The Hills Have Eyes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Hills Have Eyes
Film poster
SutradaraWes Craven
ProduserPeter Locke
Ditulis olehWes Craven
PemeranSusan Lanier
Robert Houston
Martin Speer
Dee Wallace-Stone
Russ Grieve
Penata musikDon Peake
SinematograferEric Saarinen
PenyuntingWes Craven
DistributorVanguard [1]
Tanggal rilis
22 Juli 1977 [2]
Durasi89 menit
BahasaEnglish
Anggaran$230,000 (perkiraan)[3]
Pendapatan
kotor
$25,000,000 [4]
SekuelThe Hills Have Eyes Part II

The Hills Have Eyes adalah sebuah film horor Amerika tahun 1977 yang ditulis dan disutradarai oleh Wes Craven. Film ini mengisahkan tentng sebuah keluarga yang melakukan perjalanan darat dan mengalami kempis ban di gurun California. Kemudian mereka menemukan fakta bahwa mereka berada di gurun terpencil itu bersama sebuah klan kanibal yang siap memangsa mereka.

Film ini dirilis tanggal 22 Juli 1977 untuk wilayah Amerika. Dan pada tahun 2006, film remakenya rilis dengan sutradara Haute Tension, Alexandre Aja, sebagai sutradaranya.

Plot[sunting | sunting sumber]

Film dimulai dengan seorang tua bernama Fred yang mengemasi truknya dan meminum alkohol. Berkali-kali ia memandangi pemandangan gurun di sekitarnya dan berkali-kali bergumam tentang "mereka" dan apa yang akan "mereka" perbuat bila tahu ia melarikan diri. TIba-tiba, sesosok gadis yang mengenakan baju dan rok lusuh muncul. Kesal, Fred memanggilnya sebagai Ruby. Ruby menawarkan pertukaran dengan tas yang dibawanya dengan sejumlah makanan, dan Fred menolak.

Kemudian mereka berpindah ke sebuah kabin kecil di mana Fred yang tidak suka atas apa yang Ruby dan "mereka/kalian" telah perbuat. Ruby mengatakan bahwa itu semua dilakukan untuk mencari makanan; dan tidak ada satupun makhluk yang melintasi rumah mereka. Ruby meminta Fred untuk mengajaknya pergi. Namun Fred mengejeknya dengan segala keprimitifan Ruby. Juga konsekuensi dari seseorang bernama Jupiter yang dilakukan kepadanya bila ia tahu Ruby sedang berbuat hal ini. Lalu, sebuah suara terdengar dan mengganggu mereka, Ruby segera bersembunyi.

Lima anggota keluarga, Bob dan Ethel Carters, beserta anak-anaknya Bobby, Brenda, dan Lynne melakukan sebuah perjalanan untuk liburan. Menemani mereka ada juga suami Lynne, Doug, dan anak mereka Katy. Mereka berhenti di Fred's Oasis, di mana Fred mengatakan kepada mereka untuk tetap berada di jalur utama. Namun, mereka tidak mengindahkan hal itu dan berkencara ke jalan gurun di mana ban station wagon mereka rusak oleh sebuah perangkap tanpa mereka sadari. Bob meninggalkan Bobby dengan sebuah pistol dan Bob pergi untuk mencari bantuan.

Kemudian diketahui bahwa ada sebuah klan kanibal yang bersembunyi di bukit gurun dekat lokasi keluarga Carters berada. Klan itu dikomando oleh Papa Jupiter, kepala keluarga klan itu. Ia lahir sebagai monster dan membunuh ibunya sendiri saat kelahirannya. Lalu, pada masa kecilnya ia mulai membunuh binatang kecil dan akhirnya membunuh kakaknya sendiri. Ayahnya Fred, pemilik sebuah pom bensin, akhirnya hilang kesabaran menyerangnya dengan keji dan meninggalkannya dalam padang liar untuk mati. Tapi, ia selamat dan diculik oleh seorang PSK alkoholik yang keji, Mama. Bersama mereka membuat empat orang anak, tiga anak lelaki (Mars, Pluto, dan Mercury) dan satu perempuan (Ruby). Hingga kini mereka tinggal di wilayah padang gurun yang liar, lalu menculik, membunuh, dan memakan semua yang terlihat didekat hunian mereka.

Saat malam, Bob diserang oleh Fred di pom bensin dan Fred mengatakan asal dari orang-orang bukit, Pap Jupiter kemudian membunuh Fred dengan linggis. Bob dibawanya lalu dibakar olehnya setelah mencuri pistol Bob. Doug dan Lynne pergi ke mobil sementara yang lainnya pergi ke karavan. Disana Bobby terkunci di luar dan meminta Doug untuk membuka kunci. Pluto, yang kini bersembunyi didekat mobil, melihat Brenda dan Ethel yang tertidur pulas di karavan. Bobby mendapatkan kunci dan masuk saat tubuh Bob dibakar oleh Papa Jupiter di kejauhan. Segera Ethel, Lynne, Doug, dan Bobby menuju Bob saat Brenda yang dibiarkan tertidur kini beradabersama Pluto yang masuk ke mobil. Semua orang berusaha memadamkan api saat Pluto memerkosa Brenda.

