Sandi substitusi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Dalam kriptografi, sandi substitusi adalah jenis metode enkripsi dimana setiap satuan pada teks terang digantikan oleh teks tersandi dengan sistem yang teratur; suatu "satuan" dapat berarti satu huruf (paling umum), pasangan huruf, suku kata, kata, dan sebagainya. Sang penerima pesan baru dapat membaca pesan tersebut setelah melakukan substitusi balik terlebih dahulu. Pada sandi substitusi, satuan-satuan pada teks terang diubah namun susunannya tetap. Kebalikannya adalah sandi transposisi, dimana satuan-satuan teks terang susunannya diacak sedemikian rupa sehingga tidak dapat terbaca, namun tidak mengubah/menyubstitusi huruf-huruf tersebut.

Sandi substitusi juga dikelompokkan menjadi berbagai jenis. Jika sandi tersebut menyubstitusi huruf demi huruf, maka ia disebut sandi substitusi sederhana; jika menyubstitusi dengan urutan yang lebih besar disebut sandi substitusi poligraf. Sebuah sandi substitusi monoalfabetik menggunakan pola substitusi yang tetap di seluruh pesan (misal: sandi Caesar), sedangkan sandi substitusi polialfabetik menggunakan substitusi yang berbeda-beda sepanjang pesan (misal: sandi Vigenère).

Substitusi sederhana[sunting | sunting sumber]

Substitusi satu huruf secara terpisah (substitusi sederhana) dapat dilakukan dengan menuliskan seluruh alfabet pada urutan tertentu untuk menggambarkan penggantian / substitusi. Alfabet sandi dapat digeser (sandi Caesar) atau dibalik (sandi Atbash), maupun diacak dengan lebih rumit.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]