Lompat ke isi

Sfinks Agung Tanis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sfinks Agung Tanis
Bahan bakuGranit
Dibuatca 2550 SM
DitemukanTanis, Sharqia, Mesir
Lokasi sekarangParis, Ile-de-France, Prancis

Sfinks Agung Tanis adalah patung granit berwujud sfinks, yang sedini mungkin berasal dari abad ke-26 SM. Patung ini ditemukan di reruntuhan Kuil Amun-Ra di Tanis, ibu kota Mesir selama Dinasti ke-21 dan Dinasti ke-23. Patung ini diciptakan lebih awal, tetapi kapan tepatnya masih menjadi perdebatan dengan hipotesis Dinasti ke-4 atau Dinasti ke-12.[1] Yang tersisa dari inskripsi asli adalah bagian-bagian yang menyebut firaun Amenemhat II (Dinasti ke-12), Merneptah (Dinasti ke-19) dan Shoshenq I (Dinasti ke-22).

Tulisan Merneptah di bahu kanan Sfinks

Museum Louvre memperoleh patung tersebut pada tahun 1826 sebagai bagian dari koleksi Mesir kedua oleh Henry Salt, pembeliannya dipimpin oleh Jean-François Champollion atas nama negara Prancis. Pada awalnya, patung direncanakan ditaruh di luar ruangan, di tengah-tengah Cour Carrée,[2] tetapi hal itu tidak terlaksana. Alih-alih, sfinks dipamerkan di halaman depan museum, sejak saat itu dikenal sebagai cour du Sphinx, dari 1828 hingga 1848,[3] saat patung tersebut dipindahkan galerie Henri IV, yang masih merupakan ruangan patung monumental utama di Departemen Mesir. Pada pertengahan 1930-an, Sfinks dipindahkan ke lokasi sekarang di ruang bawah tanah yang dibuat oleh arsitek Louvre bernama Albert Ferran untuk menghubungkan dua bagian sayap selatan Cour Carrée.

Lihat juga

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ "Statue colossale ; Sphinx de Tanis". Louvre. 
  2. ^ Lebrun (1828). Manuel complet du voyageur dans Paris, ou Nouveau guide de l'étranger dans cette capitale. Paris: Roret. hlm. 131. 
  3. ^ Guillaume Fonkenell (2018). Le Louvre : Le palais à travers les siècles. Paris: Honoré Clair / Louvre éditions. hlm. 49.