Sasural Genda Phool

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sasural Genda Phool
Ditulis olehMitali Bhattacharya
Zama Habib
SutradaraRavi Ojha
Rakesh Kumar
Negara asalIndia
Bahasa asliHindi
Jmlh. episode573
Produksi
ProduserRavi Ojha
Zaman Habib
Durasi21-23 menit
Rumah produksiRavi Ojha Productions
Rilis asli
JaringanStar Plus
Rilis01 Maret 2010 (2010-03-01) –
21 April 2012 (2012-04-21)
Acara terkait
Sasural Genda Phool 2

Sasural Genda Phool adalah serial drama televisi India yang ditayangkan di Star Plus, dibintangi oleh Ragini Khanna dan Jay Soni.[1][2] Serial ini ditayangkan pada malam hari kerja dari 1 Maret 2010 hingga 21 April 2012.[3] Plotnya ditulis bersamaan dengan serial Star Jalsha, Ogo Bodhu Sundori, dan banyak orang yang salah mengartikan serial tersebut sebagai remake padahal keduanya adalah serial asli.[4] Hal ini didasarkan pada latar belakang Old Delhi.[5]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Suhana Bajpai adalah seorang wanita muda cantik dan energik yang kehilangan ibunya Vidisha ketika dia masih kecil. Kamal Kishore Bajpai, ayah Suhana, tidak dapat memberi Suhana waktu yang cukup meskipun telah berupaya sebaik mungkin. Suhana memiliki watak legendaris dan mentalitas materialistis akibat kehilangan perhatian dan cinta Vidisha. Dalam kemarahan spontan karena perpisahan yang buruk, dia menerima untuk menikah dengan siapa pun yang Kamal pilihkan untuknya.

Ishaan Kashyap adalah seorang profesional IT yang tumbuh dalam keluarga bersama dan sopan, pemalu, dan baik hati. Namun, dia kekurangan pasangan karena kepribadiannya yang tertutup dan canggung di sekitar wanita. Dia menyerah dan memutuskan untuk menikahi siapa pun yang menurut keluarganya cocok untuknya.

Kamal Kishore Bajpai dan Ishaan secara kebetulan bertemu. Setelah mengamati cinta dan kebaikan keluarga Kashyap, Kamal menyadari bahwa inilah rumah yang dibutuhkan Suhana dalam hidupnya. Dia meminta Ishaan untuk menikahkan Suhana, yang diterima oleh Kashyap. Suhana dan Ishaan menikah.

Namun, pernikahan tersebut dimulai dengan buruk. Suhana menjelaskan kepada Ishaan bahwa dia tidak mencintainya, karena dia masih menderita karena putus cinta baru-baru ini. Dia memutuskan untuk memberikan waktu padanya untuk menyembuhkan lukanya. Suhana akhirnya mulai menjalin ikatan dengan keluarga, khususnya dengan Shailaja, bibi Ishaan (dipanggil Badi Ma oleh semua orang), yang dikagumi Suhana sebagai sosok keibuan yang kurang ia miliki dalam hidupnya. Suhana lambat laun mulai merawat Ishaan akibat hidup bersama. Dia juga belajar lebih banyak tentang keluarga seiring berjalannya waktu.

Keluarga Kashyap memiliki beberapa rasa sakit tersembunyi dan masa lalu yang kelam. Ishwar Kashyap, suami Badi Ma yang ambisius dan anak tertua dari Dadaji dan Dadiji, telah meninggalkan dia, dan anak-anaknya - Inder dan Panna - demi masa depan yang cerah di AS, di mana dia menikah lagi dengan seorang wanita bernama Meera, yang sangat mempengaruhi seluruh keluarga. terkejut. Posting ini, Dadaji memutuskan hubungan dengan Ishwar dan tidak menganggapnya sebagai putra keluarga. Dan untuk menutupi ketidakhadiran Ishwar, adik laki-lakinya, Alok, dengan sepenuh hati mengorbankan semua impian dan ambisinya untuk menjaga keluarganya dan memenuhi kebutuhan mereka. Rahasia kelam lainnya adalah Radha, putri angkat kepala keluarga Ambarnath Kashyap (Dadaji), masih menderita kesakitan karena menjadi korban pemerkosaan di malam pernikahannya. Dia tidak dapat menyembuhkan rasa sakitnya karena anak yang lahir dari kejadian itu, Deepak, memiliki kemiripan yang luar biasa dengan pria yang memperkosanya. Sepupu Ilesh, Ishaan, dan Inder terus-menerus menganggur dan tidak tertarik bekerja. Istrinya Disha sedang berjuang untuk hamil. Duka-duka inilah yang menyadarkan Suhana bahwa hidup adalah tentang menerima dan menjalaninya dengan senyuman.

