Professional Association of Diving Instructors

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Professional Association of Diving Instructors
Logo of PADI.svg
Singkatan PADI
Slogan The Way the World Learns to Dive
Tanggal pembentukan 1966
Kantor pusat Rancho Santa Margarita, California, Amerika Serikat
Jumlah anggota
lebih dari 130.000 penyelam profesional, 6.000 pusat selam dan resor
Pimpinan Drew Richardson
Afiliasi DSAT
Project AWARE
Emergency First Response
Current Publishing
Situs web http://www.padi.com
Sistem pelatihan PADI

Professional Association of Diving Instructors (PADI) adalah organisasi pelatihan penyelam dan selam rekreasi terbesar di dunia yang didirikan oleh pada tahun 1966 oleh John Cronin dan Ralph Erickson.[1] Cronin sebelumnya adalah instruktur NAUI yang memutuskan untuk mendirikan organisasi sendiri bersama Erickson, dan membagi-bagi pelajaran selam rekreasi menjadi kursus-kursus terpisah dan bukan satu kursus universal yang umum pada waktu itu.[2]

Kursus PADI dimuali dari tingkat pemula (seperti "Scuba Diver" dan "Open Water Diver") hingga tingkat lanjut "Master Scuba Diver" serta sejumlah sertifikasi instruktur. Di bawah merek PADI TecRec, PADI juga menawarkan berbagai kursus menyelam teknis, termasuk selam dekompresi, selam trimix, dan gas blending. Selain itu, perusahaan saudari dari PADI yang bernama Emergency First Response Corp memberikan latihan pertolongan pertama dan program CPR untuk orang awam, termasuk program keselamatan tempat kerja di Australia, Kanada, dan Britania Raya.

Sistem PADI terdiri dari modul-modul terpisah yang masing-masing memiliki objektif terstandarisasi, dibagi menjadi pengetahuan teori dan keterampilan praktis. Teori dapat dipelajari sendiri lewat buku-buku, pengajaran berbasis komputer melalui CD-ROM atau pembelajaran daring.[3] Semua pilihan kursus dilengkapi dengan video untuk membantu siswa penyelam memvisualisasikan bahan pelajaran yang telah dibaca. Ujian kecakapan pengetahuan dilakukan oleh instruktur scuba. Keterampilan praktis menyelam didapat setelah melalui latihan di air (kolam renang atau air yang relatif dangkal) dan ujian menyelam di laut open water. Siswa yang lulus pendidikan selam mendapat sertifikat berupa kartu plastik sebagai tanda lulus pendidikan dasar menyelam, serta dinyatakan layak untuk melakukan aktivitas selam scuba.

Kursus-kursus PADI adalah program selam berdasarkan prestasi yang diperlihatkan, dan pada tingkat pengenalan menekankan pada pengetahuan praktis, keselamatan, dan keterampilan motorik. Dasar-dasar fisika selam, fisiologi, dan kimia dimasukkan ke dalam program-program tingkat pemula. Detail lebih esoterik dari konsep-konsep selam dipelajari pada kursus tingkat lanjut setelah penyelam telah menguasai pengetahuan praktis dan mendapat pengalaman di atas tingkat pemula. Praktik-praktik tersebut masuk ke dalam filsafat belajar modern dan diperbarui secara reguler melalui tinjauan sejawat.[4][5]

PADI adalah anggota dari dewan-dewan selam sebagai berikut: World Recreational Scuba Training Council - RSTC Amerika Serikat, RSTC Kanada, RSTC Eropa, dan C-Card Council (Jepang).[6][7][8][9]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ DAN News (2003-07-17). "PADI CEO & Co-Founder John Cronin Dies at Age 74". Divers Alert Network. Diakses tanggal 2008-09-24. 
  2. ^ Tillman, Tom. "The history of PADI". Scuba America Historical Foundation. Diakses tanggal 2009-05-23. 
  3. ^ PADI. "PADI eLearning". Professional Association of Diving Instructors. Diakses tanggal 2008-09-24. 
  4. ^ Richardson, D and Shreeves, K (1996). "The PADI Enriched Air Diver course and DSAT oxygen exposure limits.". South Pacific Underwater Medicine Society Journal 26 (3). ISSN 0813-1988. OCLC 16986801. Diakses tanggal 2008-05-02. 
  5. ^ Richardson, D and Shreeves, K (1998). "The PADI approach to diver rescue training.". South Pacific Underwater Medicine Society Journal 28 (2). ISSN 0813-1988. OCLC 16986801. Diakses tanggal 2008-04-26. 
  6. ^ "United States Agencies". WRSTC. Diakses tanggal 11 December 2012. 
  7. ^ "Canadian Agencies". WRSTC. Diakses tanggal 11 December 2012. 
  8. ^ "European Agencies". WRSTC. Diakses tanggal 11 December 2012. 
  9. ^ "Japan Agencies". WRSTC. Diakses tanggal 12 December 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]