Saleh Bangun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Haji Saleh Bangun
220px
Nama lahir Saleh Bangun
Lahir (1951-12-16)16 Desember 1951
Pasangan Hj. Supiah Etty
Anak Sapta Bangun
Melyani Bangun
Rudi Hartono Bangun
Johan Wiryawan Bangun

Haji Saleh Bangun atau yang dikenal dengan Saleh Bangun (lahir di Telagah, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, 16 Desember 1951; umur 66 tahun) adalah seorang pengusaha dan politisi berkebangsaan Indonesia. Saleh merupakan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Utara periode 2009-2014. Pada Pemilihan Legislatif tahun 2014, Saleh Bangun kembali terpilih sebagai Anggota DPRD Sumatera Utara dari Partai Demokrat.[1]

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Saleh Bangun yang terlahir dan besar dari keluarga petani menghabiskan masa kecil dan menempuh pendidikan formal di Kabupaten Langkat, Binjai, dan Medan. Usai menamakan pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA), ia kemudian memilih menggeluti dunia usaha dibidang jasa konstruksi. Pada rentang masa itu, Saleh Bangun kemudian menikah dengan Hj. Supiah Etty, sekaligus bersama-sama merintis usaha dengan istri sejak tahun 1975.

Penerapan manajemen yang baik, akhirnya menghatarkan perusahaannya berakar dibawah dan berbuah di atas. Perusahaanya kerap dipercaya menangani beberapa pekerjaan di PT Perkebunan Nusantara (PTPN) II, PTPN III, PT Socfindo dan PT Raja Garuda Mas. Dari sana pula Saleh Bangun secara perlahan tapi pasti mengumpulkan investasi untuk selanjutnya membeli beberapa lahan kosong di penjuru Sumatera Utara yang kemudian dibudidayakan menjadi kebun karet dan kelapa sawit.

Setelah mapan sebagai pengusaha, pria berdarah Suku Karo ini kemudian terjun ke dunia politik dan duduk sebagai pengurus partai tingkat Kabupaten dengan jabatan Ketua Dewan Pakar Partai Demokrat Kabupaten Langkat pada tahun 2005.

Meski tidak memiliki latar belakang pendidikan politik, Saleh Bangun kemudian sukses mengemban amanah dan terpilih sebagai Ketua DPRD Sumatera Utara pada masa periode 2009-2014.[2]

Organisasi[sunting | sunting sumber]

  • Ketua Dewan Pakar Partai Demokrat Kabupaten Langkat (2005)

Karier[sunting | sunting sumber]

  • Ketua DPRD Sumatera Utara (2009-2014)
  • Anggota DPRD Sumatera Utara (2014-2019)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Anak Desa, Dari Supir Truk Menjadi Ketua DPRD Sumut, diakses 30 Juni 2015
  2. ^ (Indonesia)Depari, Tania. 2014. Seratus Tokoh Karo Kompilasi Profil Inspiratif.Jakarta: CV. Mitra Perdana