Meski begitu, Suhana tidak menyadari dirinya jatuh cinta pada Ishaan. Dia mencoba meninggalkan rumah namun memutuskan untuk tinggal dan merawat Badi Ma setelah dia jatuh sakit karena syok. Setiap kali dia menyebutkan meninggalkan rumah, dia tidak menyadari bahwa dia sangat menyakiti Ishaan.

Teman masa kecil Ishaan, Sonali, diundang untuk membuat Suhana cemburu. Suhana menyadari bahwa dia memang mencintai Ishaan dan akhirnya mengakui cintanya pada Ishaan di depan semua orang, dan Sonali pulang. Ishaan dan Suhana pergi ke Goa untuk berbulan madu di mana mereka saling mengungkapkan jiwa mereka dan semakin dekat. Sementara itu, karena depresi setelah kehilangan pekerjaannya, suami Panna, Raunak, meninggalkan dia dan keluarganya. Hal ini ia lakukan agar ia bisa menjadi stabil dan mendapatkan pekerjaan bergaji tinggi lagi. Saat ini, Deepak juga datang untuk tinggal bersama keluarganya, setelah menyelesaikan masalah dengan ibunya. Seiring berjalannya waktu tanpa kehadiran Raunak, keretakan hubungan antara Panna dan ibu mertuanya diperbaiki, yang menyebabkan perbaikan dalam hubungan antara Kashyap dan Sharma. Ilesh mendapat pekerjaan di sebuah perusahaan konstruksi dan menghasilkan banyak uang, yang menimbulkan kecurigaan di benak Ishaan dan Inder.

Suhana tiba-tiba pingsan saat Holi, menyebabkan keluarga mengira dia hamil. Namun mereka kemudian mengetahui bahwa dia tidak hamil namun secara mengejutkan menderita tumor otak. Namun, mereka sangat gembira saat mengetahui bahwa tumor tersebut sepenuhnya jinak. Suhana menjalani operasi dan sembuh total.

Ishaan mengalami kecelakaan. Dia kehilangan ingatan dua tahun terakhir hidupnya, sehingga melupakan Suhana dan pernikahannya dengannya. Suhana tinggal di rumah Kashyap sebagai Shashikala, teman Disha. Setelah berada di dekat "Shashikala", Ishaan merasa terhubung dengannya tetapi tidak bisa mengejarnya karena dia sudah menikah. Selama ini, Ishwar kembali ke India dan bertemu ayahnya dan Shailaja, yang tidak mengakuinya. Sementara para tetua keluarga mendapat kabar kembalinya Ishwar, Dadiji memohon kepada Dadaji untuk memaafkan Ishwar, yang membuat keluarga terkejut, sehingga memaksa Dadaji untuk mengambil tindakan tegas terhadap siapa pun yang mencoba menghubungi Ishwar. Setelah beberapa kejadian lucu, Ishaan memutuskan untuk menikahi Shashikala, apa pun yang terjadi. Di altar pernikahan, dia mengungkapkan bahwa dia telah mendapatkan kembali ingatannya, berkat tersandung bangku yang digulingkan Suhana karena marah.

