Salpingektomi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Salpingektomi
Intervensi
Tampilan depan skematis anatomi wanita
ICD-9-CM66.4-66.6
MeSHD058994

Salpingektomi mengacu pada operasi pengangkatan tuba falopi. Tindakan ini dapat dilakukan untuk mengobati kehamilan ektopik atau kanker, mencegah kanker, atau sebagai bentuk kontrasepsi.

Prosedur ini sekarang kadang-kadang lebih disukai daripada prosedur yang menggunakan tabung ovarium karena risiko kehamilan ektopik. Untuk tujuan kontrasepsi, prosedur ini tidak dapat diubah dan lebih efektif dibandingkan ligasi tuba.

Klasifikasi[sunting | sunting sumber]

Salpingektomi berbeda dan mendahului salpingostomi dan salpingotomi . Dua istilah terakhir sering digunakan secara bergantian dan mengacu pada pembuatan lubang pada tuba (misalnya untuk mengeluarkan kehamilan ektopik), namun tuba itu sendiri tidak dilepas. [1] Secara teknis, pembuatan bukaan tuba baru (os, setelah kata Latin untuk 'mulut') dengan pembedahan adalah salpingostomi, sedangkan sayatan ke dalam tabung untuk menghilangkan ektopik adalah salpingotomi.[<span title="This claim needs references to reliable sources. (January 2022)">kutipan diperlukan</span>]

Indikasi[sunting | sunting sumber]

Salpingektomi dilakukan oleh Lawson Tait pada tahun 1883 pada wanita dengan kehamilan ektopik berdarah; sekarang ditetapkan sebagai prosedur rutin dan menyelamatkan nyawa[butuh klarifikasi]. Indikasi lain untuk salpingektomi termasuk saluran tuba yang terinfeksi (seperti pada hidrosalping) atau sebagai bagian dari prosedur pembedahan untuk kanker tuba.[<span title="This claim needs references to reliable sources. (January 2022)">kutipan diperlukan</span>]

Salpingektomi bilateral akan menyebabkan kemandulan, dan digunakan untuk tujuan itu; namun, prosedur yang kurang invasif dan mungkin reversibel telah tersedia sebagai prosedur oklusi tuba. Salpingektomi bilateral terus diminta oleh beberapa orang yang tidak memiliki anak secara sukarela dibandingkan ligasi tuba karena hal ini mengurangi risiko terkena kanker; ini disebut salpingektomi profilaksis.[2] Tindakan ini dapat dilakukan secara non-elektif pada wanita yang berisiko tinggi terkena kanker ovarium, sebagai tindakan pencegahan.

Proses[sunting | sunting sumber]

Salpingektomi secara tradisional dilakukan melalui laparotomi; namun baru-baru ini, salpingektomi laparoskopi menjadi lebih umum sebagai bagian dari bedah invasif minimal. Tabung tersebut dipotong pada titik masuknya ke dalam rahim dan di sepanjang tepi mesenterikanya dengan kontrol hemostatik.[<span title="This claim needs references to reliable sources. (January 2022)">kutipan diperlukan</span>]

Salpingo-ooforektomi[sunting | sunting sumber]

Salpingektomi umumnya dilakukan sebagai bagian dari prosedur yang disebut salpingo-oforektomi, yaitu pengangkatan satu atau kedua ovarium, serta salah satu atau kedua saluran tuba, dalam satu operasi ( Bilateral Salpingo-Ooforektomi (BSO) jika kedua ovarium dan saluran tuba dihapus). Jika BSO digabungkan dengan histerektomi perut (tersedia berbagai metode histerektomi), prosedur ini biasa disebut TAH-BSO: Histerektomi Perut Total dengan Salpingo-Ooforektomi Bilateral. Hubungan seksual tetap dapat dilakukan setelah salpingektomi, perawatan kanker bedah dan radiologi, serta kemoterapi. Bedah rekonstruktif tetap menjadi pilihan bagi wanita yang pernah mengalami kondisi jinak dan ganas.[3] :1020–1348

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Salpingektomi dilakukan di Amerika Serikat pada awal abad ke-20 sesuai dengan undang - undang eugenika. Dari Buck v. Bell (1927):

Statuta Virginia yang menyediakan untuk sterilisasi seksual narapidana di lembaga yang didukung oleh Negara yang ditemukan menderita bentuk keturunan penyakit jiwa atau kebodohan, berada dalam kewenangan Negara di bawah Amendemen Keempat Belas Konstitusi Amerika Serikat.[4]

Buck v. Bell, meskipun tidak secara tegas dibatalkan, secara implisit dibatalkan oleh Skinner v. Oklahoma (1942), di mana Pengadilan menyatakan bahwa pilihan seseorang untuk membantu perkembangbiakan spesies manusia adalah hak fundamental yang dapat dijamin berdasarkan Konvensi ke-14. Amandemen Konstitusi, kebebasan yang dimiliki rakyat berdasarkan Amandemen ke-9 Konstitusi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pal L, Parkash V, Rutherford TJ (2003). "Omental trophoblastic implants and hemoperitoneum after laparoscopic salpingostomy for ectopic pregnancy. A case report". The Journal of Reproductive Medicine. 48 (1): 57–9. PMID 12611098. 
  2. ^ Kwon, Janice S.; Tinker, Anna; Pansegrau, Gary; McAlpine, Jessica; Housty, Melissa; McCullum, Mary; Gilks, C. Blake (January 2013). "Prophylactic Salpingectomy and Delayed Oophorectomy as an Alternative for BRCA Mutation Carriers". Obstetrics & Gynecology. 121 (1): 14–24. doi:10.1097/aog.0b013e3182783c2f. PMID 23232752. 
  3. ^ Hoffman, Barbara (2012). Williams gynecology (edisi ke-2nd). New York: McGraw-Hill Medical. hlm. 65. ISBN 978-0071716727. 
  4. ^ Buck v. Bell