk sebagai ketua pada tahun 2019. Sigit tercatat pernah mengikuti event dan kompetisi bersepeda Indurocs pada tahun 2019 dan 2021. Ia Sigit tercatat memegang lisensi Advance Open Water, Deep Dive, Wreck Dive, Night Dive dan Peak Performance Bouyancy dari Professional Association of Diving Instructors (PADI).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Laucereno, Sylke Febrina. "Sigit Djokosoetono Jadi Bos Baru Blue Bird". detikcom. Diakses tanggal 2021-09-17. 
  2. ^ "KAI-Bluebird Perluas Kerja Sama Layanan". investor.id. Diakses tanggal 2021-09-17. 
  3. ^ Catriana, Elsa (2019-11-21). Jatmiko, Bambang Priyo, ed. "Tanpa Repot, Begini Cara Memesan Blue Bird Melalui DANA". Kompas.com. Diakses tanggal 2021-09-17.