Disha mengalami depresi saat mengetahui ketidakmampuannya untuk mengandung anak, yang mengejutkan keluarga yang bertanya-tanya mengapa masalah tersebut disembunyikan dari mereka. Suhana menemukan bayi di taman dan membawanya pulang, menyarankan Disha untuk mengadopsinya. Semua orang terkejut dan tersentuh dengan sikap ini. Karena bayi yang diberi nama Khushi oleh keluarga memberikan pengaruh pada mereka, hal itu mulai mempengaruhi kehidupan pernikahan Suhana dan Ishaan karena Suhana mengabaikan Ishaan untuk menjaga Khushi. Namun masalah menyerang keluarga Kashyap tiga kali lipat - Ilesh dinyatakan bersalah atas penyuapan dan pencucian uang. Perusahaannya menolak untuk mengakui dia sebagai karyawan. Selain itu, orang tua kandung Khushi muncul dan keluarga tersebut sambil menangis menyerahkan bayi tersebut kepada orang tuanya. Yang membuatnya lebih buruk adalah keluarga tersebut terkejut mengetahui bahwa Ishwar kembali ke Delhi, dari Inder dan Panna, setelah mengunjunginya, dan Shailaja bertemu Ishwar secara diam-diam, atas desakan Dadiji, yang membuat Dadaji dan Alok tidak senang.

Ishaan mengungkapkan kebahagiaannya atas promosi dan perpindahannya ke Mumbai. Ishaan senang karena ini adalah kesempatannya untuk membuktikan dirinya, karena dia telah berjuang untuk identitasnya dalam keluarga. Dia muak diperlakukan sebagai seorang anak dan dijauhkan dari keputusan serius keluarga. Ishaan dan Suhana pindah ke Mumbai dan mengenal kehidupan Mumbai. Sementara itu, Ilesh dibebaskan dan dinyatakan tidak bersalah.

Di Mumbai, Ishaan bertemu dengan Sonali. Ishaan dan Suhana mengetahui bahwa Sonali telah menikah dengan Abhishek, yang terobsesi padanya. Ishaan mengetahui bahwa Sonali menderita pelecehan karena hal ini. Sementara itu, Ishwar telah kembali ke rumah Kashyap, Meskipun tidak ada yang mau menerimanya, dia berusaha bersikap tegas kepada mereka untuk menerima dan memaafkannya. Panna sedang hamil, tapi Ishwar merusak kebahagiaannya. Suhana secara tidak sengaja mengetahui kembalinya Ishwar dan merasa sangat ingin terhubung dengan Badi Maa. Dia bergegas ke Delhi dan mengetahui bahwa Ishwar telah bersekongkol melawan keluarga tersebut untuk mendapatkan kepemilikan rumah tersebut, karena dia ingin menjualnya, dengan dalih menjual beberapa perhiasan keluarga. Dia mengungkapkan hal ini kepada seluruh keluarga dan mereka sangat terkejut. Akhirnya, saat keluarga Kashyap mengetahui hal ini, Dadaji dan yang lainnya mengusir Ishwar dari rumah dan memutuskan hubungan dengannya. Sementara Ishaan sangat marah karena semua orang tahu tentang kembalinya Ishwar dan konspirasinya, namun tidak membiarkan dia mengetahui masalah tersebut, Dadiji menyalahkan dirinya sendiri atas penipuan Ishwar, dan membiarkan Shailaja menemuinya.

Suhana melihat Sonali bersama Ishaan dan meragukan dia berselingkuh dengannya. Dia meninggalkannya dan kembali ke Delhi. Dia kemudian membawa Badi Maa dan Alok ke Mumbai yang membantunya mengetahui kebenaran bahwa Abhishek memukul Sona dan meminta maaf padanya dan kembali bersama Ishaan. Sekembalinya ke Delhi, Suhana menyatakan kepada keluarganya bahwa dia ingin mulai bekerja. Dia menerima tawaran untuk membintangi sebuah acara televisi sebagai pemeran utama. Rano, ibu mertuanya, menentangnya, tapi semua orang mendukungnya. Ilesh menemani Suhana ke lokasi syuting dan kemudian menikmati menangani dan mengelola kariernya sebagai agennya. Hal ini menyebabkan gangguan dalam keluarga karena Rano merasa Suhana mengabaikan tugas istrinya terhadap Ishaan; Disha merasa Ilesh tidak mendapatkan rasa hormat dari Suhana sebagai kakak iparnya karena dipekerjakan olehnya. Ishaan juga menjadi egois karena Suhana berpenghasilan lebih dari dia dan merupakan seorang bintang. Namun, ayahnya menghancurkan ilusi itu dan dia menyadari kesalahannya.

