Saraf plantar medial

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Medial plantar nerve
The plantar nerves.
Rincian
Cabang asalTibial nerve
PersarafanSole,
Abductor hallucis muscle,
Flexor digitorum brevis muscle,
Flexor hallucis brevis muscle,
1 medial lumbrical
Pengidentifikasi
Bahasa LatinNervus plantaris medialis
TA98A14.2.07.066
TA26590
FMA44716
Daftar istilah neuroanatomi

Saraf plantar medial (nervus plantar internal) adalah yang lebih besar dari dua divisi terminal saraf tibialis (nervus plantar medial dan lateral), yang menyertai arteri plantar medial.

Dari asalnya di bawah ligamen laciniate, ia melewati di bawah penutup otot abduktor hallucis, dan, muncul di antara otot ini dan fleksor digitorum brevis, mengeluarkan saraf plantar digital yang tepat dan akhirnya membagi berlawanan dengan dasar tulang metatarsal menjadi tiga jari yang umum. saraf plantar.

Ranting[sunting | sunting sumber]

Cabang-cabang saraf plantar medial adalah: (1) kulit, (2) otot, (3) artikular, (4) saraf digital yang tepat ke sisi medial jempol kaki, dan (5) tiga saraf digital umum.

Cabang kulit[sunting | sunting sumber]

Cabang kutaneus menembus plantar aponeurosis antara abductor hallucis dan fleksor digitorum brevis dan didistribusikan ke kulit telapak kaki.

Cabang otot[sunting | sunting sumber]

Cabang-cabang otot mempersarafi otot-otot di sisi medial telapak kaki, termasuk abductor hallucis, flexor digitorum brevis, flexor hallucis brevis, dan lumbrical pertama ; mereka untuk abductor hallucis dan fleksor digitorum brevis muncul dari batang saraf di dekat asalnya dan memasuki permukaan dalam otot; cabang m.flexor hallucis brevis muncul dari nervus digitalis kanan ke sisi medial jempol kaki, dan cabang lumbrical pertama berasal dari nervus digitalis komunis pertama.

  • Cabang artikular

Cabang artikular mempersarafi artikulasi tarsus dan metatarsus .

Saraf digital yang tepat dari jempol kaki[sunting | sunting sumber]

Saraf digital yang tepat dari jempol kaki (nn. digitales plantares proprii; cabang digital plantar) memasok fleksor hallucis brevis dan kulit di sisi medial jempol kaki.

Tiga saraf digital umum[sunting | sunting sumber]

Tiga nervus digitalis komunis (nn. digitales plantares communes) berjalan di antara divisi aponeurosis plantar, dan masing-masing bercabang menjadi dua saraf digitalis yang tepat—nervus digitalis komunis pertama mempersarafi sisi yang berdekatan dari ibu jari dan jari kaki kedua; yang kedua, sisi yang berdekatan dari jari kaki kedua dan ketiga; dan yang ketiga, sisi yang berdekatan dari jari kaki ketiga dan keempat.

Saraf digital ketiga yang umum menerima cabang komunikasi dari saraf plantar lateral; yang pertama memberikan ranting ke lumbricals pertama .

Setiap saraf digital yang tepat mengeluarkan filamen kulit dan artikular; dan di seberang phalanx terakhir mengirimkan ke atas sebuah cabang dorsal, yang memasok struktur di sekitar kuku, kelanjutan dari saraf yang didistribusikan ke ujung jari kaki.

Akan diamati bahwa saraf digital ini serupa dalam distribusinya dengan saraf median di tangan.

Referensi[sunting | sunting sumber]