Seni serat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Contoh seni rajut jalanan di Montreal, 2009, oleh seniman serat Olek

Seni serat (Inggris: Fiber art) adalah seni rupa yang bahannya terdiri dari serat alami atau sintetis dan komponen lainnya, seperti kain atau benang. Ia berfokus pada material dan pengerjaan yang manual oleh seniman sebagai bagian dari makna karya, dan mengutamakan nilai estetika daripada kegunaan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Istilah seni serat mulai digunakan oleh kurator dan sejarawan seni untuk menggambarkan karya seniman-pengrajin setelah Perang Dunia II. Tahun-tahun tersebut terjadi peningkatan tajam dalam desain dan produksi "kain seni". Pada tahun 1950-an, ketika kontribusi seniman kerajinan semakin dikenal—tidak hanya pada serat tetapi juga pada tanah liat dan media lainnya—semakin banyak penenun yang mulai merajut serat menjadi bentuk yang tidak memiliki fungsi sebagai karya seni.[1]

Tahun 1960-an dan 70-an menjadi tahun revolusi internasional dalam seni serat.[2] Selain menenun, struktur serat dibuat melalui pembuatan simpul, pelintiran, anyaman, penggulungan, lipatan, pengikatan, jalinan, dan bahkan kepang.[3] Seniman di Amerika Serikat dan Eropa mengeksplorasi kualitas kain untuk mengembangkan karya yang dapat digantung atau berdiri bebas, "dua atau tiga dimensi, datar atau volumetrik, besar atau mini, non-objektif atau figuratif, dan representasional atau fantasi".[1] Di Inggris, berdirinya The 62 Group of Textile Artists bertepatan dengan tumbuhnya minat dalam menggunakan media tekstil dalam konteks seni rupa. Gerakan perempuan pada era yang sama berperan penting dalam berkontribusi terhadap kebangkitan seni serat karena adanya asosiasi tradisional perempuan dengan tekstil di ranah domestik; memang, banyak seniman serat yang paling menonjol adalah perempuan.[2][4]

Sejak tahun 1980-an, pekerjaan serat menjadi semakin konseptual, dipengaruhi oleh ide-ide postmodernis. Bagi seniman serat, selain eksperimen jangka panjang dengan bahan dan teknik, hal ini membawa "fokus baru dalam menciptakan karya yang menghadapi isu-isu budaya seperti: feminisme gender; kerumahtanggaan dan tugas-tugas berulang yang berkaitan dengan pekerjaan perempuan; politik; masalah sosial dan ilmu perilaku; konsep spesifik material yang berkaitan dengan kelembutan serat, permeabilitas, kekenyalan, dan sebagainya".[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Lunin, Lois F. (1990). "The Descriptive Challenges of Fiber Art". Library Trends. Board of Trustees, University of Illinois. 38 (4): 697–716. 
  2. ^ a b Baizerman, Suzanne (2004). "California and the Fiber Art Revolution". Textile Society of America Symposium Proceedings. Diakses tanggal 22 May 2013. 
  3. ^ "Fiber Art and Its Scope | Widewalls". www.widewalls.ch (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-05-19. 
  4. ^ Langreiter, Nikola (2012). "Neues Handarbeiten – Radical? Revolutionary? Guerilla?". Dalam Hannes Obermair; et al. Regionale Zivilgesellschaft in Bewegung - Cittadini innanzi tutto. Vienna-Bolzano: Folio Verlag. hlm. 183–204. ISBN 978-3-85256-618-4. 
  5. ^ Marcus, Sharon (2004). "Critical Issues in Tapestry" (PDF). Tapestry Topics: A Quarterly Review of Tapestry Art Today. 30 (2): 2–3. Diakses tanggal 22 May 2013.