Di tengah semua itu, Sanjana (adik Suhana) dan Deepak saling jatuh cinta. Deepak mengatakan yang sebenarnya kepada Sanjana bahwa dia adalah anak pemerkosaan dan Sanjana menerimanya. Namun dia enggan mengatakan yang sebenarnya kepada ayahnya. Suami Radha, yang menjualnya kepada pria yang menghinanya, mengolok-olok upacara pertunangan dengan mengungkapkan kebenaran kepada semua orang. Kamal menolak aliansi antara Deepak dan Sanjana karena Deepak tidak sah. Generasi muda Kashyap memutuskan untuk membantu Deepak dan Sanjana kawin lari, tapi Radha menghentikannya. Akhirnya, semua orang meyakinkan Kamal dan dia setuju; Deepak dan Sanjana menikah. Semua orang hidup bahagia selamanya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Utama[sunting | sunting sumber]

  • Ragini Khanna sebagai Suhana Kashyap (sebelumnya Bajpai): Putri Vidisha dan Kamal; saudara perempuan Sanjana; Istri Ishaan (2010–2012)[6]
  • Jay Soni sebagai Ishaan Kashyap: Putra Rano dan Alok; saudara laki-laki Ishika; Suami Suhana (2010–2012)
  • Supriya Pilgaonkar sebagai Shailaja Kashyap: istri Ishwar; ibu Inder dan Panna; Nenek Meethi (2010–2012)

Pendukung[sunting | sunting sumber]

