Sanny Saofit Sunendar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sanny Saofit Sunendar
SUNNNNNYYYY.jpg
LahirSanny Saofit Sunendar
22 Desember 1973 (umur 49)
Jakarta, Jawa Barat
Nama lainSanny FM
Pekerjaanpenyanyi
Karier musik
GenrePop Progressive, Alternative Rock
Tahun aktif1991 - sekarang
Artis terkaitFive Minutes, Forward Band
Mantan anggotaFive Minutes

Sanny Saofit Sunendar atau yang biasa dikenal dengan Sanny FM adalah penyanyi asal Indonesia. Sebelumnya, Sanny bergabung dengan Five Minutes posisi Vokalis dari 1991 hingga 2006. Tahun 2008, Sanny bersama 3 rekan lainnya pernah membentuk grup musik bernama Forward Band dan mengeluarkan album indie. Band tersebut tidak bertahan lama, hanya sampai tahun 2009.

Sanny Saofit sendiri adalah kakak kandung dari Alm. Danny Saofit, gitaris Caffeine & Ronny Saofit, bassist Forward Band.

Awal Hidup[sunting | sunting sumber]

Sanny yang lahir di Jakarta menghabiskan masa-masa kecilnya hingga sekarang di Bandung.

Bergabung dengan Five Minutes[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1991, Sanny bertemu dengan para personel Five Minutes. Saat itu, selain Sanny sendiri sebagai salah satu personil awal dari Five Minutes bergabung dengan Ricky FM (keyboard), Drie FM (bass), Sonny Krisna Yudha (gitar - gitaris The Titans) dan Yudi (drum - drummer Caffeine) di Bandung membentuk Grup Band dengan nama Five Minutes. Namun pada tahun 1992, posisi Yudi sebagai Drummer tidak bertahan lama dan digantikan oleh Dicky Hermawan.

Five Minutes masuk dalam ajang Festival Band Se-Jabar-DKI dan berhasil menjadi Juara 1 dari 102 peserta yang berpartisipasi. Tidak lama kemudian, Five Minutes masuk ke dalam dapur rekaman. Pada grup musik tersebut, Sanny mendapat posisi sebagai Vokalis.

Album pertama mereka berjudul Five Minutes (1995), yang diikuti oleh rilisnya album kedua Five Minutes 2 (1996), Romantik (1996), Nostalgik (1997), Ouw! (1997), Sekat (2002) dan The Best + 5 (2003). Penampilan yang unik dengan mengenakan sarung di panggung, menjadi salah satu daya tarik mereka.

Setelah 15 tahun memperkuat Five Minutes di posisi vokalis, tepatnya pada akhir bulan Desember 2006, Sanny memutuskan resign dari Five Minutes dikarenakan warna dan konsep dari musik Five Minutes yang selama itu ada telah berubah. Dan akhirnya, posisi Sanny digantikan oleh Richie Setiawan pada awal tahun 2007.

Membentuk Forward Band[sunting | sunting sumber]

Setelah keluar dari Five Minutes, Sanny memutuskan kembali ke Bandung. Dan disanalah Sanny bertemu dengan rekan-rekan lamanya dan membentuk grup musik Forward Band pada 20 Mei 2008. Bersama Forward Band, Sanny telah merilis 1 buah album Indie.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Bersama Five Minutes
Bersama Forward Band
Single