Severus Ibn al-Muqaffaʿ

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Severus ibn al-Muqaffaʿ (Arab: ساويرس بن المقفع) atau Severus El Ashmunein (ساويرس الأشمونينساويرس الأشمونين)[1] (†987) merupakan seorang Uskup Ortodoks Koptik, ia juga adalah seorang penulis dan sejarawan. Dalam bahasa Arab, namanya dieja Sawires ساويرس. Severus kadang-kadang disamakan dengan ibn al-Muqaffa'.

Dia adalah uskup Hermopolis Magna di Mesir Hulu pada sekitar akhir abad ke-10. Pada periode ini, Mesir diperintah oleh Ismailiyah dari Kekhalifahan Fatimiyah, yang telah mengambil Mesir dari Kekhalifahan Abbasiyah pada tahun 969. Pemerintahan Fatimiyah perlahan tapi pasti mengubah budaya Kristen Koptik, khususnya dalam ranah bahasa. Mengeluh bahwa orang Kristen Koptik Ortodoks Mesir tidak lagi mengenal bahasa Koptik, Severus menyusun teks teologis dalam bahasa Arab - teks Koptik pertama yang ditulis dalam bahasa itu.[2]

Ia dikenal sebagai penulis awal tradisional dari History of the Patriarchs of Alexandria.

Karya[sunting | sunting sumber]

  • Lamp of the Intellect (dalam bahasa Arab مصباح العقل)
  • History of the Patriarchs of Alexandria (dalam bahasa Arab تاريخ بطاركة كنيسة الإسكندرية القبطية). Kompilasi ini dimulai oleh Severus Ibn al-Muqaffaʿ[3] dan berdasarkan sumber biografi sebelumnya. Itu dilanjutkan oleh orang lain termasuk Mikhael, uskup Tinnis (abad ke-11, ditulis di Koptik, pada sekitar tahun 880 hingga 1046), ibn Mufarrij, diaken Iskandariyah., dan Paus Markus III dari Aleksandria (dari tahun 1131 hingga 1167).
  • Affliction's physic and the cure of sorrow (dalam bahasa Arab طبّ الغمّ وشفاء الحزن)

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ [1]; known as Severus of Al-Ushmunain, Severus, Bishop of Al-Ushmunain, Severus of Al'Ashmunein, Severus of Ashmunein, Severus of El-Eschmounein, Severus Ben al-Moqaffa, Severus Aschmoniensis, Sawires Ibn Al-Muqafah, Sawiris etc.
  2. ^ Petry, Carl; Paula A. Sander (1998). "The Fatimid State, 969–1171". The Cambridge History of Egypt. hlm. 170. 
  3. ^ One scholar, Johannes den Heijer, contests its attribution to Severus. Johannes den Heijer, Coptic historiography in the Fatimid, Ayyubid and early Mamluk Periods, Medieval Encounters 2 (1996), pp. 67–98.