  • Mahesh Thakur sebagai Kamal Kishore Bajpai: duda Vidisha; Ayah Suhana dan Sanjana (2010–2012)
  • Vaishnavi Mahant sebagai Vidisha Bajpai: istri Kamal; Ibu Suhana dan Sanjana (2010-2011) (Meninggal)
  • Sooraj Thapar sebagai Alok Kashyap: Putra Gayatri dan Ambarnath; saudara laki-laki Ishwar, Urmi dan Radha; suami Rano; ayah Ishaan dan Ishika (2010–2012)
  • Shruti Ulfat sebagai Rano Kashyap: istri Alok; Ibu Ishaan dan Ishika (2010–2012)
  • Sadiya Siddiqui sebagai Radha Kashyap: Putri Gayatri dan Ambarnath; saudara perempuan Ishwar, Alok dan Urmi; Mantan istri Sudhir; ibu Deepak (2010–2012)
  • Sudhir Pandey sebagai Ambarnath Kashyap: suami Gayatri; ayah Ishwar, Alok, Urmi Radha; Kakek Inder, Panna, Ishaan, Ishika, Deepak dan Ilesh (2010–2012)
  • Anita Kanwal sebagai Gayatri Kashyap: Istri Ambarnath; ibu Ishwar, Alok, Urmi Radha; nenek Inder, Panna, Ishaan, Ishika, Deepak dan Ilesh (2010–2012)
  • Sulabha Arya sebagai Shanti Chintamani Shukla: bibi Kamal; Kakek Suhana dan Sanjana (2011–2012)
  • Indraneel Bhattacharya sebagai Ishwar Kashyap: Putra Ambarnath dan Gayatri; saudara laki-laki Alok, Urmi dan Radha; suami Shailaja; Ayah Inder dan Panna; Kakek Meethi (2010–2011)
  • Jiten Lalwani sebagai Indrabhan "Inder" Kashyap: Putra Shailaja dan Ishwar; saudara laki-laki Panna; suami Rajni; Ayah Mithi (2010–2012)
  • Bhairavi Raichura sebagai Rajni Kashyap: istri Inder; ibu Meethi (2010–2012)
  • Muskaan Uppal sebagai Meethi Kashyap: Putri Rajni dan Inder (2010–2012)
  • Moonmoon Banerjee sebagai Panna Kashyap Sharma: Putri Shailaja dan Ishwar; saudara perempuan Inder; Istri Raunak (2010–2011)
  • Sailesh Gulabani sebagai
    • Raunak Sharma: Putra Kamini dan Vishwanath; Suami Panna (2010–2011)
    • Anil Parihar: mirip Raunak; Suami Piya (2011)
  • Sham Mashalkar sebagai Ilesh Bhardwaj: putra Urmi; Suami Disha (2010–2012)
  • Pooja Kanwal / Ridheema Tiwari sebagai Disha Bhardwaj: istri Ilesh (2010-2011) / (2012)
  • Akshay Sethi sebagai Deepak Sharma: Putra Radha dan Sudhir; Suami Sanjana (2010–2012)
  • Tapeshwari Sharma sebagai Sanjana Bajpai Sharma: Putri Vidisha dan Kamal; saudara perempuan Suhana; Istri Deepak (2010–2012)
  • Neha Narang sebagai Ishika Kashyap: Putri Rano dan Alok; Adik Ishaan (2010–2012)
  • Beena Bhatt sebagai Meena: Pembantu rumah tangga di rumah Kashyap (2010–2012)
  • Banwari Lal Jhol sebagai Gopi Kaka: Pembantu rumah tangga di rumah Bajpai (2010–2012)
  • Pradeep Kabra sebagai Sudhir: Mantan suami Radha; Ayah Deepak (2010, 2012)
  • Saurabh Dubey sebagai Vishwanath Sharma: Suami Kamini; Ayah Raunak (2009–2011)
  • Kanika Dang sebagai Kamini Sharma: istri Viswanath; ibu Raunak (2010–2011)
  • Jayati Bhatia sebagai Manjula "Manju" Saigal: Tetangga keluarga Kashyap yang berisik (2010–2011)
  • Mohit Malhotra sebagai Siddhant "Sid" Bhatnagar: Mantan pacar Suhana (2010)
  • Nishant Singh Malkani sebagai Raj: Teman Sanjana (2010)
  • Shagufta Ali sebagai Sumitra Bua (2010)
  • Karan Thakur sebagai Mohit (2011)
  • Sujata Vaishnav sebagai Sharda Bua: Adik Ambarnath (2011)
  • Shruti Bapna sebagai Piya Parihar: Istri Anil (2011)
  • Firdaus Mevawala sebagai bos Inder (2011)
  • Hunar Hali sebagai Sonali Abhishek Jhavre: teman Ishaan; Istri Abhishek (2010–2012)
  • Mehak Manwani (cameo) (2011)
  • Sarika Nanda sebagai Rachit: Kerabat Khushi (2011)
  • Rajiv Kumar sebagai Mohit: teman Rano (2011)
  • Amit Dolawat sebagai Abhishek Jhavre: Suami Sonali (2012)
  • Suchita Trivedi sebagai Savita (2012)
  • Armaan Tahil sebagai Shekhar (2012)
  • Manasi Parekh sebagai Gulaal (2011)
  • Sanaya Irani sebagai Khushi Kumari Gupta Singh Raizada (2012)
  • Pooja Gor sebagai Pratigya Saxena Singh (2011)

Sekuel[sunting | sunting sumber]

Sekuel dari serial ini berjudul Sasural Genda Phool 2[7] ditayangkan mulai 7 Desember 2021 hingga 15 April 2022 di Star Bharat dibintangi Jay Soni dan Shagun Sharma sebagai pemeran utama baru.[8]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Kritikus[sunting | sunting sumber]

