Shirley Ardell Mason

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Shirley Ardell Mason

Shirley Ardell Mason
Lahir 25 Januari 1923
Meninggal 26 Februari 1998 (umur 75)
Kebangsaan  American
Nama panggilan Sybil Isabel Dorsett
Dikenal karena Orang dengan pemecahan kepribadian

Shirley Ardell Mason (Dodge Center, Minnesota, 25 Januari 192326 Februari 1998), adalah seorang wanita yang kehidupannya didokumentasikan di buku dan film dengan nama Sybil Isabel Dorsett untuk melindungi identitas aslinya. Buku itu ditulis oleh Flora Rheta Schreiber dan diterbitkan pada tahun 1973 (diterbitkan di Indonesia tahun 1982 oleh PT. Sinar Harapan). Filmnya pun sudah dibuat dan diudarakan tahun 1976 di CBS.

Sybil bercerita tentang seorang gadis dengan kepribadian yang terpecah sehingga sampai terdapat 16 kepribadian dalam satu tubuh. Enam belas pribadi itu adalah: Clara, Helen, Marcia, Marjorie, Mary, Mike (laki-laki), Nancy Lou Ann Baldwin, Peggy Ann Baldwin, Peggy Lou Baldwin, Ruthie, Sid (laki-laki), Sybil Ann, Sybil Isabel Dorsett, Vanessa Gaile, Victoria Antoniette Shcarleu (Vicky) dan kepribadian terakhir yang tak diketahui namanya.

Riwayat hidup[sunting | sunting sumber]

Shirley Ardell Mason, lahir di Dodge Center, Minnesota, dari Walter Mason dan Martha Alice Hageman Mason (untuk selanjutnya kita sebut Sybil). Menurut versi buku, Sybil seorang anak yang sering disiksa ibunya dengan tangan, juga terlalu mengawasi anak secara berlebih-lebihan sehingga si anak merasa tertekan.

Sybil kemudian pindah ke kota New York pada awal tahun 1950-an untuk melanjutkan kuliah di Universitas Columbia. Setelah kehilangan ingatan (karena tubuhnya sering digantikan pribadi lainnya), dia mulai mengunjungi seorang psikiater, Dr. Cornelia B. Wilbur, yang kemudian mendiagnosisnya menderita kepribadian ganda yang terpecah. Wilbur menemukan 16 kepribadian yang masing-masing berbeda antar satu dengan yang lain dalam diri Sybil dan percaya bahwa hal itu diakibatkan karena beberapa perlakuan yang kejam yang dilakukan oleh ibunya. Selama 11 tahun menjalani terapi, Wilbur dan sybil bekerjasama untuk menyatukan kembali pribadi-pribadi itu dalam satu tubuh.

Schreiber menulis buku itu berdasarkan keterangan dari Sybil dan Dr. Wilbur. Dalam bukunya semua nama dan tempat diubah demi melindungi identitas Sybil yang sebenarnya. Buku itu meledak penjualannya dan segera dibuatkan drama serinya di stasiun TV CBS dengan Sally Field sebagai Sybil and Joanne Woodward sebagai Dr. Wilbur. Atas peran itu Sally Field memenangkan Emmy Award, dan cerita tentang Sybil pun memengaruhi budaya pop Amerika dan pekerjaan para mentalis.

Setelah bukunya diterbitkan, Sybil pindah ke Point Pleasant, West Virginia dan kemudian ke Lexington, Kentucky. Wilbur mengajar di Universitas Kentucky, dan Sybil menjadi guru seni. Dia tinggal dengan damai di Kentucky, pergi ke Gereja Adventis-Hari ke Tujuh, mempunyai hewan piaraan, bermain-main Scrabble dengan Wilbur dan teman-teman dekatnya. Tahun 1998, Sybil meninggal karena kanker payudara pada umur 75 tahun.

Pada tahun-tahun terkini, dokter dan lainnya memperdebatkan apakah kepribadian ganda itu benar-benar ada. Beberapa orang mengklaim bahwa 16 kepribadian Mason diciptakan oleh sugesti Wilbur selama terapi. Keadaan itu makin rumit oleh fakta bahwa Wilbur tak pernah menerbitkan laporan kasus itu dalam jurnal ilmiah manapun. Mason dan Wilbur sudah meninggal (Wilbur meninggal pada tahun 1992), sehingga kita tak pernah tau tentang kisah luar biasa ini. Konon Swales akan meneliti fakta buku bahwa kehidupan Mason sebenarnya bertentangan dengan laporan amat fiktif karya Schreiber, yang telah mempresentasikan karya berjudul Gnosis vs. Diagnosis: Sybil's Last Stand pada tanggal 15 April 2000, Szasz Symposium diselenggarakan di Syracuse, New York.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]