Savoia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Savoia
Savoie (bahasa Perancis)
Savouè (bahasa Arpitan)
Savoia (bahasa Italia)
Sapaudia (bahasa Latin)
LaguLe Chant des Allobroges
The Song of the Savoyards/Allobroges
Ibu kota
(dan kota terbesar)
Chambéry
Bahasa resmi Bahasa Perancis
Kelompok etnik  Perancis, Savoyard
Demonim Savoyard (sering digunakan saat ini),[1] Savoisian (sebelum aneksasi), Savoyan (dalam sejarah, sekarang jarang dipakai)
Legislatif Senat Berdaulat Savoy(dibubarkan tahun 1860)
Aneksasi Menjadi wilayah Perancis pada 14 Juni 1860 
 -  Savoia menjadi kadipaten pada masa Kaisar Sigismund 19 Februari 1416 
Luas
 -  Total 10.416 km2 
Penduduk
 -  Perkiraan 2014 1.210.051 
Zona waktu CET (UTC+1)
 -  Musim panas (DST) CEST (UTC+2)
Lajur kemudi right
Kode telepon 33

Savoia (bahasa Franco-Provençal: Savouè, IPA: [saˈvwɛ]; bahasa Perancis: Savoie [savwa]; bahasa Italia: Savoia [saˈvɔːja]; bahasa Jerman: Savoyen [zaˈvɔʏ̯ən]) adalah sebuah wilayah yang terletak di Eropa Barat. Wilayahnya terletak di kawasan Pegunungan Alpen Barat yang berada di antara Danau Jenewa di utara dan Dauphiné di selatan.

Dalam sejarahnya, wilayah Savoia merupakan wilayah feudal Wangsa Savoia dari abad ke-11 hingga ke-14. Wangsa ini diakui sebagai penguasa Contea di Savoia oleh Rudolf III, Raja Bourgogne pada tahun 1003. Pada tahun 1416, status wilayah Savoia diangkat menjadi kadipaten.

Wilayah Savoia sempat diambil alih oleh Republik Perancis Pertama pada tahun 1792, tetapi setelah kekalahan Napoleon dikembalikan kepada Kerajaan Sardinia pada tahun 1815. Savoia dan Nice pada akhirnya diserahkan kepada Kekaisaran Perancis Kedua pada tahun 1860 berdasarkan ketentuan Perjanjian Torino yang ditandatangani oleh Kaisar Perancis Napoleon III dan Raja Sardinia Vittorio Emmanuel II. Raja Vittorio Emmanuel II yang berasal dari Wangsa Savoia tetap menguasai wilayah Piemonte dan Liguria dan kemudian menjadi Raja Italia.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jack D. Street. "The Independence of Savoy and the Autonomy of the Valle d'Aosta", The French Review, Vol 71, No 3, Feb. 1998, pp 396–404 JSTOR 398970 diakses 4 Okt 2008.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]