The Hindu menyatakan, “Sasural Genda Phool di Star Plus telah terbukti menjadi angin segar dari gambaran stereotip serial ‘saas-bahu (ibu mertua-menantu perempuan). Penampilan aktor kawakan seperti Sudhir Pandey, Anita Kanwal, Supriya Pilgaonkar, Sooraj Thapar dan Sadia Siddiqui memberikan cita rasa kekeluargaan India yang sesungguhnya di mana, seperti yang ditegaskan Gaurav, ada gabungan dari semua emosi ringan yang akan mengubah cara pemirsa memandang masyarakat kita melalui televisi."[9]

The Indian Express mengutip serial ini sebagai 'slice-of-life, light-hearted'.[10] Ia juga menyatakan: "Ini tidak hanya menentang formula fiksi tetapi juga membuktikan bahwa pemirsa terbuka untuk menonton cerita bagus di mana isu-isu serius ditangani dengan cara yang positif dengan perpaduan yang tepat antara emosi, drama, humor dan kesenangan."[11]

Rating[sunting | sunting sumber]

Awalnya, ini adalah pemimpin slot yang berkisar antara 2,5 dan 3 TVR. Segera, ia juga masuk dalam 10 GEC Hindi teratas dengan puncak 5+ TVR.[12] Namun, setelah Mei 2011, rating serial tersebut mulai menurun.[13]

Pada minggu pertama bulan Januari 2011, ini adalah GEC Hindi kedua yang paling banyak ditonton setelah Saath Nibhaana Saathiya, mengumpulkan 5,8 TVR.[14] Pada minggu ketiga Januari 2011 menempati posisi ketiga dengan TVR 5,49.[15]

Nominasi dan Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Penerima Hasil Ref
2010 Indian Telly Awards Aktor Paling Populer dalam Peran Pendukung (Wanita) Supriya Pilgaonkar Menang
Aktor Paling Populer (Wanita) Ragini Khanna
Indian Television Academy Awards Serial Terbaik Sasural Genda Phool
Drama Aktor Terbaik (Kritikus) Jay Soni
Aktris Terbaik dalam Peran Pendukung Supriya Pilgaonkar
BIG Star Entertainment Awards Penghibur TV Terbaik Ragini Khanna
2011 Zee Gold Awards Aktor Terbaik Jay Soni
Find of the year Ragini Khanna
Indian Television Academy Awards Aktris Terbaik dalam Peran Pendukung Bhairavi Raichura [16]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "GECS SCOUT FOR REGIONAL CONCEPTS AS 'REMAKE' GETS BIG". Indian Television. 
  2. ^ "Sasural Genda Phool Team reunites; Ridheema Tiwari, Anita Kanwal, Shruti Ulfat have a blast together". Times of India. 27 August 2019. 
  3. ^ "Why Ragini Khanna is blank, shocked, disappointed". Hindustan Times. 19 April 2012. 
  4. ^ "From 'Bhutu' to 'Sreemoyee': Bengali shows which are remade in other languages". The Times of India. 
  5. ^ "One for every state". The Indian Express. 
  6. ^ "Ragini's not quitting 'Sasural Genda Phool'". The Times of India. 6 April 2011. 
  7. ^ "Sasural Genda Phool to return with a second season; Jay Soni and Sooraj Thapar to reprise their roles". Times Of India. 17 September 2021. 
  8. ^ "Not Ragini Khanna but Shagun Sharma to play the lead opposite Jay Soni in Sasural Genda Phool 2". The Times Of India. 6 October 2021. 
  9. ^ "Family gets a make over". The Hindu. 11 March 2010. 
  10. ^ "Regional tadka". The Indian Express. 
  11. ^ "Who is the prime-time leader?". The Indian Express. 
  12. ^ "Why Ragini Khanna is blank, shocked, disappointed". Hindustan Times. 19 April 2012. 
  13. ^ "Sasural Genda Phool is dipping..." The Times of India. 5 July 2011. 
  14. ^ "Top ten shows on tv this week". Hindustan Times. 7 January 2011. 
  15. ^ "Top ten shows on TV this week". Hindustan Times. 21 January 2011. 
  16. ^ "Amitabh, Dharmendra honoured at Indian Television Awards". Hindustan Times. 26 September 2011.