Scream 2

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Scream 2
SutradaraWes Craven
ProduserCathy Konrad
Wes Craven
Marianne Maddalena
Ditulis olehKevin Williamson
PemeranNeve Campbell
David Arquette
Courteney Cox Arquette
Sarah Michelle Gellar
Jamie Kennedy
Jerry O'Connell
Jada Pinkett Smith
Liev Schreiber
DistributorAmerika Serikat Dimension Films
Tanggal rilis
Amerika Serikat 12 Desember 1997
Britania Raya 2 Mei 1998
Durasi120 menit
NegaraAmerika Serikat Amerika Serikat
BahasaInggris
AnggaranAS$24,000,000
Pendapatan
kotor
AS$172,363,301
PrekuelScream
SekuelScream 3

Scream 2 adalah film jagal Amerika tahun 1997 yang disutradarai Wes Craven dan ditulis Kevin Williamson. Film ini dibintangi David Arquette, Neve Campbell, Courteney Cox, dan Jamie Kennedy yang kembali dari film pertama, besama Sarah Michelle Gellar, Laurie Metcalf, Jerry O'Connel, Elise Neal, Timothy Olyphant, Jada Pinkett, dan Liev Schreiber. Film ini dirilis pada 12 Desember 1997 dan merupakan film kedua di serial film Scream.

Scream 2 berlatar dua tahun setelah film yang pertama dan kembali mengikuti Sidney Prescott, dan penyintas pembunuhan Woodsboro lainnya, yang kini diteror seorang pembunuh peniru dengan alias Ghostface di kampus Windsor. Sama seperti pendahulunya, film ini menggabungkan kekerasan film jagal dengan komedi, satir, dan misteri "whodunit" sementara menyindir klise film-film sekuel. Scream 2 meraup keuntungan $172 juta dan mendapat ulasan positif dari kritikus, dan beberapa berpendapat bahwa kualitasnya lebih baik dari film pertama. Scream 3 dirilis tiga tahun kemudian dan dimaksudkan untuk mengakhiri cerita.

Plot[sunting | sunting sumber]

Dua mahasiswa kampus Windsor College, Maureen Evans dan Phil Stevens, menghandiri penayangan perdana Stab, film adaptasi dari buku Gale Weathers yang menceritakan kisah pembantaian Woodsboro. Saat ke kamar mandi, Phil dibunuh oleh pembunuh bertopeng yang kini dikenal sebagai Ghostface. Ghostface duduk di sebelah Maureen menggantikan tempat Phil dan menikamnya berulang kali, membuatnya naik ke atas panggung dan meminta pertolongan sementara penonton mengiranya sebagai aksi bohongan sampai dia meninggal.

Keesokan harinya, kampus Windsor College dihebohkan dengan pers yang mencari informasi kematian dua mahasiswa seniornya tersebut, termasuk reporter lokal Debbie Salt yang terus mendekati Gale untuk meminta saran-saran, karena dia mengidolakan Gale. Pers juga mencari komentar dari Sidney Prescott yang kini berkuliah di tempat tersebut bersama dengan Randy Meeks. Kini Sidney tinggal di asrama bersama temannya Hallie McDaniel dan berpacaran dengan Derek Feldman, juga berteman dengan teman sekelas Randy, Mickey Altieri. Setelah melihat berita kematian Maureen dan Phil, Sidney kabur dari kejaran pers dan bertemu dengan Dewey Riley yang ingin menolongnya untuk melalui kejadian ini. Gale Weathers, yang sukses dengan bukunya berusaha mewawancarai Sidney dan mempertemukannya dengan Cotton Weary, tetapi dia dihajar oleh Sidney.

Malamnya, Cici Cooper dibunuh oleh Ghostface saat ia sendirian di rumah persaudaraan Omega Beta Zeta. Hal itu membuat pesta di rumah persaudaraan yang dihadiri Sidney dan teman-temannya bubar untuk melihat kejadian itu. Sidney yang sendirian di rumah itu diserang oleh Ghostface, tetapi berhasil dihadang Derek sehingga dia terluka dan Ghostface berhasil kabur. Esok harinya Gale mendiskusikan hal itu bersama Dewey dan polisi. Ketika Gale tahu bahwa nama Cici adalah Casey, dia menyimpulkan pembunuh kali ini berusaha mengulangi kejadian di Woodsboro karena nama-nama korbannya sama. Mereka keluar dan berbicara dengan Randy.

Mereka lalu ditelepon oleh Ghostface yang mengetahui gerak-gerik mereka. Dewey dan Gale mencari si penelepon dan Randy yang masih mencari diseret ke dalam van milik Gale dan dibunuh. Setelah tewasnya Randy, jam malam kampus diberlakukan dan Sidney diberikan dua petugas untuk menjaganya. Sidney menjadi aktris utama sebuah pentas teater, dan di tengah latihan dia dikejar oleh Ghostface yang bersembunyi di tengah pemain lain. Saat malam tiba, Sidney dan Hallie bersama dua petugas berangkat menuju ke tempat yang lebih aman, tetapi diserang oleh Ghostface. Sidney dan Hallie berhasil kabur dari mobil, tetapi Hallie terbunuh. Setelah itu Gale dan Dewey mencari pemutar VHS untuk mencari pembunuhnya, karena yakin bila sang pembunuh berada di kampus dan selalu hadir tiap penemuan korban. Ghostface menghampiri mereka dan menyerang. Dewey diserang, tetapi Gale berhasil ersembunyi kemudian melarikan diri dan bertemu Cotton di lorong dan mengira kalau Cotton adalah pembunuhnya. Dia berlari keluar, dimana dia bertemu dengan Debbie dan meminta pertolongan.

Sidney masuk ke panggung teater dan mengetahui bahwa pembunuhnya adalah Mickey, seorang psikopat yang ingin ditangkap setelah membunuh untuk mendapatkan ketenaran di perisdangan. Mickey kemudian membunuh Derek, lalu juga mengungkapkan bahwa rekannya adalah Debbie Salt yang merupakan Mrs. Loomis, ibu Billy Loomis, pacar Sidney yang menjadi pembunuh di Scream. Mrs. Loomis ingin membalaskan kematian anaknya. Setelah menembak Gale sampai pingsan, Mrs. Loomis membunuh Mickey, karena ingin menghilang setelah berhasil membunuh Sidney. Sidney berhasil mengecoh Mrs. Loomis dan kabur, mereka bertarung untuk memperebutkan pistol. Cotton datang dan menembak Mrs. Loomis. Gale bangun dari pingsannya dan memungut sebuah pistol. Saat mereka mengerubungi mayat Mrs. Loomis, tiba-tiba Mickey bangun dan berusaha untuk menyerang namun Sidney dan Gale menembaknya hingga mati. Sidney pun menembak kepala Mrs. Loomis yang masih terbaring di lantai dan jatuh tewas meninggal dunia.

Keesokan paginya, Gale yang ingin memulai reportasenya melihat bahwa Dewey masih hidup dan dibawa ke rumah sakit. Sidney dikelilingi wartawan, sadar bahwa Cotton yang ingin ketenaran itu telah menolongnya, Sidney mengalihkan semua pers itu kepada Cotton. Film berakhir dengan Sidney berjalan melintasi lapangan, meninggalkan keriuhan pasca pembunuhan berantai kali ini.

Penayangan[sunting | sunting sumber]

Film ini untuk pertama kalinya ditayangkan melalui stasiun televisi Nasional Trans TV pada Minggu, 13 Januari 2002 mulai pukul 19:00 WIB.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]