Sepah dagu-kelabu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sepah dagu-kelabu
Pericrocotus solaris -Taiwan -pair-8.jpg
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
P. solaris
Nama binomial
Pericrocotus solaris
Blyth, 1846

Sepah dagu-kelabu (Pericrocotus solaris) adalah spesies burung dalam famili Campephagidae. Burung ini tersebar di Himalaya, China selatan, Asia Tenggara, Semenanjung Malaysia, Sumatra, dan Kalimantan.[2]

Penghuni tetap yang umum di pegunungan Sumatera dan Kalimantan bagian utara (dari G. Kinabalu ke selatan sampai Liang Kubung dan Penrissen), di hutan-hutan pada ketinggian antara 1.200-2.000 m.

Ciri Fisik[sunting | sunting sumber]

Burung sepah dagu kelabu berukuran sedang (17 cm), berwarna merah atau kuning. Jantan berwarna merah, perbedaannya dengan burung sepah lain yaitu tenggorokan dan penutup telinga yang abu-abu gelap suram. Betina berwarna kuning, ciri utamanya yaitu tidak ada warna kuning pada dahi, penutup telinga, dan tenggorokan. Iris coklat gelap, paruh hitam, kaki hitam.

  • Jantan: sisi kepala dan tenggorokan abu-abu.
  • Betina: sisi kepala abu-abu; tidak ada warna kuning pada dahi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2012). "Pericrocotus solaris". IUCN Red List of Threatened Species. Version 2013.2. International Union for Conservation of Nature. Diakses tanggal 26 November 2013. 
  2. ^ "Sepah Dagu-kelabu". Kutilang Indonesia. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-03-31. Diakses tanggal 3 April 2014.