Sepak bola di Azerbaijan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Suporter FK Khazar Lankaran pada sebuah pertandingan

Sepak bola adalah olahraga paling populer di Azerbaijan. Sepak bola di Azerbaijan diselenggarakan oleh Asosiasi Federasi Sepak Bola Azerbaijan, atau AFFA, yang menjalankan liga sepak bola profesional nasional, Liga Utama AFFA, dan tim nasional sepak bola Azerbaijan.

Tim nasional mengambil bagian dalam semua kompetisi yang diselenggarakan oleh FIFA dan UEFA baik di tingkat senior maupun junior. Neftchi Baku menjadi salah satu tim Azerbaijan terkemuka yang pernah bermain di liga teratas Uni Soviet, kadang-kadang juga bermain di kompetisi klub Eropa. Pemain mereka yang paling terkenal adalah Anatoliy Banishevskiy, yang merupakan anggota dari tim nasional Soviet, yang mencapai semifinal di Piala Dunia FIFA 1966. Legenda sepak bola Azerbaijan lainnya juga merupakan bagian dari sejarah sepak bola: Tofiq Bahramov adalah hakim garis yang memainkan peran penting dalam final Piala Dunia FIFA 1966 antara Inggris dan Jerman Barat.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Periode awal (sebelum 1920-an)[sunting | sunting sumber]

Pada awal abad kedua puluh, sepak bola mulai populer di Azerbaijan, yang kemudian menjadi bagian dari Kekaisaran Rusia.

Dalam waktu singkat banyak tim sepak bola yang didirikan di ibu kota Baku. Pada tahun 1905, tim sepak bola pertama didirikan di Azerbaijan. Tim-tim ini terutama mewakili perusahaan-perusahaan minyak utama di Baku. Tim-tim tersebut diantaranya adalah "Lingkaran Pemain Sepak Bola Surakhany", "Stela", "Friends of Sport", "Sportsman", "Congress", "Unitas", "Belaya", "Senturion", "Progress", dll. Awalnya, kejuaraan kota diadakan secara spontan oleh kesepakatan antara kapten dalam hal ketiadaan kompetisi piala saat itu.[1]

Pada tahun 1911, kejuaraan resmi pertama diadakan di Baku dan dimenangkan oleh tim "British Club". Pada tahun 1912, pemain sepak bola Azerbaijan memainkan "pertandingan internasional"[2] pertama mereka dan mereka menang di Tbilisi, Georgia melawan tim lokal "Sokol" dengan skor 4:2. Selama tahun 1912-1913, pertandingan antara tim sepak bola Azerbaijan dan Georgia diselenggarakan, pertama di Tbilisi dan kemudian di Baku. Pada tahun 1914 Uni Sepak Bola didirikan di Azerbaijan. Uni Sepak Bola tersebut mengorganisasikan kejuaraan kota dan kompetisi lainnya secara resmi.[1]

Era Soviet (1920-an hingga 1991)[sunting | sunting sumber]

Catatan tertua dari tim sepak bola di Azerbaijan Soviet yakni pada 1926-1927, ketika Kejuaraan Trans-Kaukasia diselenggarakan di Tbilisi. Tiga negara Kaukasia Selatan berpartisipasi: Azerbaijan, Armenia dan Georgia.[3] Tim nasional sepak bola Azerbaijan mengadakan pertandingan persahabatan pertama melawan Georgia dan Armenia pada tahun 1927 untuk Kejuaraan Trans-Kaukasia di Georgia.[3] Selama era Soviet tim tidak memainkan pertandingan internasional.[3]

Pada tahun Teheran XI (pemain-pemain yang dipilih dari Teheran Club, Toofan F.C. dan Armenia Sports Club) melintasi perbatasan ke Baku dan melakukan pertandingan melawan tim-tim lokal. Hal tersebut merupakan pertandingan sepak bola tandang pertama bagi tim Iran. Pada tahun 1929, tim dari Baku diundang untuk bermain di Teheran pada akhir November.

Tahun 1960 dianggap sebagai Zaman Keemasan untuk sepak bola Azerbaijan karena menghasilkan beberapa pemain besar seperti Anatoliy Banishevskiy, Alakbar Mammadov dan wasit sepak bola Tofiq Bahramov. Tofiq Bahramov menjadi yang paling terkenal karena menjadi hakim garis yang membantu untuk mensahkan gol ketiga Inggris di final Piala Dunia FIFA 1966 antara Inggris dan Jerman Barat.

Stadion utama di Azerbaijan dibangun selama era Soviet, terutama yang terbesar dan paling penting adalah Stadion Tofiq Bahramov di Baku, yang lainnya adalah Stadion Kota Ganja di Ganja, Stadion Mehdi Huseynzade di Sumqayit, dan Stadion Kota Lankaran di Lankaran. Setelah kemerdekaan, banyak dari stadion ini direnovasi dan dimodernisasi atau sedang mengalami renovasi dan modernisasi.

Kebanyakan klub sepak bola juga didirikan selama era Soviet, yang paling menonjol diantaranya adalah Neftchi Baku PFC, FC Baku, Kapaz PFC, Sumgayit PFC, FK Khazar Lankaran, dan FK Shamkir.

Pasca kemerdekaan (1992—sekarang)[sunting | sunting sumber]

Tim nasional[sunting | sunting sumber]

Tim nasional sepak bola Azerbaijan pada bulan Oktober 2010.

Tim nasional sepak bola Azerbaijan adalah tim sepak bola nasional yang mewakili Azerbaijan dan dikendalikan oleh Asosiasi Federasi Sepak Bola Azerbaijan. Setelah pecahnya Uni Soviet, tim memainkan pertandingan internasional pertamanya melawan Georgia pada 17 September 1992.[3]

Tim wanita, tim U-21, tim U-19, dan tim U-17 juga berkompetisi secara internasional mewakili Azerbaijan.

Tim nasional sepak bola Azerbaijan turut ambil bagian dalam kualifikasi untuk setiap turnamen besar sejak Euro 96, tetapi sejauh ini belum pernah lolos ke putaran final turnamen, baik itu Piala Dunia atau pun Kejuaraan Eropa.

Gurban Gurbanov adalah pencetak gol terbanyak Azerbaijan sepanjang masa di pertandingan-pertandingan internasional dengan 66 penampilan dan 14 gol.[4]

Sistem liga[sunting | sunting sumber]

Level

Liga/Divisi

1

Liga Utama Azerbaijan
10 klub

↓↑ 1 klub

2

Divisi Satu Azerbaijan
16 klub

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Football". Azerbaijans.az. Diakses tanggal 17 September 2012. 
  2. ^ Sebenarnya adalah tingkat regional, karena Azerbaijan dan Georgia adalah bagian dari Kekaisaran Rusia pada saat itu.
  3. ^ a b c d World Football Elo Ratings: Azerbaijan
  4. ^ "Milli komanda-20: Bütün bombardirlər". Apasport.az.  (Azərbaycanca)