Sibylle dari Anjou

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sibylle dari Anjou
Comtesse Flandria
Pemakaman
Biara Santo Lazarus
WangsaWangsa Anjou (oleh kelahiran)
Wangsa Norman (oleh pernikahan pertama)
Wangsa Metz (oleh pernikahan kedua)
AyahFoulques, Raja Yerusalem
IbuErembourg, Comtesse Maine
PasanganGuillaume Cliton, Comte Flandria
menikah 1123; dibatalkan 1124
Thierry, Comte Flandria
menikah 1139; menjanda 1165
AnakPhilippe I, Comte Flandria
Mathieu, Comte Boulogne
Marguerite I, Comtesse Flandria
Gertrude dari Flandria, Comtesse Savoia
Mathilde, Kepala Biarawati Fontevrault
Pierre, Uskup dari Cambrai

Sibylle dari Anjou (sekitar 1112 – 1165) merupakan putri Foulques V dari Anjou dan Erembourg, Comtesse Maine, dan istri Guillaume Cliton dan Thierry, Comte Flandria.

Pada tahun 1123 Sibylle menikah dengan Guillaume Cliton, putra Robert Curthose, Normandia dan calon Comte Flandria. Sibylle membawa Kabupaten Maine ke pernikahan tersebut, yang dibatalkan pada tahun 1124 atas dasar pertalian darah. Pembatalan tersebut dibuat oleh Paus Honorius II atas permintaan dari Henry I dari Inggris, paman Guillaume; Foulques menentangnya dan tidak setuju sampai Honorius mengucilkannya dan menempatkan larangan atas Anjou. Sibylle kemudian menemani ayahnya ke Perang Salib Kerajaan Yerusalem, di mana ia menikahi Melisende, ahli waris kerajaan, dan menjadi raja pada tahun 1131. Pada tahun 1139 ia menikah dengan Thierry, Comte Flandria, yang tiba ke tempat ziarahnya di Tanah Suci.

Ia kembali ke Flandria dengan suami barunya, dan selama ketidak hadirannya di Perang Salib Kedua Sibylle yang sedang hamil bertindak sebagai rekan pemimpin di kabupaten tersebut. Baudouin IV, Comte Hainaut mengambil kesempatan untuk menyerang Flandria, tetapi Sibylle memimpin serangan balasan dan menjarah Hainaut. Sebagai balasannya Baudouin merusak Artois. Uskup Agung Reims ikut campur dan perdamaian di tandatangani, tetapi Thierry membalas dendam kepada Baudouin ketika ia kembali pada tahun 1149.

Pada tahun 1157 ia melakukan perjalanan dengan Thierry pada ziarahnya yang ketiga, tetapi setelah tiba di Yerusalem ia berpisah dengan suaminya dan menolak untuk kembali bersamanya. Ia menjadi seorang biarawati di Santa Maria dan Marta di Betania, di mana bibi tirinya, Ioveta dari Betania, adalah seorang kepala biarawati. Ioveta dan Sibylle mendukung Ratu Melisende dan mengendalikan beberapa gereja, dan mendukung pemilihan Amalric dari Nesle sebagai Kepala Keluarga Latin dari Yerusalem atas sejumlah kandidat lainnya. Sibylle meninggal di Betania pada tahun 1165.

Keturunan[sunting | sunting sumber]

Sibylle memiliki enam orang anak dengan Thierry:

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Sumber[sunting | sunting sumber]