Tofiq Bahramov

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Tofiq Bəhramov
Tofiq Bahramov.jpg
Bahramov pada 1967
LahirTofiq Bəhram oğlu Bəhramov
(1925-01-29)29 Januari 1925
Baku, RSS Azerbaijan, RSFS Transkaukasia, Uni Soviet
Meninggal26 Maret 1993(1993-03-26) (umur 68)
Baku, Azerbaijan
KebangsaanUni Soviet
Azerbaijan
PekerjaanWasit sepak bola

Tofiq Bahramov (bahasa Azerbaijan: Tofiq Bəhramov; bahasa Rusia: Тофик Бахрамов; lahir di Baku, 29 Januari 1925 – meninggal di Baku, 26 Maret 1993 pada umur 68 tahun),[1][2][3] adalah seorang pemain sepak bola Uni Soviet dan wasit sepak bola dari Azerbaijan.

Dia terkenal karena menjadi hakim garis yang membantu untuk memberikan gol kontroversial bagi Inggris di Final Piala Dunia FIFA 1966 melawan Jerman Barat. Sebelumnya, sebagai wasit di turnamen yang sama, ia menarik perhatian karena menganulir gol Swiss dalam pertandingan babak pertama antara Swiss dan Spanyol.

Setelah kematiannya pada tahun 1993, stadion nasional Azerbaijan saat itu diganti namanya menjadi Stadion Tofiq Bahramov untuk menghormatinya.

Karier[sunting | sunting sumber]

Bahramov awalnya adalah pemain sepak bola yang bermain untuk Neftchi Baku, tetapi cedera kaki yang serius membuatnya tidak dapat melanjutkan karir bermainnya dan ia menjadi wasit.[4] Dia terpilih ke dalam panel wasit FIFA pada tahun 1964. Di Piala Dunia 1966, ia menjabat sebagai hakim garis untuk pertandingan pembukaan[5] dan final, dan menjadi wasit di sebuanh pertandingan babak pertama. Di Final Piala Dunia 1966, pada menit ke-11 babak pertama perpanjangan waktu, Geoff Hurst dari Inggris melepaskan tendagan ke gawang yang memantul tajam dari mistar gawang ke bawah, mengenai tanah, dan kemudian berputar menjauhi gawang. Terdapat keraguan oleh wasit Gottfried Dienst sebelum Bahramov, yang menjadi hakim garis, memberi sinyal kepadanya. Akhirnya, Dienst mengesahkan gol tersebut. Inggris kemudian memenangkan pertandingan dengan skor 4–2. DI Piala Dunia FIFA 1970, ia memimpin tiga pertandingan termasuk satu pertandingan semi final.[6] Pada 1972, dia menjadi wasit di pertandingan pertama Final Piala UEFA antara dua tim Inggris Wolverhampton Wanderers dan Tottenham Hotspur.[7] Setelah pensiun sebagai wasit, ia kemudian menjabat selama beberapa tahun sebagai sekretaris jenderal Asosiasi Federasi Sepak Bola Azerbaijan.[8]

Peninggalan[sunting | sunting sumber]

Stadion nasional Azerbaijan di Baku diberi nama Stadion Tofiq Bahramov untuk menghormatinya. Berganti nama pada tahun 1993, tak lama setelah kemerdekaan Azerbaijan dan kematian Bahramov. Sebelumnya, stadion dinamai berdasarkan nama pemimpin Soviet Vladimir Lenin. Ketika Inggris diundi dalam grup yang sama dengan Azerbaijan dalam kualifikasi Piala Dunia FIFA 2006, sebuah upacara diadakan sebelum pertemuan di stadion untuk menghormati Bahramov, dengan peserta termasuk Geoff Hurst, Michel Platini dan Sepp Blatter. Sebuah patung dirinya juga diresmikan pada upacara tersebut dan ia menjadi wasit pertama yang memiliki stadion yang dinamai berdasarkan namanya.[9]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "(Photo of gravestone inscription): Tofiq Bəhramovun yubileyi qeyd olunub (fotolar)" (dalam bahasa Azerbaijan). Azerbaijan Football Association. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 September 2015. 
  2. ^ The Russian linesman Top 10 Times Referees Trumped Sport by www.realclearsports.com
  3. ^ "Baku memorial for 1966 linesman". BBC. 13 Oktober 2004. 
  4. ^ Сын Тофика Бахрамова рассказал о своем отце (Интервью). Azerifootball.com (dalam bahasa Rusia). Diakses tanggal 16 April 2013. 
  5. ^ "England vs. Uruguay 11 July 1966". Soccerway. Diakses tanggal 7 September 2015. 
  6. ^ "Azerbaijan - T. Bakhramov". Soccerway. Diakses tanggal 7 September 2015. 
  7. ^ "1971/72 UEFA Cup". UEFA. Diakses tanggal 1 Juli 2014. 
  8. ^ Tofiq Bəhramovun xatirəsi əziz tutulur (Azərbaycanca)
  9. ^ Abidəsi olan ilk hakim Diarsipkan 6 Juli 2011 di Wayback Machine.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]