STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo Surabaya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo
Logo STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo
Logo STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo
MotoIntegrated Heart, Head and Hands for life
DidirikanTahun 1954 berdiri; Tahun 1987 menjadi Akademi keperawatan; Tahun 2006 menjadi STIKES
RektorArief Widya Prasetya, S.Kep., M.Kep., Ners
Lokasi
Jalan Jambi 12 - 18 Surabaya 60241
, ,
Situs webhttp://www.stikvinc.ac.id

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Katolik St. Vincentius A Paulo (STIKVINC) adalah perguruan tinggi kesehatan yang bertempat di kota Surabaya, Jawa Timur, Indonesia bernaung di bawah binaan Yayasan Pendidikan Kesehatan Arnoldus (YPKA) yang didirikan oleh para Suster Konggregasi Abdi Roh Kudus (SSpS).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejarah STIKVINC dimulai pada tahun 1954 s/d 1981 dengan berdirinya PENDIDIKAN PENGATUR RAWAT, pendidikan ini dilaksanakan setelah mendapat izin dari Inspeksi Kesehatan, Pendidikan Pengatur Rawat ini memiliki tujuan untuk menghasilkan tenaga kesehatan yang terampil dan rela mengabdikan diri bagi yang menderita. Peserta didik Pendidikan Pengatur Rawat ini harus lulusan SMP dan Pendidikan Pengatur Rawat ini berlangsung selama 3 tahun. Selama Kurun waktu 1954 s/d 1981 Pendidikan Pengatur Rawat menghasilkan 465 lulusan dengan ikatan dinas selama 2 tahun.

Pada tahun 1980 s/d 1990 bertransformasi menjadi SEKOLAH PERAWAT KESEHATAN yang menyelenggarakan pendidikan perawat, dimana peserta didik Sekolah Perawat Kesehatan ini harus memiliki latar belakang pendidikan lulusan SMP dan pendidikan di sekolah perawat kesehatan ini berlangsung selama 3 tahun. Selama kurun waktu 1980 s/d 1990 lulusan Sekolah Perawat Kesehatan ini sebanyak 243 perawat.

Pada tahun 1987 s/d 2005 Sekolah Perawat Kesehatan berubah menjadi AKADEMI PERAWAT (AKPER) dimana yang menjadi latar perubahan ini adalah adalah kebijakan dan tuntutan pemerintah untuk peningkatan pendidikan tinggi dibidang kesehatan (PELITA ke V) dimana idealnya di Provinsi Jawa Timur seharusnya memiliki 6-7 Akademi Keperawatan yang salah satunya adalah AKPER Katolik St. Vincentius a Paulo Surabaya, Dasar penyelenggaraan pendidikan di AKPER Katolik St. Vincentius a Paulo adalah SK Menteri Kesehatan No. 867/menkes/sk/XI/1986. Peserta didik untuk AKPER ini berasal dari lulusan SMA atau sederajat dan atau lulusan perawat dari SPK, dimana masa pendidikan di AKPER ini adalah 3 tahun. Selama kurun waktu 1987 s/d 2005 Akademi Perawatan Katolik St. Vincentius a Paulo Surabaya menghasilkan 722 lulusan perawat dengan gelar Ahli Madya Keperawtan yang mana diantaranya terdapat 238 lulusan yang berasal dari lulusan SPK.

SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN KATOLIK ST. VINCENTIUS A PAULO (STIKVINC) berdiri sejak tahun 2006 yang merupakan transformasi dari AKPER yang dibina oleh kementerian Kesehatan menjadi Perguruan Tinggi yang dibina oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi berdasarkan SK dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi dengan No. 103/D/O/2006 untuk menyelenggarakan 2 Program Studi yakni Program Studi Keperawatan Jenjang Diploma III dan Program Studi Ilmu Keperawatan untuk Jenjang Sarjana Keperawatan. Pada Tahun 2009 Program Studi Fisioterapi mendapatkan ijin penyelenggaraan dari kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi No. 797/D/T/2009. Pada tahun 2011 STIKVINC mendapat penugasan dari kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi no. 1783/E/T/2011 untuk menjalan program studi pendidikan profesi Ners dan pada tahun 2012 dengan SK nomor 145/E/O/2012 STIKVINC resmi mendapatkan ijin untuk menyelenggarakan program studi pendidikan profesi Ners jenjang profesi.

Sampai saat ini STIKVINC telah memiliki 5 Program Studi yakni: Program Studi Fisioterapi, Program Studi Ilmu Keperawatan, Program Studi Profesi Ners, Program Studi Keperawatan, dan Program Studi Administrasi Rumah Sakit.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]