Satsuma-age

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Satsuma-age

Satsuma-age (薩摩揚げ) atau age-kamaboko[1][2] merupakan perkedel ikan goreng dari Kagoshima, Jepang. Surimi dan tepung dicampur untuk membuat pasta yang dipadatkan melalui proses penggorengan.[1] Ini adalah spesialisasi dari wilayah Satsuma. Masakan ini juga disebut tsuke-age di Kagoshima dan chiki-agi di Okinawa.

Pasta terbuat dari ikan dan dibumbui dengan garam, gula, dan rempah-rempah lainnya dan dibuat menjadi beberapa bentuk. Pasta ini tidak hanya dibuat dari daging ikan, tapi dapat menggunakan jamur kuping merah, beni shōga, bawang merah, daun bawang dan sayuran lainnya, cumi-cumi, gurita, udang dan makanan laut lainnya, dan beberapa rempah-rempah. Di desa-desa nelayan, satsuma-age terbuat dari ikan, misalnya ikan sarden, ikan hiu, cakalang, tenggiri, dan lain-lain. Dalam kebanyakan kasus, masakan ini dibuat dengan mencampur dua jenis ikan atau lebih.

Orang-orang mengonsumsi satsuma-age polos atau dipanggang ringan dan dicelupkan ke dalam jahe dan kecap atau mustar dan kecap. Satsuma-age ini juga dikonsumsi dengan oden, udon, sara udon atau nimono (direbus).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Ada beragam sejarah tentang daerah asal satsuma-age, tetapi lokasi asalnya yang paling terkenal adalah distrik Satsuma di Kagoshima. Dikatakan bahwa, pada sekitar tahun 1864, klan Shimazu membawanya ke Satsuma dari Okinawa melalui beberapa pertukaran dan invasi.[3] Sehari-hari, orang Okinawa menyebut pasta ikan goreng rebus sebagai chigiage. Setelah dibawa ke Kagoshima, satsuma-age diproduksi sebagai tsukiage dan menjadi sebagai salah satu dari 100 hidangan lokal.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Heiter, Celeste (2007). The Sushi Book. ThingsAsian Press. hlm. 203. ISBN 978-1-934159-00-2. 
  2. ^ Hosking, Richard (2015). Dictionary of Japanese Food: Ingredients & Culture. Tuttle Publishing. hlm. 116. ISBN 978-1-4629-0343-6. 
  3. ^ つけあげ(薩摩揚げ、さつまあげ). living-eye.com (dalam bahasa bahasa Jepang). Diakses tanggal 16 November 2017. 

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]