Sejarah Niue

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sejarah Niue adalah sejarah dari wilayah dan penduduk di Niue, meliputi masyarakat pribumi Polinesia. Niue pertama kali dihuni oleh pelaut Polinesia dari Samoa pada sekitar tahun 900 Masehi. Penghuni berikutnya (atau mungkin saja penjajah) datang dari Tonga pada abad ke-16.[1]

Orang Eropa pertama kali melihat pulau ini pada tahun 1774, yaitu oleh Kapten James Cook selama pelayaran kedua yang ia lakukan di kawasan Pasifik. Misionaris John Williams adalah orang Eropa pertama yang mendarat di pulau ini pada tahun 1830. Setelah bertahun-tahun aktivitas misionaris, Inggris mulai bernegosiasi menawarkan perlindungan untuk pulau tersebut kepada raja setempat pada tahun 1879. Lord Ranfurly, Gubernur Selandia Baru memproklamirkan Kedaulatan Inggris atas Niue pada tahun 1900, dan meletakan pulau tersebut di bawah perlindungan Selandia Baru.

Niue kehilangan sekitar 4% populasinya pada Perang Dunia I saat itu 150 laki-laki Niue dikirim ke Prancis bersama angkatan darat Selandia Baru, hampir tidak ada yang kembali. Meskipun begitu Perang Dunia II tidak memengaruhi pulau tersebut secara langsung.

Niue menjalankan pemerintahan sendiri pada tahun 1974. Sejak saat itu, populasi pulau ini menyusut akibat migrasi keluar disebabkan sering terjadi bencana alam dan peluang ekonomi yang kecil.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Foster, Sophie. "Niue". Britannica.com. Diakses tanggal 19 March 2013.