Lompat ke isi

Sarangan (tumbuhan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sarangan
Weinmannia Edit nilai pada Wikidata
Taksonomi
KerajaanPlantae
DivisiTracheophyta
OrdoOxalidales
FamiliCunoniaceae
GenusWeinmannia Edit nilai pada Wikidata
Linnaeus, 1759
Tata nama
Dinamakan berdasarkanJohann Wilhelm Weinmann (en) Terjemahkan Edit nilai pada Wikidata

Sarangan (Weinmannia) adalah genus pohon dan perdu dalam keluarga Cunoniaceae . Ini berisi 90 spesies, yang tersebar dari Meksiko hingga Amerika Tengah dan Selatan termasuk Karibia, dan hingga Kepulauan Mascarene (Mauritius dan Réunion) di bagian barat Samudra Hindia. [1] Ia tidak terdapat di daratan Afrika dan Australia, tetapi beberapa fosil telah dikaitkan dengan Weinmannia di Australia.

Daunnya sederhana atau menyirip, pinggirannya biasanya bergerigi, dan stipula interpetiolar. Bunganya biseksual, berwarna putih, tersusun dalam bentuk racemes. Buahnya berupa kapsul yang terbuka secara vertikal dari atas hingga ke pangkal. Bijinya berbulu tanpa sayap.

 

Taksonomi[sunting | sunting sumber]

Sampai saat ini genus tersebut mencakup lima bagian: [2]

  • Fasciculata (kebanyakan Malesia, dari Sumatra hingga Fiji)
  • Inspersa (Madagaskar)
  • Leiospermum (kebanyakan Pasifik, dari kepulauan Bismarck hingga Marquesas)
  • Spicata (Madagaskar dan Comores)
  • Weinmannia (Amerika Tengah dan Selatan, Mascarenes)

Sebuah studi filogenomik oleh Pillon et al. (2021) menyimpulkan bahwa Weinmannia bersifat parafiletik, dan membentuk dua klade yang berbeda. Spesies yang termasuk dalam empat bagian Dunia LamaFasciculatae, Inspersae, Spicatae, dan Leiospermum – membentuk kelompok monofiletik, yang merupakan saudara dari genera Dunia Lama (kebanyakan Kaledonia Baru ) Cunonia dan Pancheria . Bagian Weinmannia, yang mencakup spesies dari Amerika dan Kepulauan Mascarene, adalah saudara dari kumpulan Dunia Lama. Mereka mengusulkan untuk menempatkan empat bagian Dunia Lama ke dalam genus Pterophylla yang dihidupkan kembali, dengan genus Weinmannia terbatas pada spesies Amerika dan Mascarene di bagian Weinmannia . [3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • "Weinmannia". Encyclopedia of Chilean Flora (dalam bahasa Spanyol). Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 December 2010. Diakses tanggal 4 February 2014. 
  1. ^ Weinmannia L. Plants of the World Online, Kew Science. Accessed 14 April 2023.
  2. ^ Pillon, Y., H. C. F. Hopkins, O. Maurin, N. Epitawalage, J. Bradford, Z. S. Rogers, W. J. Baker, and F. Forest. 2021. Phylogenomics and biogeography of Cunoniaceae (Oxalidales) with complete generic sampling and taxonomic realignments. American Journal of Botany 108(7): 1181–1200.
  3. ^ Pillon, Y., H. C. F. Hopkins, O. Maurin, N. Epitawalage, J. Bradford, Z. S. Rogers, W. J. Baker, and F. Forest. 2021. Phylogenomics and biogeography of Cunoniaceae (Oxalidales) with complete generic sampling and taxonomic realignments. American Journal of Botany 108(7): 1181–1200.