Santa Elena de Uairén

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Spesimen emas dari Mina Zapata, Santa Elena de Uairén

Santa Elena de Uairén (pengucapan bahasa Spanyol: [ˈsanta eˈlena ðe wajˈɾen]) adalah sebuah kota kecil di Venezuela dengan jumlah penduduk 29.795 jiwa (pada 2006) di negara bagian Bolívar dekat perbatasan dengan Brasil dan Guyana. Didirikan oleh Lucas Fernandez Peña pada 1923 dan nama kota ini berasal dari putri pertama Lucas Fernandez Pena Elena, dan Uairén di tepi sungai yang melintasi kota.

Terletak di tengah La Gran Sabana, Santa Elena adalah rumah bagi banyak agen perjalanan yang menawarkan wisata di Taman Nasional Canaima, penerbangan di atas Angel Falls, dan wisata hiking ke Monte Roraima yang terkenal.

Kota ini terkenal karena kehadiran masyarakat adatnya yang berpengaruh; bahkan ada komunitas yang disebut Manakrü (diucapkan mah-nah-CREE) yang seluruhnya dihuni oleh penduduk asli. Sekolah di lingkungan ini menggunakan bahasa Spanyol dan Pemon, bahasa pribumi.

Karena kedekatannya dengan negara bagian Roraima di Brasil, Santa Elena melihat pertukaran yang sibuk antara kedua negara produk konsumen Brasil dari Brasil dan minyak dan bensin Venezuela. Kota Brasil lainnya yang berdagang dengan Santa Elena de Uairen adalah Manaus, Santarém, Macapá, dan Belém.

Santa Elena dinilai relatif aman dibandingkan dengan kota-kota Venezuela lainnya.[1]

Bahasa[sunting | sunting sumber]

Bahasa dari hampir semua penduduk asli di daerah tersebut adalah Pemón, bahasa keluarga Karibia yang terkait dengan Tamanaco dan Chaimas yang telah punah. Kebanyakan dari mereka juga berbicara bahasa Spanyol. Namun, ada banyak penduduk non-pribumi yang berbicara bahasa Spanyol. Di Santa Elena de Uairén, juga umum ditemukan bahwa sebagian besar penduduknya berbicara bahasa Portugis, karena kedekatannya dengan Brasil.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Santa Elena didirikan pada tahun 1923 oleh Lucas Fernández Peña, tertarik dengan tambang berlian yang ditemukan di sana. Pada tahun 1999, kota ini dideklarasikan sebagai zona bebas, karena kedekatannya dengan Brasil, kota ini dipadati oleh warga Brasil selama akhir pekan yang mencari harga rendah seperti makanan, elektronik, dan produk kebersihan.

Pembantaian 2019[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2019, Pengawal Nasional Venezuela menembak beberapa warga sipil Pemon di kota tersebut, tak lama setelah mereka membunuh sejumlah besar pengunjuk rasa di San Francisco de Yuruaní .[2] Pembantaian dimulai pada pukul 07.00 pagi dan mengakibatkan 11 kematian serta 31-57 luka-luka.[3] [4] Kritik luas meletus sebagai tanggapan atas serangan itu.[5]

Kota kembar[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Venezuela on the brink: a journey through a country in crisis". The Guardian (dalam bahasa Inggris). 2016-10-11. Diakses tanggal 2021-11-23. 
  2. ^ "GameChangers 2019: Illegal Mining, Latin America's Go-To Criminal Economy". InSight Crime (dalam bahasa Inggris). 2020-01-20. Diakses tanggal 2021-11-23. 
  3. ^ AFP. "US vows to take action as Venezuela aid operation turns deadly". Times of Israel (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-11-23. 
  4. ^ "Venezuelan Massacres Investigated". ROBERT F. KENNEDY HUMAN RIGHTS (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-11-23. 
  5. ^ "Venezuela: Authorities must stop attacks against the population". Amnesty International (dalam bahasa Inggris). 2019-02-23. Diakses tanggal 2021-11-23.