Shangyu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Shangyu (Mandarin : 上虞) (pinyin: Shàngyú) adalah kabupaten-kota yang merupakan bagian dari prefektur tingkat kota shaoxing di timur laut dari provinsi Zhejiang Republik Rakyat Tiongkok. Pada tahun 2004 populasinya mencapai lebih dari 770.000 orang, yang asalnya 722,523 dari sensus penduduk pada tahun 2000. luas Shangyu kira-kira lima puluh kilometer dari utara ke selatan dan sekitar tiga puluh kilometer dari timur ke barat. luas tersebut satu perempat dari keseluruhan luas prefektur shaoxing. sebuah sungai menhalir ke utara melalui Shangyu.

Baiguan[sunting | sunting sumber]

Pusat kota shangyu yaitu Baiguan, Terletk di sungai Cao E (曹娥江) sungai mengalir dari perbukitan yang menyusun lebih dari separuh daerah,ke dalam tanah endapan datar berbatasan dengan teluk Hangzhou. di Sungai ini diadakan Cao E. untuk mengenang seorang gadis yang meninggal di sungai untuk mengambil jasad ayahnya (Cao Xu)ketika hadir dalam upacara untuk mengenang Wu Zixu yang sendirinya terkenal karena xiao, kuil cao'e (曹娥庙) dinamai demikian setelah seorang gadis berusia empat belas tahun yang menjadi terkenal di 143 sebelum masehi untuk kesetiaan berbakti pada kuil cao'e.

Baiguan terletak sekitar 28 kilometer sebelah timur pusat kota Shaoxing. Kereta api dari Hangzhou ke Ningbo melewati Baiguan, dan jalan raya super baru antara Hangzhou dan Ningbo skirt Baiguan. si Shangyu, Baiguan terletak di sebelah barat laut. Jalan raya Hangzhou-Ningbo (kebanyakan timur-barat) berpotongan dengan superhighway yang masuk ke selatan , melalui Wenzhou dan Fuzhou, lalu sampai ke Guangzhou.

Dinamai "Baiguan" (百官) "Bai" maksudnya "Seratus" dan "guan" berarti seorang pejabat layanan sipil kekaisaran. Kota ini menjadi terkenal karena menghasilkan banyak sarjana yang menjadi pejabat dengan melewati ujian kekaisaran layanan sipil.

Budaya[sunting | sunting sumber]

Dalam legenda tragis dari The Butterfly Lovers, wanita muda itu dari Shangyu dan lelaki muda itu dari Shaoxing. Dua buku oleh Zhang Jin Huan (章 金焕) yang diterbitkan oleh Universitas Zhejiang dengan kesepakatan porselen (kebanyakan celadon) ​​diproduksi di Cao E Lembah Sungai di Shangyu dimulai pada dinasti Han timur :ShangYu Yue Kilns (上虞越窑)(2007) ISBN 978-7-308-05462-1, dan Yue Porcelain Gems (越瓷瑰宝)(2009) ISBN 978-7-308-06531-3.

Industri[sunting | sunting sumber]

Shangyu memiliki lebih dari seribu pabrik payung, ini terkonsentrasi di Songxia, sekitar delapan kilometer barat laut Baiguan.

Koordinat: 30°01′LU 120°52′BT / 30,017°LU 120,867°BT / 30.017; 120.867