Lalu Mars datang dan ikut memerkosa Brenda. Sementara orang lain yang mengetahui Bob sudah wafat, Ethel dan Lynne pergi ke karavan untuk mengambil air. Disana Lynne dan Ethel menemukan pemerkosaan itu dan berusaha menolong Brenda. Naas, justru Brenda selamat dari serangan Mars dan Pluto, sementara Mars dan Pluto membunuh Lynne dan Ethel lalu menculik Katy, bayi Ethel.

Hanya Brenda, Bobby, dan Doug yang selamat dari peristiwa tersebut. Doug mulai mencari bayinya, sementara Bobby dan Brenda trauma atas kejadian itu. Sementara itu, Beauty, salah satu dari dua anjing keluarga Carters dibunuh oleh para klan dan menyuruh Ruby untuk memakannya sebagai hukuman. Ia dirantai dan disiksa oleh Mama. Para pria keluar dari hunian mereka dan Mercury meninggal setelah Beast, anjing lain keluarga Carters mendorongnya dari jurang. Marah, Jupiter bersumpah bersama Pluto untuk membunuh sisa keluarga Carters.

Doug, memata-matai hunian itu. Setelah berhasil memukul ibunya, Ruby lolos dan membawa Katy menuju Doug di perbukitan. Doug kemudian melihat itu dan kembali melihat bayinya. Pluto dan Jupiter berada dalam perjalanan ke karavan untuk membunuhm tetapi Pluto diserang oleh Beast. Papa berlari ke karavan di mana sebuah perangkap telah dipasang untuknya, yang membuat Jupiter dan karavan meledak. Bobby mendekati lokasi itu untuk mengecek kematian Papa, Papa yang masih hidup menyerang Bobby dan Brenda memukul Papa dengan kapak. Bobby kemudian menembak Papa Jupiter yang terkulai di tanah.

Mars mengikuti Doug dan Ruby di bukit dan setelah perkelahian, ditusuk hingga mati oleh Doug, menyelamatkan bayinya. Film berakhir dengan Doug yang masih menusuk dan menendang mayat Mars, lalu Ruby membersihkan sisa-sisa kakaknya. Dalam alternate ending, Ruby ikut berkumpul bersama keluarga Carters untuk merayakan selamatnya mereka.[5]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Susan Lanier sebagai Brenda Carter
  • Robert Houston sebagai Bobby Carter
  • Martin Speer sebagai Doug Wood
  • Dee Wallace sebagai Lynne Wood
  • Russ Grieve sebagai Big Bob Carter
  • John Steadman sebagai Fred
  • James Whitworth sebagai Jupiter
  • Virginia Vincent sebagai Ethel Carter
  • Lance Gordon sebagai Mars
  • Michael Berryman sebagai Pluto
  • Janus Blythe sebagai Ruby
  • Cordy Clark sebagai Mama
  • Brenda Marinoff sebagai Katy
  • Pete Locke sebagai Mercury

Sambutan[sunting | sunting sumber]

Filmnya diterima baik saat perilisannya dan hingga hari ini, film ini dimasukkan dalam kategori film cult.[6] Craven membuat sekuelnya pada tahun 1985, tetapi kemudian tidak mengakuinya.[7] Sang anak, Jonathan Craven membuat sekuelnya pada tahun 1995. Alexandre Aja membuat remake dari film ini pada tahun 2006.

Film ini mendapat ranking ke-41 di Bravo's 100 Scariest Movie Moments.

Film ini juga mendapat rating X dari MPAA dan beberapa adegan kekerasan yang terlalu sadis diedit untuk mendapatkan rating R. Potongan adegan itu diketahui menghilang dan pada tahun 2003, akhir lain film ini dirilis pada tahun 2003 oleh DVD keluaran Anchor Bay.

Di Rotten Tomatoes, dari 17 review, film ini mendapat rating 59% untuk T-Meter Critics.[8] Sementara dari RT Community, 328 Reviewer menghasilkan rating 68% untuk filmnya.[9]

Penulisan[sunting | sunting sumber]

Film ini diyakini sebagai penceritaan ulang terhadap kisah Sawney Bean. Dalam script Diarsipkan 2007-07-01 di Wayback Machine. nya yang berjudul Blood Relations: The Sun War, klan di film ini terdiri dari anggota keluarga yang melakukan hubungan insect.

Sekuel[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:The Hills Have Eyes