Sergey Stanishev

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sergei Dmitrievich Stanishev
Сергей Дмитриевич Станишев
Perdana Menteri Bulgaria
Masa jabatan
17 Agustus 2005 – Sekarang
Presiden Georgi Parvanov
Deputi Emel Etem Toshkova
Ivaylo Kalfin
Meglena Plugchieva
Daniel Vulchev
Didahului oleh Simeon Sakskoburggotski
Digantikan oleh Sedang Menjabat
Informasi pribadi
Lahir 5 Mei 1966 (umur 47)
Kherson, Ukraina
Partai politik BSP

Sergey Dmitrievich Stanishev (bahasa Bulgaria: Сергей Станишев) (lahir 5 Mei 1966) adalah seorang politikus Bulgaria dan Ketua Partai Sosialis Bulgaria (BSP). Setelah pemilihan umum yang tidak jelas hasilnya pada Juni 2005 dan kebuntuan yang berkepanjangan, Stanishev diangkat menjadi Perdana Menteri Bulgaria pada puncak koalisi besar tiga partai pemerintah.

Stanishev dilahirkan di Kherson, Ukraina (saat itu merupakan bagian dari Uni Soviet). Ia belajar di Universitas Negara Moskwa, dan dari situ ia mendapatkan gelar doktor dalam sejarah pada 1994. Ia menjadi fellow dalam hubungan internasional di London School of Economics dan Ilmu Politik pada 1998. Ia juga bekerja sebagai seorang wartawan. Stanishev, orang termuda kedua yang menjabat ketua BSP, adalah seorang politikus yang tidak lazim. Meskipun tidak menikah, ia telah lama hidup bersama dengan seorang wartawati terkemuka, Ellena Yoncheva. Pada 2002 ia membuat takjub para anggota partai ketika ia datang ke sebuah eprtemuan di Buzludzha dengan sebuah sepeda motor sambil mengenakan jaket dengan gaya seorang pemusik rock, dengan tulisan di punggungnya yang berbunyi: "Bila anda membaca tulisan ini, Elena pasti sudah jatuh di jalan."

Stanishev juga seorang pengguna internet yang aktif. Ia bergabung dalam Perhimpunan Internet Bulgaria pada 22 April 2001, dan segera setelah terpilihnya sebagai ketua Partai Sosialis pada 2001, ia mengobrol dengan ratusan pengguna lainnya lewat ICQ.


Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Simeon Sakskoburggotski
Perdana Menteri Bulgaria
2005
Diteruskan oleh:
{{{after}}}