Samoyed

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Samoyed
Samoyed 600.jpg
Nama lain Bjelkier, Samoiedskaya Sobaka, Nenetskaya Laika
Nama panggilan Anjing Tersenyum
Sammy
Sam
Negara asal Russia Barat Laut dan Siberia Barat
Ciri-ciri

Samoyed adalah salah satu dari 14 anjing ras termurni di dunia. Bulunya tebal, berwarna putih, dengan wajah khas yang mirip dengan serigala. Bentuk tubuhnya tegak sempurna, dengan ekor yang melengkung ke arah punggungnya. Mata dan mulutnya dibingkai oleh garis warna hitam, menegaskan ekspresi wajah yang selalu ramah. Begitu ramahnya, anjing ini memiliki julukan anjing tersenyum.

Nama Samoyed diambil dari nama suku Samoyede. Mereka adalah suku Asia yang bermigrasi ke Siberia ribuan tahun yang lalu. Mereka membiakkan anjing ini untuk membantu kehidupan sehari-hari mereka di tempat tinggal yang bersuhu ekstrem.

Samoyed memegang peran yang vital dalam keluarga suku semi-nomaden itu. Selain menggembalakan rusa kutub dan menarik kereta salju, Samoyed juga diandalkan menjaga anak-anak mereka.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Orang Samoyede hidup di tenda dan meringkuk bersama kawanan anjing mereka untuk mendapatkan kehangatan di malam hari.Kebutuhan untuk saling menjaga dan bertahan hidup membentuk ikatan yang kuat antara anjing Samoyed dengan manusia.

Karena orang Samoyede sangat bergantung pada rusa sebagai sumber makanan, kulit, dan bulu, mereka menggunakan anjingnya untuk memburu rusa. Namun seiring perkembangan jaman, budaya mereka berubah dari semula memburu rusa menjadi menggembalakan rusa. Anjing pemburu berwarana putih dan berbulu tebal milik mereka pun mendapatkan peran baru sebagai penjaga dan penggembala rusa.

Pada akhir abad ke-18, petualang Arktik yang baru kembali ke Inggris memperkenalkan anjing Samoyed kepada kalangan bangsawan pencinta anjing. Ratu Alexandra menjadi sangat kagum dengan anjing ini hingga mempromosikannya sebagai anjing pertunjukan dan peliharaan yang baik.

Pada tahun 1906 di Amerika, seekor anjing putih yang diberi nama Moustan of Argenteau mencatatkan sejarah sebagai anjing ras Samoyed pertama yang dicatat oleh American Kennel Club.[1]

Ciri Khas[sunting | sunting sumber]

Samoyed berbulu putih, dengan sedikit warna krem di sekitar telinga atau wajah. Warna lebih gelap akan didiskualifikasi dan tidak akan diterima sebagai anjing Samoyed oleh Perkin. Bulu tebal ini, terdiri dari dua lapisan. Bulu halus di dalam berfungsi sebagai penghangat di kala dingin, dan bulu panjang di luar yang memiliki lapisan anti air berfungsi sebagai peneduh sekaligus mengusir kotoran serta kutu anjing. Telinga berbentuk segitiga dan selalu berdiri. Mata Samoyed berwarna gelap, bervariasi mulai dari coklat tua ke hitam, dibingkai oleh garis hitam yang tegas. Ekor melengkung ke belakang punggung, terutama pada saat waspada.

Ukuran[sunting | sunting sumber]

Berat jantan rata-rata 20-32.5 kg, berat betina rata-rata 17-25 kg

Karakter[sunting | sunting sumber]

Julukan anjing tersenyum diberikan kepada Samoyed bukan tanpa alasan. Secara sifat, Samoyed tidak agresif. Ia sangat ramah dan senang bermain, sehingga lebih cocok dijadikan anjing keluarga dibanding anjing penjaga. Naluri penggembalanya membuat Samoyed menjadi anjing terbaik untuk menemani anak-anak dan menjaga mereka.

Sifat senang bersosialisasi Samoyed tidak hanya membawa sisi positif, namun juga negatif. Karena sifat ini, Samoyed akan merasa stres dan sedih apabila ditinggalkan sendirian atau berada jauh dari pemiliknya. Hal ini disebut separation anxiety. Pada tingkat akut, separation anxiety dapat menyebabkan masalah kesehatan dan perilaku agresif yang membahayakan dirinya sendiri serta pemiliknya seperti menggigit.[2]

Samoyed sering dianggap sebagai anjing yang keras kepala. Karakter ini menjadi ciri khas anjing-anjing yang memiliki kecerdasan tinggi. Dia memiliki kehendak sendiri sehingga sering kali tidak menuruti perintah yang dianggapnya tidak masuk akal dan bersikap seolah-olah tidak mengerti. Namun karakternya yang berkepribadian ini justru membuatnya lebih menarik. Latihan yang bervariasi dan tidak membosankan diperlukan untuk mendidik anjing ini.

Latihan kedisiplinan harus dimulai sejak dini agar tertanam hingga dewasa.

Samoyed di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Walaupun anjing dari daerah kutub, bukan berarti Samoyed tidak cocok hidup di Indonesia. Beberapa kennel trah Samoyed yang ada di Indonesia, berada di daerah berudara sejuk seperti di Bandung atau Bogor. Walau tidak sepopuler anjing Golden Retriever, tetapi Samoyed cukup banyak dipelihara, bahkan ada beberapa perkumpulan pemilik dan penggemar Samoyed.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Samoyed Dog Breed Information". American Kennel Club. Diakses tanggal 31 Desember 2020. 
  2. ^ "Anjing Samoyed: Ciri Fisik, Jenis, Harga, dan Cara Merawatnya". 26 Oktober 2020. Diakses tanggal 31 Desember 2020.