STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo Surabaya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo
Logo STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo
Logo STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo
Didirikan 1957 (didirikan)
12-08-1987[1] (berubah menjadi Akademi keperawatan)
Lokasi Jalan Diponegoro no 51 Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Situs web http://www.stikvinc.com
http://www.stikvinc.ac.id

STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo Surabaya adalah perguruan tinggi kesehatan yang bertempat di kota Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo atau lebih dikenal dengan sebutan STIKES RKZ telah menghasilkan tenaga kesehatan sejak tahun 1954, STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo sekarang memiliki 3 prodi ungulan yakni S1 Keperawatan, D3 Keperawatan & D3 Fisioterapi.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo Surabaya atau biasa masyarakat mengenal dengan nama STIKES RKZ menghasilkan tenaga kesehatan sejak tahun 1954. pada tahun 1981 pendidikan kesehatan ini beralih menjadi sekolah perawat kesehatan dan mengalami konversi lagi pada tahun 1987 menjadi Akademi Keperawatan.

Pada tahun 2006 Akademi Keperawatan katolik St. Vincentius a Paulo Surabaya telah mengalami alih lembaga menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Katolik St. Vincentius a Paulo Surabaya (SK Mendiknas no:103/D/O/2006) .

Dan kini lulusan STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo Surabaya telah tersebar di seluruh Rumah Sakit di Surabaya baik yang bertaraf Internasional maupun Nasional dan juga diberbagai Rumah Sakit di pulau-pulau di Indonesia dan Luar Negeri.

Dan sekarang STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo Surabaya membuka jalur reguler yang merupakan peluang bagi para lulusan sekolah menengah atas atau sederajat untuk melanjutkan pendidikan/ mengembangkan diri dibidang kesehatan.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Guna memenuhi kebutuhan Fasilitas mahasiswa di bidang keperawatan dan fisioterapi serta teknologi sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan katolik St. Vincentius a Paulo Surabaya memiliki beberapa ruang lab baik itu lab keperawatan, laboratorium fisioterapi maupun prasarana lainnya seperti:

Program Studi[sunting | sunting sumber]

S1 Keperawatan[sunting | sunting sumber]

Program Studi S1 Keperawatan membekali mahasiswa dengan ilmu keperawatan yang memiliki keunggulan Keperawatan Kritis yang saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang merupakan paspor untuk bekerja pada lembaga kesehatan yang bertaraf nasional baik di dalam maupun di luar negeri. Mata kuliah Keperawatan meliputi kelompok mata kuliah :

1. Keperawatan Dasar

Ilmu dasar keperawatan, Ilmu Keperawatan Dasar.

2. Keperawatan Spesifik

Sistem Kardiovaskuler, Sistem Respirasi, Sistem Imun dan Hematologi, Sistem Neurobehaviour, Sistem Sensori Persepsi, Sistem Reproduksi, Sistem Perkemihan, Perawatan Komunitas, kegawatdaruratan sistem, manajement keperawatan.

Status : Terakreditasi C [2]

D3 Keperawatan[sunting | sunting sumber]

Program Studi D3 Keperawatan mempunyai keunggulan dibidang Keperawatan Medikal Bedah sehingga menghasilkan tenaga keperawatan vokasional keperawatan yang loyal serta mampu mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan pada masyarakat. Mata kuliah diprogram studi D3 Keperawatan meliputi kelompok mata kuliah :

1. Keperawatan Dasar :

Anatomi Fisiologi, Komunikasi Keperawatan, Kebutuhan Dasar Manusia, Etika Keperawatan, Konsep dasar Keperawatan, Keperawatan Profesional, Dokumentasi keperawatan.

2. Keperawatan Spesifik :

Keperawatan Medikal bedah, Keperawatan Anak, Keperawatan Maternitas, Keperawatan Keluarga, Keperawatan Jiwa, Keperawatan Kritis.

Status : Terakreditasi C [3]

D3 Fisioterapi[sunting | sunting sumber]

Program Studi D3 Fisioterapi menghasilkan ahli madya fisioterapi yang memiliki kompetensi tinggi dalam bidang muskuloskeletal, sikap profesional dalam pelayanan terhadap sesama secara holistic sehingga siap untuk bekerja dipelayanan kesehatan. Mata kuliah diprogram studi D3 Fisioterapi meliputi kelompok mata kuliah :

1. Fisioterapi Dasar :

Anatomi Fisiologi, terapi manupulasi perifer, pemeriksaan fisioterapi, terapi latihan, Biomekanik, Sumber Fisis, Terapi Fungsional.

2. Fisioterapi Spesifik :

Fisioterapi Geriatri dan Obsgin, Fisioterapi Pediatri, Fisioterapi Neuromuskuler, Fisioterapi Kardiovaskuler, Fisioterapi Respirasi, Olahraga dan Muskuloskeletal.

Status : Terakreditasi C [4]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Dikti.go.id". Diakses tanggal 24 Juli 2012. 
  2. ^ "Akreditasi S1 Keperawatan". Diakses tanggal 24 Juli 2012. 
  3. ^ "Akreditasi D3 Keperawatan". Diakses tanggal 24 Juli 2012. 
  4. ^ "Akreditasi D3 Fisioterapi". Diakses tanggal 24 Juli 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]