Sambungan ketat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Sambungan ketat
Cellular tight junction-en.svg
Diagram of Tight junction
Rincian
Pengenal
Latin junctio occludens
TH H1.00.01.1.02007
FMA 67397
Terminologi anatomi

Sambungan ketat, juga dikenal sebagai sambungan oklusi atau zonula occludentes (tunggal, zonula occludens) adalah kompleks sambungan multiprotein yang fungsi umumnya adalah untuk mencegah kebocoran zat terlarut yang terangkut dan air dan menyegel jalur paraseluler. Sambungan ketat juga dapat berfungsi sebagai jalur yang bocor dengan membentuk saluran selektif untuk kation kecil, anion, atau air. Sambungan ketat hanya ada pada vertebrata. Persimpangan terkait yang terjadi pada invertebrata adalah sambungan septat.

Struktur[sunting | sunting sumber]

Sambungan ketat terdiri dari jaringan untai penyegel yang bercabang, setiap untai bekerja secara independen dari yang lain. Oleh karena itu, efisiensi persimpangan dalam mencegah bagian ion meningkat secara eksponensial dengan jumlah untai. Setiap untai terbentuk dari deretan protein transmembran yang tertanam di kedua membran plasma, dengan domain ekstraseluler bergabung satu sama lain secara langsung. Setidaknya ada 40 protein yang berbeda yang menyusun sambungan ketat, tipe utama adalah claudin dan occludin. Protein-protein ini berhubungan dengan protein membran periferal seperti ZO-1 yang terletak di sisi intraseluler membran plasma, yang menjangkar untai ke komponen aktin dari sitoskeleton.[1] Dengan demikian, sambungan ketat menggabungkan bersama sitoskeleton sel yang berdekatan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Anderson, JM; Van Itallie, CM (August 2009). "Physiology and function of the tight junction". Cold Spring Harb Perspect Biol. 1: a002584. doi:10.1101/cshperspect.a002584. PMC 2742087alt=Dapat diakses gratis. PMID 20066090. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Epithelial proteins