Semangus, Talang Ubi, Penukal Abab Lematang Ilir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Negara Indonesia
ProvinsiSumatra Selatan
KabupatenPenukal Abab Lematang Ilir
KecamatanTalang Ubi
Kodepos
31214
Kode Kemendagri16.12.01.2009 Edit the value on Wikidata
Luas... km²
Jumlah penduduk1.160 Kepala Keluarga
Kepadatan... jiwa/km²

[[Kategori:Talang Ubi, Penukal Abab Lematang Ilir|Semangus]]


Semangus atas desa Semangus adalah sebuah desa, yang berada di wilayah Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, Provinsi Sumatra Selatan, Indonesia.

Tepatnya berada di kecamatan Talang Ubi, diujung barat Kabupaten PALI dan merupakan desa yang berada di perbatan antara Kabupaten PALI dengan Kabupaten Musi Rawas.

Meskipun sebagian wilayahnya masuk dalam peta hutan kawasan KPHP Benakat Bukit Cogong, namun desa yang lebih dikenal dengan Suban ini telah ada sejak tahun 60an.

Hal itu dibuktikan dengan telah adanya program pemerintah pada tahun tersebut, yakni sebuah program penataan perumahan untuk penduduk yang tinggal berkelompok di tengah hutan atau perkebunan, untuk disatukan menjadi perkampungan dan tentunya untuk kehidupan sosial bermasyarakat.

Dimana saat itu, ada pemukiman yang paling ramai ditinggali kelompok masyarakat atau disebut 'Talang' (Kampung/dusun) Suban. Yang kini menjadi dusun I di desa tersebut, sedangkan program perumahan dari pemerintah diwilayah tersebut menjadi dusun II.

Saat ini desa Semangus ditempati oleh total 1.160 Kepala Keluarga, terdiri dari satu desa persiapan dan empat dusun (setingkat RW). Dan ada dua Sekolah Dasar (SD) di wilayah tersebut.

Desa Seamngus juga berbatasan langsung dengan desa Benakat Minyak kecamatan Talang Ubi. Selain itu, wilayah Semangus dibatasi oleh hutan perkebunan kayu kertas.