Sempolan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Sempolan atau sempol adalah sejenis gorengan yang terbuat dari tepung tapioka. Nama sempol diambil dari tempat jajanan ini berasal yaitu desa Sempol di wilayah Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur[1]. Sempol banyak dijumpai di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Jajanan ini memiliki rasa kenyal karena berbahan dasar tepung tapioka (aci), berbentuk lonjong dan ditusuk dengan lidi. Biasanya sempol dimakan dengan saus merah yang pedas dan kecap atau bisa ditambahkan sambal kacang.

Variasi Rasa[sunting | sunting sumber]

Sempolan ikan adalah sempolan yang berbahan dasar tepung tapioka yang dicampur dengan ikan bandeng yang sudah dihaluskan.

Sempolan ayam adalah sempolan yang berbahan dasar tepung tapioka yang dicampur dengan ayam yang sudah dihaluskan.

Komposisi[sunting | sunting sumber]

Bahan baku sempolan adalah adonan yang terbuat dari tepung tapioka dan bumbu halus[2]. Bumbu halus terdiri dari: bawang putih, daging ayam atau ikan yang sudah dihaluskan, garam dan penyedap rasa. Adonan ini kemudian dililitkan pada tusuk sate hingga bentuknya lonjong, direbus hingga matang, lalu digoreng. Sebelum digoreng, sempolan dicelupkan ke dalam kocokan telur terlebih dahulu agar teksturnya garing dan renyah.

Penyajian[sunting | sunting sumber]

Sempolan biasanya dimakan menggunakan saus, bubuk cabai atau sambal kacang sesuai selera

Bisnis[sunting | sunting sumber]

Tidak hanya sebagai makanan ringan yang enak, sempolan dapat menjadi sebuah peluang usaha. Rata-rata penjual sempolan adalah pedagang kaki lima yang berpindah-pindah, yang rata-rata berjualan di sekolah dan pabrik.

Referensi[sunting | sunting sumber]