Sayap ayam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sayap ayam
Homemade buffalo wings.jpg
Semangkok sayap ayam
SajianAppetizer, main course
Tempat asalAmerika Serikat
Wilayah atau negara bagianBuffalo, New York
Dibuat olehTeressa dan Frank Bellissimo
Suhu penyajianHot
Bahan utamaChicken, cayenne pepper hot sauce, butter

Sayap ayam adalah sebuah potongan dari sayap ayam yang diolah menjadi makanan.

Amerika Serikat[sunting | sunting sumber]

Bagi sebagian besar orang Amerika, Buffalo wings atau menu sayap ayam adalah makanan ringan terpopuler. Rasanya biasanya pedas, yang bisa bikin penikmatnya berkeringat ketagihan. Warnanya yang kuning keemasan digoreng hingga terlihat juicy dari dagingnya.

2014 menandai ulang tahun ke-50 menu ini, yang memang sangat klasik. Tiga 'aturan' menu sayap ayam ala Amerika Serikat yang selama ini dipatuhi, di antaranya tidak menggunakan tepung roti, selalu digoreng, dan sausnya harus menggunakan mentega dengan rasa pedas.

Peru[sunting | sunting sumber]

Menu sayap ayam khas Peru biasanya dibumbui air jeruk nipis, daun salam, cabai merah bubuk, bawang putih, jinten, paprika, Sauvignon Blanc, dan minyak zaitun. Untuk mendapatkan rasa terbaik, sayap ayam dipanggang di atas arang kemudian ditaburi tangkai thyme segar, garam laut, dan lada hitam saat disajikan.

Korea Selatan[sunting | sunting sumber]

Menu sayap ayam di Korea disebut saus gojujang. Bumbunya selalu menggunakan pasta cabai khas Korea, soy sauce, bawang putih, jahe, dan minyak wijen, bersama dengan cuka beras pedas dan madu manis. Sebelum dimasak, sayap ayam dicelupkan dalam bubur tepung, tepung jagung, dan air kemudian segera digoreng dalam minyak panas sebanyak dua kali. Pertama untuk mematangkan sayap ayam dan kedua kali untuk membuatnya garing.

Yunani[sunting | sunting sumber]

Air perasan jeruk lemon, bawang putih, lada hitam, dan rempah-rempah membuat sayap ayam khas Yunani adalah pilihan menggiurkan. Resep khasnya mencantumkan tahapan untuk mengakhiri sayap ayap di atas arang setelah memanggangnya. Namun, ini adalah opsional, meski menambah kelezatan bila sayap ayam bersentuhan dengan arang. Untuk menikmatinya, celupkan sayap ayam ke dalam saus berisi feta, krim asam, dan rempah segar.

Meksiko[sunting | sunting sumber]

Penggunaan tortilla chips bubuk membuat sayap ayam khas Meksiko ini benar-benar unik. Sebelum keripik ini ikut diolah, campurkan minyak jagung, jinten, cabai bubuk, cayenne bubuk, dan oregano bubuk. Untuk mengolahnya, celupkan sayap ayam ke dalam bumbu pedas tersebut sebelum membenamkannya pada tortilla chip bubuk. Kemudian, panggang sampai garing atau berwarna cokelat keemasan.

Spanyol[sunting | sunting sumber]

Sayap ayam khas Spanyol biasanya dibumbui paprika bakar dan bawang putih. Kunci mengolahnya adalah menggunakan wajan besar untuk memastikan kulitnya renyah dan perasa tambahan dari air perasan lemon, minyak zaitun berkualitas tinggi, serta lada hitam bubuk.

Kanada[sunting | sunting sumber]

Di pegunungan Quebec di kota ski Mont-Tremblant, Anda akan menemukan restoran La Forge yang memiliki menu sayap sedikit berbeda. Bahannya bukan sayap ayam melainkan sayap bebek. Pertama-tama, sayap diolah confit kemudian digoreng dengan minyak banyak hingga lembut. Rasanya cenderung manis karena disajikan dengan saus maple.

China[sunting | sunting sumber]

Campuran soy sauce, gula merah, bawang putih, dan jahe bubuk membuat menu ini beraroma dan kaya bumbu. Apalagi bila sayap ayam ini dimarinasi dengan bumbu tersebuh selama satu sampai dua hari sebelum dimasak untuk rasa yang sempurna.

Campur semua bumbu ke dalam kantung plastik besar dengan segel lalu masukkan sayap ayam. Simpan di dalam lemari es selama minimal 24 jam. Keesokan hari, panggang dengan suhu 177 derajat Celsius selama sekitar satu jam.

Sumber[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

from the Atlas of Popular Culture in the Northeastern United States