Sanofi Group Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sanofi Group Indonesia
IndustriIndustri obat-obatan
Didirikan20 Agustus 2004 (akuisisi) sebagai Sanofi Aventis
6 May 2011 sebagai Sanofi
Kantor
pusat
Jl. Jend. Ahmad Yani No. 2 Pulomas, Kayu Putih, Pulogadung, Jakarta Timur 13210 Indonesia
ProdukKardiovaskuler, Trombosis, Susunan Saraf Pusat, Penyakit Dalam, Onkologi, Tulang, Gangguan Metabolisme, Produk lain, Vaksin
Anak
usaha
PT. Aventis Pharma
PT. Sanofi Aventis Indonesia
Situs webwww.sanofi.co.id

Sanofi di Indonesia memiliki sejarah yang panjang terhitung sejak tahun 1969. Salah satu cikal bakal perusahaannya di Indonesia adalah PT. Hoechst Pharmaceutical Indonesia yang kemudian menjadi Hoechst Marion Roussel Indonesia, dan kemudian menjadi PT. Aventis Pharma. Setelah bergabung dengan Sanofi Synthelabo pada tahun 2004, nama perusahaan berubah menjadi sanofi-aventis, untuk kemudian berubah lagi menjadi Sanofi pada tahun 2011. Sanofi Group Indonesia terdiri atas 2 (dua) badan hukum yaitu: PT. Aventis Pharma dan PT. Sanofi Aventis Indonesia.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Kantor pusat Sanofi Group Indonesia berlokasi di Pulo Mas, Jakarta menduduki lahan dengan luas 33.000 m² dimana terdapat kantor pemasaran, administrasi dan fungsi pendukung lainnya, serta sebuah fasilitas manufaktur farmasi modern yang menganut CPOB.

Aset Terpenting[sunting | sunting sumber]

Bagi Sanofi Group Indonesia sumber daya manusia adalah aset yang terpenting dalam kegiatannya. Saat ini ada sekitar 700 orang anggota manajemen dan karyawan yang dipekerjakan oleh Sanofi Group Indonesia.
Dalam usahanya mencapai kinerja terbaik dibidangnya Sanofi Group menerapkan budaya perusahaan yang digerakkan oleh nilai-nilai perusahaan:

  • Innovation
  • Confidence
  • Respect
  • Solidarity
  • Integrity

Medical dan Regulatory Affairs[sunting | sunting sumber]

Semua kegiatan yang berkaitan dengan produk didukung oleh tim medis dan para ahli farmasi yang memastikan bahwa efektivitas serta efek samping produk-produk Sanofi dipantau secara berkesinambungan.

Manufaktur[sunting | sunting sumber]

Sanofi Group Indonesia baru saja memperbaharui fasilitas manufakturnya di Pulo Mas, sehingga menjadi salah satu fasilitas produksi terbaik di dunia dalam kelasnya. Investasi ini menunjukan keseriusan Group untuk bertahan di Indonesia menghadapi tantangan yang ada. Pembaharuan tersebut dilakukan dalam rangka memenuhi standar mutu Sanofi yang tinggi, persyaratan internasional serta ketentuan GMP (CPOB – Cara Pembuatan Obat yang Baik) Indonesia. Selain itu pembaharuan itu juga dilakukan untuk mencapai rujukan standar kualitas HSE (Health, Safety dan Environment) perusahaan maupun standar lainnya.

Vaksin[sunting | sunting sumber]

Melalui Sanofi Pasteur, Divisi Vaksin, Sanofi Group menyediakan jenis vaksin yang terlengkap melindungi masyarakat dunia terhadap 20 macam penyakit yang disebabkan oleh bakeri maupun virus
Di Indonesia saat ini Sanofi Pasteur menyediakan vaksin-vaksin:

  • Influensa, rabies, hepatitis B, hepatitis A, pneumonia, varisela, MMR, tifoid, Hib, poliomyelitis, DPT, vaksin kombinasi DPT+Hib dan DPT+Hib+polo

Kegiatan pengadaan vaksin di Indonesia dilakukan oleh divisi Sanofi Pasteur yang merupakan bagian dari PT Aventis Pharma.
Sanofi Pasteur merupakan mitra Global Alliance for Vaccines & Immunization (GAVI), yakni sebuah badan yang berupaya memastikan terciptanya perlindungan bagi setiap anak terhadap penyakit yang dapat diatasi dengan vaksin. Melalui Sanofi Pasteur juga, Sanofi Group aktif menyumbang dalam jumlah besar untuk penerapan program Global Polio Eradication Initiative. Hingga akhir 2005, Sanofi Group telah menyumbang 120 juta dosis vaksin polio oral.