Sambal salabance

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sambal salabance
Nama lainSlabance, slabancuih
SajianMenu utama
Tempat asalIndonesia
DaerahMerangin, Jambi
Bahan utamaIkan baung, cabai merah, bawang merah, tomat
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Sambal salabance adalah hidangan khas Jambi yang berasal dari daerah Kabupaten Merangin berbahan dasar ikan baung. Salabance berasal dari bahasa daerah Muara Siau sala atau sla artinya tumis dan bance artinya dihancurkan; sehingga dapat diartikan sambal tumis yang dihancurkan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Asal mula[sunting | sunting sumber]

Salabance pada zaman dahulu ada salah satu masyarakat Desa Muara Siau dalam satu keluarga memiliki sepuluh orang anak, sedangkan suaminya yang baru pulang dari sungai hanya mendapatkan dua ekor ikan baung. Kemudian sang istri berpikir, jika ikan tersebut digoreng maka tidaklah cukup untuk makan mereka. Akhirnya, sang istri tersebut berpikir dan mendapatkan ide bagaimana dua ikan tadi di-"bance" (dihancurkan) saja.

Kemudian, dia mulai memasak sambal salabance, dan akhirnya sambal tersebut cukup untuk makan mereka semua. Sejak saat itu, cerita tersebut mulai menyebar dari mulut ke mulut masyarakat Desa Muara Siau. Sampai sekarang, sambal salabance masih sering dimasak masyarakat desa Muara Siau. Sambal salabance menjadi salah satu makanan khas Muara Siau, Sekancing, dan sekitarnya.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sambal Salabance[pranala nonaktif permanen] Pada kulinerindonesia 4 November 2018. Diakses 12 September 2020